7 Kesalahan Ketika Memilih Powerbank

by Lintang Sunu 391 views0

Powerbank telah menjadi salah satu piranti pendukung wajib bagi gadget terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Namun, memilih powerbank bukan hanya sekedar melihat kapasitasnya saja, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih powerbank sebelum membeli. Namun, masih saja banyak dari kita yang melakukan kesalahan ketika memilih powerbank.

Powerbank juga dikenal sebagai baterai cadangan atau charger portabel. Sebagai charger portabel, piranti ini memiliki fungsi untuk mengisi ulang gadget Anda, kapan pun dan di mana pun.

Ada banyak powerbank di pasaran, sebagian memiliki bentuk yang bagus dan sebagian memiliki harga yang bagus (murah). Namun hanya beberapa yang bisa memberikan jaminan bagi gadget Anda. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati ketika memilih powerbank sebelum membeli.

Paling tidak ada 7 kesalahan yang sering dilakukan ketika memilih powerbank.

1. Harga murah dengan kapasitas besar

Tidak semua powerbank yang Anda ketahui memiliki kualitas yang bagus, sebagian menggunakan baterai daur ulang agar harga jualnya menjadi murah dan mendapatkan keuntungan lebih. Belilah produk powerbank yang bagus yang memiliki garansi, atau merk yang sudah dikenal memiliki produk yang bagus. Mungkin Anda perlu merogoh kantong lebih dalam, namun aman bagi gadget Anda.

2. Memilih powerbank berdasarkan kapasitas

Alasan utama kita membeli powerbank karena mudahnya dibawa ke mana-mana. Rasanya akan sangat mengganggu ketika powerbank terlalu berat. Semakin besar kapasitas powerbank biasnya berakibat pada semakin berat powerbank tersebut. Belilah powerbank yang sesuai dengan tujuan keseharian Anda.

3. Mengabaikan kualitas sel baterai pada powerbank

Sebagian orang memilih powerbank karena merk yang sudah ada di pasaran atau harga yang murah namun tidak memperhatikan sel baterai yang digunakan. Sel baterai akan menentukan seberapa lama powerbank Anda akan bertahan.

4. Menggunakan konektor yang bukan orisinil

Ini adalah satu hal penting yang seringkali diabaikan oleh pengguna powerbank. Banyak powerbank yang memiliki banyak konektor namun tidak semua konektornya memiliki kualitas yang baik, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah terjadi korsleting arus pendek. Menggunakan konektor asli menjadikan gadget lebih aman karena outputnya lebih stabil.

5. Memilih powerbank tanpa mempertimbangkan fitur-fiturnya

Sebagian pengguna beranggapan bahwa powerbank merupakan satu-satunya piranti untuk pengisian ulang baterai meski tidak begitu penting untuk memiliki fitur tambahan. Powerbank yang bagus memiliki fitur yang bisa membuat perangkat Anda aman. Beberapa fitur tambahan itu adalah:

  • Proteksi terhadap terjadinya korsleting akibat arus pendek. Fitur ini menjaga piranti Anda tetap aman ketika terjadi korsleting arus pendek.
  • Proteksi terhadap over charging. Fitur ini melindungi gadget Anda ketika terlalu lama melakukan charging (pengisian), maka akan otomatis menghentikan daya yang masuk ketika baterai sudah penuh.
  • Proteksi terhadap suhu.  Fitur ini dapat mendeteksi overheat (panas berlebih) pada piranti Anda ketika sedang mengisi baterai.

6. Powerbank yang tidak memiliki output riil

Sebagian powerbank memiliki output yang tidak sesuai dengan perangkat Anda (output yang tidak riil), biasanya di bawah output yang seharusnya. Ini membuat pengisian baterai perangkat Anda lebih lama. Dengan ouptut yang riil, proses pengisian baterai menggunakan powerbank bisa menjadi lebih cepat.

7. Membeli powerbank yang tidak memiliki sertifikat UL

UL (Underwriters Laboratories) adalah sertifikat yang berkaitan dengan keamanan, validasi, pengujian, pengawasan, auditing, layanan pelatihan ke semua klien, termasuk pabrikan, pengecer, pembuat kebijakan, pembuat regulasi, perusahaan jasa, dan konsumen.

Sertifikat UL akan menjamin bahwa powerbank Anda memiliki kendali mutu standar dan output riil yang membuat perangkat mobile Anda aman.

Dari ketujuh kesalahan ketika memilih powerbank, manakah yang paling Anda sering lakukan?

Ilustrasi: www.mogixaccessories.com

Tinggalkan Komentar