Blackberry Priv: Blackbery Pertama dengan OS Android

by Lintang Sunu 379 views0

Setelah bertahan dengan Blackberry versi terakhir, yakni Blackberry 10, selama 4 tahun berturut-turut, perusahaan asal Kanada ini harus mengakui keunggulan para pesaingnya. Sebagai wujud pengakuan atas kekalahannya ini, Blackberry merilis Blackberry Priv, smartphone Blackberry pertama dengan OS Android.

Blackberry Android dengan kode nama Venice ini memang tidak mengejutkan pagi para pecinta dan pengamat Blackberry, pasalnya sudah diduga sebelumnya bahwa pada akhirnya Blackberry akan bertekuk lutut di bawah kekuasaan Android. Blackberry 10 yang menjadi andalan pabrikan ini memiliki kelemahan dalam hal kompatibilitas dengan aplikasi-aplikasi paling digemari saat ini, yang berbasiskan Android. Selain itu, karena antarmuka dari Blackberry 10 yang tidak intuitif dan umum seperti halnya smartphone Android.

Dipasangkan dengan tampilan yang apik, Blackberry Priv rasanya akan kembali mengangkat pabrikan asal Kanada ini untuk bangkit kembali. Namun, apakah semua itu sedikit lambat sebagai upaya dari perusahaan besar, yang sudah tertinggal oleh revolusi smartphone?

Tampilan Backberry Priv Courtesy: techradar.com
Tampilan Backberry Priv
Courtesy: techradar.com

Blacberry Priv dengan tampilan layar 5.4 inchi QHD, dipersenjati prosesor Snapdragon 808, RAM 3 GB, memori internal 32 GB dan kamera belakang 18 MP akan menjadi saingan bagi para pesaing dengan flagship-nya yang rilis tahun 2015. Sayangnya, Blackberry Priv dikabarkan akan hadir enam bulan lagi.

Dengan harga sekitar US$699 atau setara 9,6 juta rupiah, Blackbery Priv tentu akan menjadi andalan pabrikan asal Kanada ini, namun masih ada masalah di sini, yakni di mana semua pesaingnya tentunya sudah turun harganya. Dengan spesifikasi serupa, Anda bisa membeli Samsung Galaxy S6 Edge, HTC One M9, LG G4, Nexus 6P atau Sony Xperia Z3+ dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Blackbery Priv, dan smartphone-smartphone Android ini adalah smartpone terbaik di dunia.

Desain

Backberry Priv memiliki desain slider seperti halnya Nokia N95. Di bagian bawah Priv terdapat bagian yang menonjol dari metal, antara layar dan speaker depan, yang memudahkan jempol Anda di bagian bawah dan mendorong handset untuk memunculkan keyboard.

Desain Blakcberry Priv Courtesy: techradar.com
Desain Blakcberry Priv
Courtesy: techradar.com

Ukuran Blackberry Priv tidaklah kecil. Dengan ukuran 147 x  77,2 x 9,4 mm, Priv tidak memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 92 gram, cukup nyaman jika dipegang. Sekilas, Priv memiliki kemiripan desain dengan Samsung S6+ Edge, di lihat dari kedua sisinya.

Untuk slot micro SIM card dan micro SD dapat Anda temukan di bagian atas. Sementara untuk slot micro USB da di bagian samping, dekat dengan slot earphone.

Layar

Layar Blackberry Priv adalah 5,4 ichi dengan resolusi QHD dual-curved display. Dengan resolusi 2560 x 1440, layar Blacberry ini sama dengan LG G4 dan Galaxy S6, dan dengan bidang permukaan layar 5,4 inchi ini, Priv cukup untuk menampilkan kepadatan piksel 540 ppi.

One-Stop-Shop

Kendati Blackberry Priv hadir dengan OS Android, namun pabrikan smartphone asal Kanada ini masih menyertakan aplikasi buatannya. Salah satu nilai plusnya adalah adanya Blackberry Hub, yaitu satu fitur terbaik yang dihadirkan pertama kali di Blackberry 10. Dengan fitur ini, Anda dapat memantau semua notifikasi dalam satu pintu yang disebut unified inbox.

Kinerja

Kinerja Priv sedikit kurang memuaskan. Dengan prosesor Snapdragon 808 dan RAM 3 GB, yang seimbang dengan LG G4 dan Moto X, kinerja Priv dianggap kurang bertenaga.

Sumber: Techradar.com

Ilustrasi: crackberry.com

Tinggalkan Komentar