4 Kategori Produk pada Event CES 2017 yang Diprediksi Booming.

by Anthony Hermanto 80 views0

3_kategori_produk_ces_2017_yang_akan_booming

CES atau dikenal juga dengan sebutan Consumer Electronic Show merupakan acara/event tahunan yang diselenggarakan oleh Consumer Electronic Association sejak 1967 dan bertempat di Las Vegas. Event ini menghadirkan berbagai produk baru buatan industri elektronik yang ditujukan untuk konsumen.

Pada tahun 2017 ini, event CES dihadiri lebih dari 170.000 orang dari berbagai mancanegara. Para ahli teknologi dan manajemen pemasaran menyatakan bahwa produk yang dihadirkan akan mampu memecahkan berbagai solusi dan dapat membuat kehidupan manusia semakin mudah.

ces-2017-people-around-the-world
Lebih dari 150.000 pengguna alat elektronik dari seluruh penjuru dunia datang untuk melihat produk baru buatan industri elektronik

Kebanyakan produk yang dihadirkan pada event ini merupakan produk yang benar – benar baru dan inovatif, meskipun untuk beberapa kategori seperti smartphone terdapat produk versi upgrade dari produk yang sudah ada. Berikut ini adalah 7 Kategori Produk pada Event CES 2017 yang Diprediksi akan Booming.

1. VR, AR, dan XR

Virtual Reality lahir pada tahun 2015 sebagai terobosan teknologi terbaru yang menampilkan sisi lain dari dunia di balik gadget kacamata dengan berbagai aplikasi yang menjanjikan. Sedangkan pada tahun 2016 VR dan AR berkembang pesat, terlebih dengan hadirnya game Pokemon Go! yang mencetak rekor pada unduhan Playstore dan Appstore. Kini terdapat berbagai perangkat VR dan AR yang mengikuti trend, namun dibandrol dengan harga terjangkau yang bisa anda dapatkan melalui berbagai online shop.

Pada CES 2017 kali ini tidak hanya gadget , tetapi ada beberapa perangkat smartphone yang mendukung VR dan AR salah satunya adalah ASUS Zenfone AR.

2. Voice Recognition dan integrasi AI

AI atau Artificial intelligence merupakan sistem kecerdasan buatan manusia yang diimplementasikan pada suatu sistem sehingga mampu menangani berbagai tugas layaknya manusia. Kini sistem tersebut telah berkembang pesat dan telah diimplementasikan perusahaan brand terkenal pada beberapa produk.

Salah satu implementasi AI yang berkembang pesat adalah pada voice recognition yang membuat anda dapat memberikan input perintah untuk menjalankan suatu fitur pada sebuah peralatan.

Google dengan Google Home, Amazon dengan Alexa, Apple dengan Siri dan apple dengan Cartana. Keempatnya tidak hanya akan hadir di berbagai smartphone, tetapi juga pada peralatan sehari hari. Adapun contoh produk unik pada CES 2017 ini yang menggunakan fitur Voice Recognition adalah berbagai jenis Smart Home.

3. TV dan Monitor

Seiring dengan resolusi 4K kini semakin merajalela, para developer tentunya akan bersaing untuk memberi fitur – fitur menarik. Pada CES 2017 ini akan ditemukan berbagai display dan monitor beresolusi tinggi dengan fitur terknini seperti layar lengkung berjenis OLED, dukungan untuk HDR, serta berbagai fitur dukungan seperti HDMI dan port USB – C.

Adapun salah satu produk yang mencengangkan pada CES 2017 pada kategori ini adalah Dell Ultrasharp 3218 UP3128K, salah satu monitor pertama  buatan Dell yang memiliki resolusi 8K dan ukurannya 32″ inch.

4. Drone & Robot

Robot, Droid, Drone, UAV, dan beberapa sistem sejenisnya semakin marak di tahun 2017 dan semakin dekat dengan kehidupan manusia. Robot kini memiliki fungsi yang bervariasi, tidak hanya bisa berjalan dan memutar musik. Dimulai dari robot dan droid yang dapat mengerjakan pekerjaan rumah, mengirimkan makanan bahkan mengurus bayi kini hadir pada CES 2017. Untuk kategori drone maka anda bisa menemukan drone keluaran terbaru yang memiliki kecepatan tinggi dan beberapa drone dengan fungsi spesifik, seperti drone yang tahan air untuk kebutuhan para pemancing, atau drone yang didesain untuk balapan drone di udara yang diperkirakan segera menjadi tren dalam jangka waktu dekat.

Meskipun terdapat beberapa kategori lain seperti printer 3D untuk 3D printing tidak akan booming seperti ketiga kategori tersebut. Pasalnya dengan adanya VR kebutuhan akan hardcopy mungkin berkurang, telebih lagi kini kecepatan internet dan kapasitas wadah penyimpanan memori sudah semakin canggih. Selain itu, kateogori seperti 3D Printing dan Mobil canggih hanya dapat diraih oleh kalangan tertentu, sedangkan beberapa produk dari kategori VR dan Drone sudah terjangkau saat ini oleh berbagai kalangan.

Tinggalkan Komentar