5 Headset Virtual Reality yang Wajib Anda Coba

by Anthony Hermanto 123 views0

Virtual Reality atau lebih sering disebut VR kini semakin dekat dengan kita. Berbeda dengan produk VR yang sering kita lihat pada film fiksi tahun 90-an yang terkesan berat dan kaku, kini VR hadir di dunia nyata dengan desain modern dan tentunya lebih ringan.

Kebanyakan dari peralatan VR muncul pada tahun 2015 dan kini produknya semakin banyak. Berikut ini 5 Headset Virtual Reality Yang Wajib Anda Coba

1. Oculus Rift

301220164

Telah melakukan pengembangan selama beberapa tahun, Oculus menghadirkan produk Virtual Realitynya. Produk Oculus ini dikenal sebagai teladan untuk perangkat Virtual Reality yang lain, kanena pada VR yang satu ini terdapat banyak fitur yang seharusnya dapat dilakukan teknologi VR.

Dibandrol dengan harga $599, Oculus VR memiliki kompatibilitas dengan Xbox One dan Windows 10 untuk melakukan streaming game seperti The Rift. Selain itu Oculus juga sedang mengembangkan kontroller game bernama Oculus Touch, yang menawarkan gaming dengan lebih nyaman dalam dunia virtual.

2. Samsung Gear VR

301220161

Jika anda ingin segera mencoba headset VR, maka Samsung Gear VR dapat menjadi pilihan anda, karena headset yang satu ini memiliki harga yang sangat terjangkau, yaitu $99. Namun sayangnya, headset ini hanya kompetibel dengan smartphone dan tablet baru keluaran samsung seperti Samsung Galaxy S7, S7 Edge, S6, S6 Edge, Note 5 , dan S6 Edge+.

3. Sony Playstation VR

301220163

Memiliki nama awal Project Morpheus, Sony Playstation VR berkembang dan akhirnya dirilis pada Oktober 2016. Produk virtual reality yang satu ini lari dalam bentuk headset yang mengkilat. Dibekali dengan 5.7-inch OLED display beresolusi 1,920×1,080-pixel.

VR yang satu ini memiliki kompatibilitas dengan Playstation 4. Move Controller pada sensor kamera Playstation 4 berfungsi sebagai sensor gerak, meskipun beberapa game dapat anda mainkan dengan Dualshock 4 sebagai kontrollernya.

Karena konten game headset ini berasal dari device, maka anda tidak perlu menghubungkan Samsung VR dengan PC. Adapun untuk aksi pada headset ini digerakan dengan gerakan kepala. Jika anda membutuhkan kontroller tambahan, maka Samsung telah membekali VR ini dengan Bluetooth.

4. Google Cardboard

301220162

Dimunculkan pada 2014, sebetulnya headset VR yang satu ini pada awalnya bertujuan untuk memicu perkembangan VR. Merupakan salah satu VR yang dapat dijangkau, harga Google Cardboard tentu jauh lebih murah jika dibandingan dengan headset VR seperti keluaran Oculus dan Sony.

Anda juga bisa memesan paket Google VR kit dengan bandrol sekitar $19 – $30 dan mencoba merakit VR sendiri.

5. LG 360 VR

301220165

Diumumkan pada April 2016 lalu, headset yang satu ini memiliki kinerja yang mirip dengan Samsung Gear VR. Meskipun hanya kompatibel dengan LG G5 untuk saat ini, namun pihak LG berusaha mengembangkan VR yang satu ini agar bisa kompatibel dengan semua perangkat yang mendukung USB tipe-C. LG sendiri belum menentukan harga pasti untuk perangkat ini, meskipun kemungkinan berada pada kisaran harga Samsung Gear VR

Bagaimana, menarik bukan jika anda dapat melihat dunia dari sisi yang lain? Dengan harga yang masih dapat dijangkau kalangan menengah, teknologi terbaru yang lahir dari berbagai brand ini dapat segera anda miliki.

Tinggalkan Komentar