Kini Aplikasi WhatsApp Gratis Selamanya

by Lintang Sunu 388 views0

Aplikasi WhatsApp gratis selamanya, setelah adanya pengumuman resmi dari pihak WhatsApp tanggal 18 Janauari 2016 lalu. Sebelumnya, pengguna WhatsApp akan mendapatkan layanan gratis selama setahun, dan memasuki tahun kedua, pengguna diwajibkan berlangganan sebesar $0.99 atau sekitar Rp. 13.500,- per tahun.

Dikutip dari blog resmi Whatsapp:

Hampir satu milyar orang di seluruh dunia kini bersandar pada WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman-teman dan keluarganya. Dari seorang ayah baru yang berasal dari Indonesia yang ingin berbagi foto dengan keluarganya, hingga seorang mahasiswa di Spanyol yang ingin memastikan temannya telah pulang ke rumah, hingga seorang dokter di Brazil yang tetap berhubungan dengan para pasiennya, mereka menggunakan WhatsApp yang cepat, simpel, dan handal.

Itulah mengapa kami dengan senang hati mengumumkan bahwa WhatsApp tidak lagi mengenakan biaya berlangganan. Selama bertahun-tahun, kami telah meminta orang-orang membayar untuk menggunakan WhatsApp setelah gratis selama satu tahun pertama. Ketika kami telah bertumbuh, kami temukan bahwa pendekatan ini tidak berjalan dengan cukup baik. Banyak penggguna WhatsApp yang tidak memiliki kartu debit atau kartu kredit dan mereka khawatir akan kehilangan akses ke teman-temannya dan keluarga setelah tahun pertama penggunaannya itu. Jadi selama beberapa minggu ke depan, kami menghilangkan biaya dari versi-versi aplikasi kami dan WhatsApp tidak akan mengenakan biaya layanan kami.

Alasan terkuat pihak WhatsApp menghilangkan biaya berlangganan adalah bahwa banyak pengguna WhatsApp yang tidak memiliki kartu kredit maupun kartu debit. Kartu debit atau kartu kredit adalah bagian dari alat pembayaran tahunan penggunaan aplikasi WhatsApp yang selama ini dikenakan.

Sebagian besar pengguna di Indonesia, selain tidak memiliki kartu kredit, kartu debit yang dimiliki pun tidak support terhadap transaksi online internasional seperti halnya kartu debit di luar negeri. Di sisi lain, opsi lain untuk pembayaran WhatsApp, yakni Moneybookers (atau sekarang Skrill) dan Google Wallet adalah dua alat pembayaran online yang dirasa asing bagi sebagian besar pengguna WhatsApp di Indonesia.

Komunikasi dengan siapapun ke seluruh penjuru dunia gratis pakai WhatsApp Courtesy: neurogadget.com
Komunikasi dengan siapapun ke seluruh penjuru dunia gratis pakai WhatsApp
Courtesy: neurogadget.com

Whatsapp sendiri telah mengantisipasi jika para penggunanya merasa heran mengapa WhatsApp gratis, dari mana WhatsApp bisa mendapatkan uang, dan bahkan menjawab seandainya ada yang bertanya apakah mungkin WhatsApp menggunakan iklan dari pihak ketika untuk membiayai dirinya, berikut lanjutan:

Wajar jika orang bertanya-tanya bagaimana kami merencanakan untuk tetap menjalankan WhatsApp tanpa biaya berlangganan dan apakah pengumuman hari ini berarti kami memperkenalkan iklan pihak ketiga. Jawabanya adalah TIDAK. Mulai tahun ini, kami akan menguji tool-tool yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk berkomunikasi dengan bisnis dan organisasi yang ingin Anda ketahui. Hal itu bisa berarti bahwa berkomunikasi dengan bank tentang apakah terjadi kecurangan dalam transaksi keuangan terbaru Anda, atau dengan perusahaan penerbangan tentang penundaan jadwal terbang. Kami mendapatkan pesan-pesan ini dari berbagai penjuru dunia, baik melalui pesan singkat dan panggilan telepon, sehingga kami ingin menguji tool-tool baru agar mudah dilakukan di WhatsApp, sembari memberikan pengalaman kepada Anda tanpa adanya iklan dari pihak ketiga dan spam.

Kesimpulannya, sejak pengumuman di blog resmi Whatsaap, kini Whatsapp gratis selamanya. WhatsApp tidak mengenakan biaya sama sekali, dan tanpa adanya iklan dari pihak ketiga. Namun untuk penggunaan berkaitan dengan bisnis, rasanya akan dikenakan biaya.

Sumber: www.blog.whatsapp.com

Ilustrasi: neurogadget.com

Tinggalkan Komentar