Apple Resmi Rilis iOS 10 di Ajang WWDC 2016

by Lintang Sunu 342 views0

Event tahunan Worldwide Developer Conference 2016 di California 13-17 Juni 2016 menjadi titik awal bagi Apple untuk secara resmi merilis OS terbarunya, iOS 10. Pengulangan besar dari sistem operasi versi kesepuluh untuk iPhone dan iPad ini hadir dengan segudang fitur, sebagian fitur kecil dan sebagian fitur lebih besar dari OS sebelumnya. “Ini adalah rilis iOS terbesar yang pernah ada bagi user,” kata Craig Federighi.

Fitur Raise to Wake

Apple mendesain ulang lock screen di iOS 10. Dengan fitur “Raise to Wake” Anda dapat melihat lock screen Anda tanpa menyentuh ponsel Anda. Ponsel Anda akan nyala di posisi standby. Pergeseran ini dibutuhkan karena Touch ID telah berkembang begitu cepat dengan iPhone 6s sehingga Anda tidak akan melihat nofitifkasi di layar Anda yang terkunci.

Sekarang, dengan iOS 10, Anda juga dapat melihat pratinjau dari notifikasi-notifikasi yang ada dengan sentuhan 3D. Sebagai contoh, dengan menekan lama pada notifikasi lalu layar, Anda akan meloading jendela kecil yang berisikan percakapan pesan. Aplikasi-aplikasi pihak ketiga seperti Uber juga mendapatkan manfaat dari fitur Raise to Wake. Anda cukup menekan notifikasi Uber dan Anda dapat mengetahui di mana posisi mobil yang Anda tumpangi.

iOS 10 WWDC 2016

Pada saat layar Anda terkunci, Anda dapat menyapu ke kanan untuk mengaktifkan kamera, menyapu ke kiri untuk melihat widget-widget Anda, langsung ke lock screen. Jika Anda menyapu dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas, Anda masuk ke pusat notifikasi dan pusat kontrol seperti biasanya.

Pusat notifikasi didesain ulang sepenuhnya dan terlihat seperti layar notifikasi di Apple Watch. Pusat kontrol dibuat dua jendela. Ketika Anda menyapu ke kanan, Anda dapat melihat pusat kontrol lain engan pemutar musik saja.

Fitur Shortcut 3D Touch

Jalan pintas 3D Touch di layar Home sekarang lebih berguna sebab aplikasi-aplikasi yang dapat menampilkan informasi secara langsung di popup 3D Touch. Begitu juga dengan Today View, Anda dapat menekan lama pada widget Today View untuk melihat versi terbaru dari aplikasi-aplikasi Anda.

Fitur Siri

Siri, sebuah aplikasi yang sudah terpasang otomatis pada iPhone, iPad, dan iPod Touch, juga telah mendapatkan upgrade besar-besaran dengan pengintegrasikan pihak ketiga. Federighi memamerkan WeChat di Siri. Anda dapat meminta Siri untuk mengirimkan aplikasi WeChat, dan Siri membuka beberapa versi mungil dari aplikasi Anda untuk mengirimkan pesan kepada orang  yang Anda tuju.

Siri juga menunjukkan jawaban di Messages now, seperti halnya lokasi dan informasi kontak Anda. Siri telrihat seperti sebuah keyboard yang mendapatkan dukungan multibahasa.

Fitur face detection (deteksi wajah)

iOS 10 menggunakan pembelajaran mendalam secara lokal di iPhone untuk melakukan deteksi wajah. Sistem operasi ini mengizinkan Anda untuk membuat album berdasarkan anggota keluarga dan teman-teman Anda. Sekarang iOS 10 juga mendeteksi obyek-obyek yang ada di foto Anda seperti air, pegunungan, keramaian lalu lintas, dan sebagainya. Anda bisa melakukan pencarian dengan kata “pegunungan” untuk menemukan semua foto yang berisikan pegunungan.

Aplikasi ini diupgrade habis-habisan dan sekarang terlihat seperti Google Photos. Perbedaan besarnya jelas bahwa Apple menangani semua yang ada di perangkat Anda namun tidak mengumpulkan data tentang Anda. Photos membangun kenangan dari liburan Anda dengan sampul foto yang indah. Anda dapat melompat dari memori ke memori. iOS 10 juga menata video-video Anda dengan soundtrack. Anda bisa membuat video lebih pendek, mengubah mood-nya, dan sebagainya.

