Android 7.0 Nougat Segera Rilis Tahun 2016 Ini

by Lintang Sunu 376 views0

Sudah mencoba Android 6.0 Marshmallow? Jika belum, Anda mungkin ketinggalan zaman. Sebab, kendati Android 6.0 Marshmallow belum lama dirilis, kabar terbaru menyatakan bahwa versi terbaru Android akan segera rilis, bahkan versi preview-nya sudah ada, yakni Android 7.0 Nougat.

Versi final preview build, yakni Developer Preview 5 sudah dirilis. Untuk memperoleh build versi terbaru Anda bisa mencobanya dengan menggunakan perangkat Nexus terbaru.

Menurut sebuah postingan oleh David Burke (Wakil Presiden Engineering), seperti dikutip dari Android Developer Blog, Anda akan menemukan 4 item paling penting berikut ini:

  1. Gambar sistem untuk Nexus dan perangkat preview lainnnya
  2. Emulator yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengujian akhir aplikasi Anda untuk memastikan aplikasi-aplikasi itu siap.
  3. API N final (API level 24) dan perilaku sistem terbaru dan UI
  4. Perbaikan dan optimasi bug terbaru terhadap sistem dan aplikasi pra instalasi.

Tentu saja, ketika Anda mempriview Android 7.0 Nougat ini, Anda akan menemukan beberapa bug, sehingga pihak developer tidak menganjurkan untuk memasang Android versi terbaru ini di ponsel atau tablet utama sehari-hari.

Meski belum ada tanggal rilis resmi untuk versi final Android Nougat, namun sebagian pengamat memprediksi bahwa gambar  sistem dan update over-the-air Android 7.0 bagi perangkat-perangkat Nexus yang di-support kemungkinan akan dirilis akhir bulan September 2016.

Dikutip dari USA Today, paling tidak ada 5 fitur paling menonjol yang akan disajikan oleh Android 7.0 Nougat.

Ikhtisar Aplikasi

Android Nougat telah mengubah fitur aplikasi Terbaru untuk mempercepat penggantian dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Dengan OS baru ini, cukup ketuk dua kali tombol Ikhtisar di perangkat Android, yang biasanya tombol Home, untuk berpindah cepat ke aplikasi terakhir yang Anda gunakan. Anda tidak perlu lagi menyaring tumpukan layar untuk menemukan dan membuka aplikasi terakhir yang Anda gunakan.

Anda tidak perlu menutup aplikasi yang ada satu per satu, dengan Android 7.0 Anda akan dengan mudah membersihkan semua aplikasi yang terbuka hanya dengan satu ketukan tombol ‘Bersihkan Semua’.

Multi Jendela

Android Nougat menyajian modus multi jendela, yang akan menguntungkan pengguna yang mengejar produktivitas, karena Android versi terbaru ini memudahkan Anda untuk mengakses dan menjalankan dua aplikasi sekaligus secara berdampilan di layar yang sama.

Balas Langsung (Direct Reply)

Fitur ini memudahkan Anda untuk merespon pesan-pesan masuk langsung dari tab notifikasi di smartphone Anda. Dengan kata lain, Anda tidak perlu membuka aplikasi pesan untuk membalas pesan-pesan masuk.

Daya Tahan Baterai yang Lebih Baik

Tidak ada yang lebih buruk ketika Anda sedang dalam perjalanan dan ponsel pintar Anda kehabisan baterai. Untungnya, Google mengatakan bahwa pihaknya telah mengoptimasi daya tahan baterai untuk perangkat-perangkat yang ditenagai oleh Android 7.0 Nougat.

Pengaturan yang Lebih Manis

Android Jelly Bean memperkenalkan Quick Setting (Pengaturan Cepat), yaitu ikon-ikon kecil yang memberikan akses langsung ke optis tablet atau ponsel yang sering digunakan, Nougat pun demikian yang akan mengizinkan Anda mengkustomasi pengaturan cepat.

Untuk pertama kalinya, aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang berjalan di Android Nougat akan diizinkan untuk menawarkan Pengaturan Cepat masing-masing aplikasi itu yang dapat Anda tambahkan dengan menggunakan interface ini. Sebagai contoh, ketuk di baterai Anda untuk melihat seberapa banyak baterai yang tersisa sebelum diperlukan pengisian ulang, sementara satu ketukan dan tahan akan menunjukkan pada Anda aplikasi mana yang menghabiskan banyak energi baterai Anda.

Tinggalkan Komentar