Bagaimana Berpenghasilan 10 Juta Rupiah Sebulan dari Penterjemah Lepas Online?

by Lintang Sunu 727 views5

Penghasilan 10 juta rupiah sebulan dari penterjemah lepas

Menjadi penterjemah lepas online? Internet kini bukan hanya sekedar sumber informasi. Internet juga bisa menjadi sumber uang, baik uang tambahan maupun sebagai penghasilan utama, bahkan full time. Ada banyak pekerjaan yang dapat menghasilkan uang melalui internet, salah satunya adalah menjadi penterjemah lepas online. Dengan menjadi penterjemah lepas online, banyak sudah yang berpenghasilan puluhan juta per bulan hanya dengan bekerja di depan komputer, tanpa harus bertatap muka, semuanya dilakukan secara online.

Berpenghasilan 10 juta rupiah per bulan, mungkinkah? Sangat mungkin. Tergantung seberapa besar upaya kita untuk mencapainya. Untuk berpenghasilan 10 juta rupiah per bulan, paling tidak Anda mengerjakan pekerjaan terjemahan sebanyak 30.000 kata, dengan asumsi bahwa Anda dibayar 0.025 euro per kata. Berikut adalah screenshot penghasilan saya dari internet sebagai penterjemah lepas online bulan November 2015 yang dibayarkan bulan Desember.

Penghasilan 10 juta rupiah sebulan dari penterjemah lepas

Itu saya dapatkan dari satu perusahaan agen penterjemahan di Italia.

Bagaimana langkah-langkahnya agar Anda dapat memperoleh penghasilan 10 juta rupiah dari pekerjaan penterjemah lepas online? Berikut langkah-langkahnya.

1. Tentukan skill bahasa yang Anda kuasai

Jika Anda menguasai bahasa Inggris dan Indonesia, Anda dapat memilihnya, namun jika lebih, itu akan lebih bagus, berarti peluang lebih besar.

2. Siapkan CV dan dokumen pendukung lainnya

 Curriculum vitae atau CV adalah cara calon orang yang mempekerjakan Anda mengetahui track record Anda. Dengan CV yang ada, calon perekrut Anda akan mengetahui kompetensi, skill, pengalaman, dan pekerjaan yang penah Anda kerjakan. Jangan pernah mengada-ada apa yang tidak pernah Anda kerjakan, karena mereka akan mengecek. Gunakan cover letter  yang menarik, yang menunjukkan potensi maksimal Anda.

Menjadi penterjemah lepas online bukan hanya beredasarkan ijazah dan CV di atas kertas, mereka juga akan mengecek kebenaran data Anda. Jika data Anda palsu, hampir dipastikan Anda akan ditolak.

3. Siapkan referensi 

Referensi di sini adalah mereka yang pernah menggunakan jasa Anda sebagai penterjemah, baik penterjemah lepas online, penterjemah online rutin, atau bahkan penterjemah langsung. Pastikan referrer Anda memiliki email yang bukan email pribadi seperti Gmail atau Yahoo, namun email perusahaan. Dan akan lebih baik lagi jika perusahaan atau pengguna jasa Anda bertaraf internasional. Minimal 3 referensi yang harus Anda siapkan. Pastikan mereka siap dihubungi dan membantu Anda memberikan referensi.

4. Lakukan pencarian pekerjaan 

Di mana kita dapat mencari pekerjaan penterjemah lepas online? Ada banyak escrow atau pihak ketika yang mempertemukan antara klien dan penterjemah lepas online. Anda dapat mendaftar gratis misalnya di Proz.com, Translatorscafe.com, maupun Translationdirectory.com. Anda dapat mendaftar gratis.

Proz.com
Proz.com

Ketika Anda masih pemula, dalam artian belum pernah mendapatkan pekerjaan, Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Tetap lakukan bidding. Jangan berpikir uang besar terlebih dahulu. Tetapi bidding bagaimana Anda dapat mendapatkan pekerjaan. Lalu lakukan kerjakan sebaik-baiknya.

Semakin Anda banyak bidding, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan penterjemah lepas online.

5. Kerjakan pekerjaan sebaik mungkin

Ketika Anda mendapatkan pekerjaan, jangan sepelekan. Meskipun Anda merasa pekerjaan itu enteng dan mudah, lakukan yang terbaik. Ingat, konsumen yang puas akan sangat mungkin untuk kembali lagi menggunakan jasa Anda.

Sebagai gambaran, saya mulai bidding sejak tahun 2013 lalu, namun tanpa kenal menyerah saya terus melakukan bidding, sehingga ketika saya mendapatkan klien tetap dari Italia pada bulan Agustus 2014, penghasilan setiap bulannya hampir selalu meningkat, bahkan di bulan terakhir, November 2015 saya memperoleh penghasilan 10 juta rupiah sebagai penterjemah lepas online.

Ingin mencoba? Why not?

 

Comments (5)

  1. Pengalaman yg menarik 🙂 sangat menginspirasi sekali. Memang diera teknologi digital sekrng harus di manfaatkan baik2 jangan hanya bersenang2

  2. semangat terus mas lintang 🙂

    1. IndoBo: Terima kasih mas… Sukses selalu juga ya.

  3. Lensa: Terima kasih juragan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang lain. Aamiin,

  4. Pengalaman yang sangat menarik mas Lintang dan sangat menginspirasi. Boleh minta contact atau email mas? Siapa tau bisa share ilmu dan pengalamannya. Terima kasih sebelumnya Mas 🙂

Tinggalkan Komentar