Apa yang Menarik dari Android 6.0 Marshmallow?

by Lintang Sunu 348 views0

Sudah merasakan sensasi menggunakan Android 5.0 Lollipop? Android Lollipop diklaim memiliki fitur yang jauh lebih menarik dibandingkan Android 4.4 KitKat. Ketika sebagian dari kita belum pernah mencoba Android Lollipop, kini Google sudah merilis versi terbaru, yakni Android 6.0 Marshmallow.

Versi terbaru Android 6.0 Marshmallow ini telah tersemat di beberapa smartphone Android papan atas, yaitu Nexus, Sony, dan Samsung. Nexus dari Google adalah piranti pertama yang mendapatkan pembaruan Android 6.0 Marshmallow, sebab poin penjualan terbesar dari Nexus adalah update yang cepat dan versi Android terbarunya. Android 6.0 Marshmallow sudah terinstal dalam paket penjualan Nexus 5X dan Nexus 6P, namun pembaruan sudah ada untuk smartphone Google lainnya.

Samsung berjalan sangat baik dengan Android Lollipopnya. Samsung Galaxy Note dirancang menjadi piranti pertama yang akan mendapatkan pembaruan Android 6.0 Marshmallow. Pertama rilis untuk Samsung Galaxy Note 4, Android 6.0 Marshmallow hadir di Hungaria. Selanjutnya direncanakan akan hadir untuk Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6 Edge dan atau Samsung Galaxy S6.

Android 6.0 Marshmallow Google
Android 6.0 Marshmallow Courtesy: www.bgr.com

Sama halnya dengan Sony, pabrikan asal Jepang ini telah mengupdate Android 6.0 Marshmallow di beberapa smartphone andalannya, di antaranya Xperia Z5, Xperia X5 Compact, Xperia X5 Premium, Sony Xperia X3+, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3 Compacct, Sony Xperia Z4 Tablet, dan Sony Xperia Z3 Tablet Compact. Namun, Xperia Z1 terlewatkan untuk mendapatkan update versi terbaru dari Android ini.

Apa yang menarik dari Android 6.0 Marshmallow?

Android 6.0 Marshmallow memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak dipunyai pada versi sebelumnya.

Now on Tap

Now on Tap adalah satu fitur baru yang menjadi fitur andalan Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini mendorong informasi tambahan di bagian atas tentang apapun yang Anda lalukan, berdasakan apa yang ada di layar Anda. Intinya adalah bahwa Now on Tap adalah satu “tombol mudah” untuk ponsel Anda. Tekan dan tahan tombol Home pada ponsel Anda. Setelah itu Anda akan melihat animasi singkat dan kemudian kartu kecil yang akan muncul, memberikan informasi kepada Anda informasi dan shortcut untuk aplikasi.

Apa yang ada di kartu tergantung pada apa yang ada di layar. Sebagai contoh, jika Anda akan mengirimkan sms kepada seorang teman untuk diajak makan malam, menyebutkan nama restoran di pesan Anda dan kemudian mengatifkan Now on Tap, kartu tersebut akan memberikan opsi kepada Anda untuk menelepon restorannya, menemukannya di Google Maps, atau melihat ulasan di Yelp.

Android Pay

Meskipun tidak hanya ada untuk Android 6.0 Marshmallow, update baru hadir untuk Android Pay, yakni sistem pembayaran baru dari Google. Android Pay akan mengizinkan Anda melakukan pembelian di store yang ada dengan menggunakan chip NFC ponsel Anda. Sama seperti halnya Apple Pay, Anda dapat meng-hold ponsel Anda di terminal kartu kredit dan mengikuti perintah di layar untuk membayar.

Baterai 

Piranti Nexus dari Google kini mendukung kabel pengisian baterai standar tipe C USB. Ini berarti bahwa Nexus dapat diisi ulang dari atau bisa mengisi ulang perangkat lain. Sisi baiknya, kedua sisinya memiliki bentuk sama, yang berarti Anda tidak perlu meraba mana yang sisi yang ‘naik’.

Android 6.0 Marshmallow juga menyertakan Doze, sebuah fitur penghemat baterai otomatis yang diklaim oleh Google akan menghabiskan daya lebih sedikit dibandingkan dalam kondisi standby.

Dukungan sidik jari

Fitur ini sedikit lebih di balik layar, namun Google telah menyertakan dukungan untuk pembaca sidik jari. Dukungan sidik jari ini pada Android 6.0 Marshmallow membuat Nexus 5X dan Nexus 5P dapat menggunakan pemindai sidik jari untuk membuka smartphone Anda juga aplikasi, ditambah Anda dapat menggunakan sidik jari untuk otorisasi pembayaran.

Sumber: Berbagai sumber

Tinggalkan Komentar