Google Penguin 4.0: Kelebihan & Kekurangan bagi Website di SERP

by Lintang Sunu 63 views4

google-penguin-4-0

Google terus berperang melawan webmaster dan marketer curang dengan memainkan Search Engine Result Page (SERP) untuk mencari keuntungan, yakni dengan menyimpangkan hasil pencarian melalui taktik spamming dan akuisisi tautan yang dipertanyakan. Tahun 2012, pembaruan Penguin yang pertama diimplementasikan untuk menangani situs-situs yang menggunakan tautan (link) tidak alami demi meningkatkan peringkat pencarian di mesin pencari.

Sebagai akibatnya, banyak website yang kena penalti, yang akhirnya Google menghapusnya dari visibilitas di SERP. Saat itu, butuh waktu waktu cukup lama untuk pulih, tentu dengan cara-cara legal yang tidak melanggar aturan Google. Kini segalanya telah berubah seiring update Google Penguin 4.0.

Perubahan Besar yang Ada di Update Pinguin 4.0

Di pembaruan Penguin 4.0, ada beberapa perubahan signifikan secara keseluruhan dalam algoritma Pinguin, di antaranya:

1.  Pembaruan Terus Menerus

Penguin 4.0 akan memperbarui secara real time, tidak memperbarui secara periodik. Penyegaran kembali yang terus menerus ini berarti bahwa situs-situs tidak perlu menunggu lama untuk mengembalikan peringkatnya jika pemilik website segera menangkap dan menghapus tautan buruk yang tidak sesuai dengan Penguin.

2. Penambahan ke Inti Google

Ada banyak algoritma sekunder yang digunakan oleh Google, namun “Inti” Google, yang oleh Google disebut sebagai “Core”, adalah kelompok utama dari lusinan algoritma yang digunakan untuk mengevaluasi website Anda. Agoritma ini menganalisa berbagai aspek desain dan konten website kemudian menimbangnya terhadap permintaan pencarian (search query) pengguna untuk menentukan peringkat website tersebut.

3. Penurunan Pinalti Domain

Sebelumnya, jika Anda membangun tautan mengandung spam di sebuah website yang diarahkan langsung menunju ke halaman rujukan, dan bahwa tautan itu ditandai sebagai yang tidak alami, maka domain Anda akan sepenuhnya ditandai. Ini mengakibatkan penalti website yang selanjutnya akan menendang domain Anda itu sepenuhnya dari hasil pencarian. Dengan pembaruan Pengiun terbaru ini, penalti atau hukuman penuh terhadap sebuah domain jauh lebih kecil kemungkinan terjadi.

Lalu, Apa Pentingnya Pembaruan Google Penguin 3 bagi Marketer, Blogger, Webmaster?

Pembaruan Google Penguin 4.0 berpeluang besar untuk memberikan dampak pada lebih banyak website, karena pembaruan ini mencakup evaluasi atasan tautan-tautan yang masuk ke website Anda dan otoritas serta kualitas domain.

Meskipun Anda memiliki kendali atas tautan yang langsung Anda bangun, Anda sedikit memiliki kontrol atau bahkan tidak sama sekali atas sumber-sumber tautan itu, karena posisi Google di sebuah domain bisa berubah sewaktu-waktu, dan kini jauh lebih cepat setelah penyertaan Penguin dengan algoritma intinya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Lebih cepat terangkat, namun lebih cepat kena penalti

Jika sekarang Anda kena penalti akibat link building Anda, Anda dapat segera memulihkannya dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Hal itu berarti bahwa Anda akan melihat pemulihanan ke peringkat sebelumnya lebih cepat dibandingkan sebelumnya ketika Anda dikenai penalti karena tahutan-tautan buruk tadi.

Di sisi lain, datangnya penalti oleh Google akan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian, akan lebih baik dan lebih aman jika Anda membangun tautan secara alami dan fokus pada praktik-praktik white hat dan sepenuhnya murni. Jika Anda memilih menggunakan yang abu-abu sebagai SEO (grey hat SEO) dan mencari tautan melalui cara-cara curang, maka Anda harus memahami bahwa website yang Anda upayakan itu sangat berisiko dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Algoritma yang lebih adil

Kini, ada penekanan besar pada pemasaran konten, ketika bisnis, influencers, dan marketer sangat menyandarkan pada guest blogging untuk membangun tautan alami dan menumbuhkan trafik referal. Para pemasar yang memproduksi konten yang benar-benar bagus akan melihat imbalan yang signifikan dari upayanya itu.

Perincian dalam apa saja yang harus diperbaiki

Karena Google Penguin 4.0 tidak berfokus untuk menghukum marketer/blogger/webmaster pada level domain, tetapi lebih mentarget tujuan tautan, Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki masalahnya pada level perincian. Ini adalah kesempatan yang bagus bagi para pemasar (marketer) atau blogger untuk belajar dari kesalahan mereka tanpa kehilangan volume trafik pencarian organiknya.

Evaluasi yang lebih baik

Banyak pakar SEO yang menduga bahwa pembaruan Google Penguin 4.0 akan memaksa para marketer dan webmaster  untuk menghabiskan waktu lebih lama untuk mengevaluasi dari mana tautan datang, khususnya ketika secara aktif membangun tautan organik. Meskipun dampaknya kurang signifikan, namun Anda sebaiknya melindungi peringkat pencarian Anda sepanjang waktu.

Namun, cara paling cerdas adalah fokus pada membangun merek (brand) Anda ketimbang membangun tautan. Membangun konten yang bagus akan menghasilkan tautan yang alami, khususnya ketika jika Anda sedang guest blogging dan menciptakan kualitas, yakni konten yang orang ingin bagikan.

Dengan rilis resminya pembaruan Google Penguin 4.0, sudahkah Anda melihat dampaknya pada webiste Anda?

Comments (4)

  1. Kapan2 pengen liat pinguin peliharaan google ini…. ada yg tahu kalau mau lihat di kebun binatang mana? Hehehe….. btw artikelnya mantaB bos…. lanjutkan !!!

    1. Di Kebun Binatang Kutub Utara Bos. Hahahahaha…. terima kasih atas kunjungannya.

  2. Yg aman itu link keluar jumlahnya brp sob?

Tinggalkan Komentar