4 Aplikasi Bisnis yang Wajib Dimiliki Pelaku UKM & Startup

by Anthony Hermanto 38 views0

3_1_2016

Sebagai seorang pelaku bisnis startup atau bahkan pemilik perusahaan UKM, tentunya anda terkadang memiliki multi-role dalam menangani berbagai tugas, mulai dari costumer service, marketing, bahkan  akunting. Hal itu dapat menjadi suatu tantangan tersendiri bagi business owner sekaligus bencana, jika perusahaan anda tidak memiliki karyawan atau aplikasi bisnis untuk menangani masalah tersebut.

Untuk menjawab masalah tersebut, kami menghadirkan solusi berupa 4 aplikasi bisnis yang wajib dimiliki pelaku UKM & startup yang dapat membantu anda menghemat waktu. Masing masing tools dan aplikasi berikut akan membantu anda untuk lebih fokus dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat

1. Wave

Wave merupakan software akuntansi yang khusus didesain untuk perusahaan UKM. Aplikasi ini telah digunakan lebih dari satu juta brand di seluruh dunia dan menghandel transaksi lebih dari 60 juta dollar.

Aplikasi Wave membuat para pelaku bisnis dapat melihat track record dari setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Mulai dari kebutuhan akunting, penghitungan gaji karyawan, hingga tagihan dapat ditangani dengan mudah. Satu hal yang praktis dari software ini adalah tidak diperlukannya entri data secara manual.

Anda hanya perlu menghubungkan Wave dengan akun bank atau akun paypal anda dan transaksi secara otomatis diunggah sehingga dapat mempermudah pembuatan dokumen penting seperti neraca, laporan laba rugi, dan dokumen  lainnya.

2. Keyword.io

Di zaman modern ini bukan merupakan hal yang aneh jika startup dan UKM mengudara secara online dengan situs website. Agar dapat tampil di halaman pertama pada penelusuran google dan alat penelusuran lain seperti Bing, Yahoo, dan Alibaba tentu dibutuhkan alat untuk optimasi SEO. Salah satu Tools tersebut adalah keywrod.io, yang dapat mengelola kata kunci.

Hanya dengan memasukan keyword utama sebagai kata kunci, maka keyword turunan dan long-tail keyword akan ditampilkan dan dapat anda gunakan untuk meningkatkan pengunjung situs. Keyword.io memiliki versi gratis, yang memiliki keterbatasan tidak menampilkan beberapa fitur. Adapun versi premiumnya dibandrol dengan $29 perbulan, harga yang kompeten untuk pelaku bisnis startup

3. Insightly

Untuk menangani masalah customer relationship dan project management insightly merupakan salah satu solusi yang tepat. Aplikasi bisnis yang satu ini memiliki fitur – fitur yang sangat berguna, seperti integrasi dengan media sosial, e-mail template, otomatisasi workflow, dan pengingat tugas.

Insightly memiliki versi gratis dengan fitur terbatas. Untuk versi premiumnya terdapat empat pilihan dengan kisaran harga $19 hingga $99 setiap bulan. Anda juga bisa mencoba fitur premium dari insightly dengan versi trial selama 15 hari.

4. Rescue Time

Bagi seorang pelaku bisnis UKM dan Startup, waktu adalah benda yang mahal. Kini kesulitan mengatur waktu tidak akan menjadi masalah lagi. Dengan adanya Rescue Time semua kegiatan anda bisa terjadwal. Aplikasi bisnis yang satu ini memonitor pekerjaan anda dan menyimpan waktu anda dalam track record. Hal ini dapat membantu menentukan target dan alokasi waktu untuk kegiatan yang anda lakukan.

Rescue time tersedia dalam versi gratis dan premium. Adapun versi premiumnya senilai $9 memberikan fitur tambahan, salah satunya fitur pemblokiran website yang dapat mengganggu aktivitas anda.

Nah itulah 4 aplikasi bisnis yang wajib dimiliki pelaku UKM & startup . Sebagai seorang pebisnis, munkggin menyewa karyawan dapat menjadi solusi alternatif. Tetapi dengan aplikasi aplikasi bisnis tersebut, anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam pekerjaan anda.

 

Tinggalkan Komentar