7 Langkah Cara Memulai Bisnis Online

by Lintang Sunu 532 views0

Bisnis online adalah peluang yang sangat menggiurkan, terlebih gaya hidup masyarakat modern saat ini sudah mulai bergeser, dari berbelanja secara konvensional menuju ke berbelanja online. Anda mungkin tertarik untuk memulai sebuah bisnis online? Namun bagaimana cara memulai bisnis online?

Ada serangkaian langkah yang sudah terbukti yang jika Anda ikut dapat menjamin keberhasilan Anda dalam memulai sebuah bisnis online.

1. Temukan apa yang dibutuhkan masyarakat dan isilah kebutuhan itu 

Banyak orang yang memulai bisnis online dengan mengawali sesuatu yang salah, yakni mencari produk terlebih dahulu, baru mencari pasarnya.

Untuk mempercepat peluang kesuksesan, mulailah dengan pasarnya terlebih dahulu. Caranya adalah temukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi dari sebuah masalah, tetapi mereka tidak menemukan banyak hasil. Internet memudahkan kita untuk riset pasar.

  • Kunjungi forum-forum online untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan apa yang ditanyakan orang dan masalah apa yang sedang coba mereka selesaikan.
  • Lakukan riset kata kunci (keywords) untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari orang, namun yang persaingannya tidak ketat.
  • Periksa potensi pesaing dengan mengunjungi situs-situs mereka dan buat catatan tentang apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan pasar itu. Selanjutnya Anda dapat menggunakan apa yang sudah Anda pelajari dan menciptakan produk untuk pasar yang sudah ada, dan lakukan dengan lebih baik dibandingkan pesaing Anda.

2. Tulis artikel atau ulasan yang menjual  (sales copy)

Ada satu formula sales copy yang terbukti yang mendatangkan visitor melewati proses penjualan mulai dari kedatangan hingga mereka melakukan pembelian:

  • Memunculkan minat dengan headline yang menarik
  • Deskripsikan masalah yang bisa dipecahkan oleh produk Anda.
  • Kuatkan kredibilitas Anda sebagai pemecah masalah ini
  • Tambahkan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
  • Bahas mengenai produk Anda dan bagaimana produk itu bermanfaat bagi penggunanya.
  • Berikan tawaran.
  • Tunjukkan garansi yang kuat
  • Ciptakan urgensi
  • Minta mereka membeli

Selama menulis sales copy, Anda harus fokus pada bagaimana produk Anda secara unik mampu memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi atau membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Berpikirlah seperti yang pelanggan Anda dan tanyakan, “Bagian mana yang menjadi bagianku?

3. Rancang dan bangun website Anda

Ketika Anda telah mendapatkan pasar dan produknya, dan Anda sudah memantapkan proses penjualannya, selanjutnya Anda siap untuk desain web bisnis kecil Anda. Ingat buat sesederhana mungkin. Anda punya waktu sekitar 5 detik untuk menarik perhatian pengunjung, jika tidak, mereka akan segera pergi, dan tidak akan pernah kembali lagi.

Berikut beberapa tips penting yang perlu diingat:

  • Pilih satu atau dua font standar dengan latar belakang putih
  • Buat navigasi Anda jelas dan sederhana, di setiap halaman
  • Gunakan grafik, audio, dan video jika semua itu bisa meningkatkan pesan Anda.
  • Sertakan tawaran opt-in (berlangganan) sehingga Anda bisa mengumpulkan alamat email.
  • Buat cara pembeliannya mudah, tidak lebih dari dua klik antara calon pembeli dan checkout.
  • Website Anda adalah toko online, jadi buat customer-friendly.

4. Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan pembeli tertarget ke situs Anda

Periklanan pay per click (PPC) adalah cara terbaik untuk mendapatkan trafik ke sebuah situs yang baru dibangun. PPC memiliki dua keuntungan selama menunggu trafik yang datang ke situs Anda dengan sendirinya. Pertama, iklan PPC muncul di halaman pencarian segera, dan kedua, iklan PPC mengizinkan Anda untuk menguji kata kunci yang berbeda, juga headline, harga dan pendekatan penjualan lainnya. Anda tidak hanya mendapatkan trafik segera, Anda juga bisa menggunakan iklan PPC untuk menemukan kata kunci dengan tingkat konversi tertinggi. Kemudian Anda dapat mendistribuskan kata kunci tersebut ke seluruh bagian situs, yang akan membantu peringkat pencarian organik di mesin pencari.

5. Bangun reputasi keahlian untuk diri Anda sendiri

Orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi. Berikan informasi secara gratis ke situs lain dan Anda akan mendapatkan trafik lebih dan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Rahasianya termasuk juga menyertakan link ke situs Anda dengan sedikit informasi tentang isi situs Anda.

  • Berikan konten keahlian gratis. Buat artikel, video atau konten lain yang oleh orang lain anggap penting dan bermanfaat. Sebarkan konten itu ke direktori artikel online atau media sosial. Sertakan link “Kirim ke Teman” pada konten yang bernilai di website Anda.
  • Jadilah seorang ahli yang aktif di forum-forum industri dan situs-situs jejaring sosial di mana target market Anda berada.
  • Anda akan mendapatkan pembaca baru. Bahkan lebih baik lagi, setiap situs yang Anda posting konten Anda akan memberikan link balik ke situs Anda. Mesin pencari menyukai link-link dari situs yang relevan dan akan berakibat pada peringkat website Anda yang lebih baik.

6. Gunakan kekuatan email marketing untuk mengubah visitor Anda menjadi pembeli

Ketika Anda membangun daftar opt-in (berlangganan), Anda sedang menciptakan salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda. Konsumen dan pelanggan Anda telah memberikan izin kepada Anda untuk mengirimkan email. Itu berarti:

  • Anda akan memberikan kepada mereka sesuatu yang mereka cari.
  • Anda sedang mengembangkan hubungan jangka panjang dengan mereka.
  • Responnya 100 persen dapat terukur
  • Email marketing lebih murah dan lebih efektif ketimbang media cetak, TV, atau radio sebab email marketing sangat tertarget. Siapapun yang mengunjungi website Anda dan berlanggan dalam daftar Anda adalah lead yang sangat bagus. Dan tidak ada tool yang lebih baik dibandingkan email yang ditujukan setelah adalah lead-lead tersebut.

7. Tingkatkan pendapatan Anda melalui back-end sales dan upselling 

Salah satu strategi pemasaran internet yang paling penting adalah mengembangkan nilai seumur hidup bagi setiap pelanggan. Paling tidak ada 36 persen dari orang-orang yang telah membeli dari Anda akan membeli lagi jika Anda melakukan follow up. Closing pada penjualan pertama kali sejauh ini adalah bagian yang paling sulit.

Jadi gunakan back-end selling dan upselling agar mereka membeli kembali:

  • Tawarkan produk yang melengkapi pembelian awal mereka.
  • Kirimkan kupon loyalitas secara elektronik yang dapat mereka klaim pada saat kunjungan berikutnya.
  • Tawarkan produk-produk terkait pada halaman “Terima Kasih” setelah mereka membeli.
  • Berikan imbalan kepada pelanggan Anda karena loyalitas mereka dan mereka akan lebih loyal kepada Anda.

Internet berubah begitu cepat sehingga satu tahun online sama dengan lima tahun di dunia nyata. Tetapi prinsip-prinsip bagaimana Anda memulai dan mengembangkan bisnis online yang berhasil belum berubah sama sekali.

Jika Anda baru saja mulai bisnis online kecil-kecilan, fokus pada urutan langkah di atas. Jika Anda sudah online, lakukan sedikit review dan cari langkah mana yang Anda abaikan, atau tidak pernah anda lakukan sama sekali.

Anda tidak akan salah jika melakukan hal-hal mendasar di atas.

Sumber: entreprenur.com

Ilustrasi: www.grameen-info.org

Tinggalkan Komentar