Fitur Maps

Fitur Maps juga mendapatkan pembaruan besar-besaran dengan Proactive suggestion-nya. Sebagai contoh, Maps mengetahui kapan waktunya Anda berangkat bekerja, dan menganjurkan pada Anda untuk memasukan alur perjalanan menuju ke tempat kerja Anda. Apple mendesain ulang tampilan layar agar lebih bermanfaat, dengan menginformasikan arah perjalanan, belok kanan, belok kiri, atapun lurus.

Fitur Apple Music

Apple Music telah sepenuhnya dirancang ulang. Tab Connect telah dibuang, tetapi Connect masih ada. Layar Now Playing juga baru. Justu tampilan Apple Music mirip seperti tampilan radio. Ketika Anda membuka aplikasi Music, Anda mulai dengan tab library. Jika Anda menggulung ke bawah, Anda melihat musik baru yang ditambahkan ke akun Apple Music Anda.

Di layar Now Playing, Anda dapat menggulung layar ke bawah dan melihat liriknya. Di bagian atas For You, ada Discovery Mix. Ini seperti Discovery Weekly di Spotify. Kemudian untuk melihat playlist tampilan lama, dan kemudian Connect.

Fitur HomeKit

HomeKit juga mendapatkan upgrade besar-besaran. Dengan aplikasi Home yang baru, Anda dapat mengontrol semua perangkat yang terkoneksi. Dan jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan perangkat HomeKit tepat di pusat kontrol Anda, sehingga Anda dapat mengontrol dari pusat kontrol. Apple TV dapat berfungsi sebagai titik aman bagi akses jarak jauh bagi rumah Anda. Aplikasi Home juga berjalan di iPad, yang mengizinkan Anda menyalakan iPad ke dalam layar kontrol untuk rumah Anda.

HomeKit iOS
HomeKit iOS

Fitur aplikasi Phone

iOS 10 akan mentranskrip pesan voicemail Anda. Dengan ekstensi aplikasi Phone, Anda dapat menggunakan aplikasi VoIP dengan antarmuka Phone aslinya. Dan ketika seseorang menelpon Anda di Skype, ponsel Anda akan berdering seperti halnya panggilan norlam. Ekstensi juga bisa menandai panggilan spam. Sekali lagi, Apple menambahkan ke salah satu fitur inti di iOS.

Fitur Messages (Pesan)

Fitur Message juga mendapatkan upgrade besar-besaran, mulai dengan pratinjau yang kaya. Jika Anda mengirimkan tautan YouTube, Anda dapat memainkan video YouTube langsung dari aplikasi Message. Jika Anda membuka kamera, Apple menggunakan kamera live, dan screen capture untuk menyimpan gambar yang Anda capture. Emoji juga tiga kali lebih beasr dan Messages akan mengajurkan emoji berdasarkan apa yang Anda ketikkan. Anda juga dapat mengetukkan kata untuk menggantinya dengan emoji.

Apple juga menambahkan efek gelembung (bubble effect) untuk menambahkan konten lebih banyak ke pesan Anda. Gelembung tulisan tangan, gelembung pecah, gelembung mini, dan sebagainya. Dan jika itu belum cukup, Anda dapat menambahkan umpan balik ke pesan individu, seperti emoji di dalam Slack. Dan Anda dapat mengirimkan efek layar penuh, seperti kembang api yang mengisi layar.

Apple juga menambahkan aplikasi-apliaksi Message. Pengembang pihak ketiga dapat membangun ekstensi untuk Pesan, mirip sekali dengan Facebook Messenger. Sebagai contoh, sebuah aplikasi dapat mengizinkan Anda untuk menambahkan stiker ke foto, memesan makanan langsung dari Message, dan sebagainya.

Ada begitu banyak fitur-fitur kecil ain yang tidak disebutkan oleh Apple selama presentasi rilis iOS 10 di WWDC 2016 California, Amerika Serikat. Saat ini, iOS 10 baru tersedia untuk para pengembang, sementara versi beta iOS 10 tersedia untuk publik mulai bulan depan dan secara resmi rilis penuh iOS 10 diharapkan bulan September nanti.

Sumber: Techcrunch.com

Tinggalkan Komentar