5 Langkah Mudah Mengatasi Google Play Store yang “Error” pada Android

by Lintang Sunu 129 views0

Google Play Store merupakan aplikasi yang harus dimiliki oleh setiap gadget berbasis Android. Melalui Play Store inilah Anda bisa mencari aplikasi-aplikasi yang Anda butuhkan. Namun, terkadang aplikasi Google Play Store ini juga bisa mengalami error yang mungkin cukup merepotkan Anda, misalnya seperti not responding atau hang.

Mungkin cara yang sering dilakukan untuk mengatasi error tersebut adalah dengan melakukan factory reset agar bisa mengembalikan ke kondisi semula dan memulihkan sistem Android Anda. Tapi cara tersebut dianggap merepotkan dan kurang praktis. Jangan buru-buru memlakukan factory reset. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi Google Play Store yang error.

1. Menghapus Cache pada Google Play Store

Sebenarnya setiap aplikasi yang ada pada smartphone Android, biasanya menyimpan beberapa data di dalam ponsel yang sifatnya temporer atau yang sering kita sebut dengan istilah cache. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat kinerja aplikasi ketika akan memuat ulang data yang sama.

Namun, di beberapa kasus, jika terlalu banyak cache yang tersimpan untuk aplikasi Google Play Store bisa menyebabkan terjadinya error atau crash. Maka, untuk mengatasinya, cobalah untuk menghapus cache dari Play Store Anda. Caranya adalah pergilah ke menu setting, lalu pilih tab aplikasi, kemudian pilih Google Play Store. Pilih tombol Clear Cache. Maka cache pun akan terhapus.

2. Menghapus Data pada Google Play Store

Cara lain yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi Google Play Store yang error adalah dengan menghapus data yang ada pada aplikasi tersebut. Karena terlalu banyak data yang tersimpan pada sebuah aplikasi, terkadang dapat mengganggu proses kinerjanya. Maka Anda perlu menghapus data-data tersebut dengan cara yang hampir sama dengan menghapus cache diatas. Tapi tombol clear data ini terletak di atas tombol clear cache.

3. Menghapus Cache dan Data pada Google Play Services

Ada sebuah aplikasi bawaan pada ponsel Android yang sangat berkaitan dengan Google Play Store. Aplikasi tersebut adalah Google Play Services. Aplikasi tersebut berguna untuk memberikan notifikasi dan melakukan sinkronisasi pada Play Store. Maka, apabila Anda telah menghapus cache dan data pada aplikasi Google Play Store seperti pada poin 1 dan 2, tapi masih tetap error, lakukan langkah yang sama pada aplikasi Google Play Services.

4. Uninstall Aplikasi Play Store yang Sudah di Update

Memperbarui sebuah aplikasi tidak menjamin dapat membuat kinerja aplikasi tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan bisa jadi versi yang terbaru tersebut tidak sesuai dengan perangkat ponsel yang Anda gunakan.

Jika Anda sudah terlanjur mengupdate Play Store dan terjadi error, maka cobalah untuk menguninstalnya. Karena hal tersebut akan mengembalikannya ke versi awal yang sesuai dengan perangkat ponsel Anda.

5. Mereset Akun Google pada Ponsel

Apabila dari langkah-langkah diatas masih belum memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan pada aplikasi Play Store Anda, cobalah untuk mereset akun Google pada smartphone Anda. Akun Google tidak hanya berhubungan dengan aplikasi Play Store saja, namun juga pada beberapa aplikasi.

Cara mereset ulangnya adalah dengan cara menghapus akun Google yang pada ponsel, lalu ulangi seperti ketika awal Anda menambahkan akun Google dengan data yang sama. Buka menu Setting kemudian pilih tab Account.

Begitulah 5 langkah mudah mengatasi Goofle Play Store yang error pada Android. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba langkah-langkah diatas ketika mengalami error pada Google Play Store Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan Komentar