Canggih!! Menjalankan Ekskavator dari Jarak 2500 Kilometer

by Lintang Sunu 410 views0

Ini bukan sulap juga bukan sihir. Ini juga bukan ilusi juga bukan simulasi. Ini asli: menjalankan ekskavator dari jarak 2500 kilometer. Berkat Ericsson, aksi menjalankankan mesin berat dari jarak jauh.

Mobile World Congress (WMC/Kongres Dunia Piranti Bergerak) di Barcelona 2-5 Maret 2015 telah membuat banyak orang terkesima dengan teknologi yang disuguhkan. MWC adalah kongres seputar dunia mobile dari seluruh dunia, namun ada satu yang unik di mana di salah satu booth peserta, tersedia sebuah perangkat yang dapat mengendalikan sebuah mesin berat dari jarak yang sangat jauh, Barcelona ke Swedia.

Teknologi itu adalah VR (Virtual Reality) dari Oculus – Oculus Rift yang memiliki headset virtual reality dan satu kursi operator dengan kontrol mesin berat. Roger Cheng, editor CNET mengenakan helm, dan secara cepat “memindahkan” tempat duduk esksavator sejauh 2500 km dari Barcelona ke sebuah tempat penggalian di Eskilstuna, Swedia.

Ericsson menghubungkan tempat duduk operator ekskavator dan headset Oculus dengan ekksalator Volvo riil di Swedia dengan menggunakan jaringan nirkabel 4G untuk koneksi video real time.

“Ketika tuas kendali saya dorong maju, lengan raksasa itu terangkat. Rasanya aneh, tapi aku sangat menyukainya,” tutur Roger.

Kendali jarak jauh ekskavator ini adalah salah satu demonstrasi andalan Ericsson, yang menunjukkan ilustrasi kekuatan jaringan seluler dan visinya untuk dunia yang lebih terkoneksi. Selain itu, ini juga sebagai pengingat bahwa ternyata jaringan nirkabel dapat melakukan lebih dari sekedar kekuatan smartphone.

Gagasan Ericsson ini muncul di awal tahun 2011 setelah adanya bencana pembangkit tenaga nuklir di Fukushima, Jepang. Setelah menonton para relawan yang meresikokan diri mereka dengan mengoperasikan mesin-mesin berat di dalam zona radiasi, para peneliti mulai memikirkan tentang bagaimana caranya mengendalikan peralatan dari jarak jauh.

Eskavator Volvo

Selanjutnya Ericsson membahasa masalah ide ini dengan perusahaan asal Swedia, Volvo. Pembuat kendaraan ini mengalami permasalahan di mana mereka kekurangan pekerja muda yang mau di tugaskan di berbagai penjuru dunia untuk mengoperasikan mesin-mesin berat di lokasi konstruksi yang jauh dari tempat tinggal mereka. Dengan ketertarikannya ini, Volvo mulai bekerjasama dengan Ericsson.

Perusahaan ini memulai dengan ekskavator mainan tahun 2014 lalu dan di tahun 2015 dengan menggunakan dua ekskavator asli, satu di Swedia dan satu lagi di aula Mobile World Congress di Barcelona, teknologi VR digunakan untuk menjalankan mesin berat dari jarak jauh.

Setahun telah berlalu. Kecanggihan VR begitu mempesona dan menakjubkan. Bayangkan betapa sebuah ekskavator yang jauhnya 2500 km dapat dikendalikan dengan VR didukung oleh jaringan 3G.

Lalu bagaimana dengan WMC tahun ini, yang akan berlangsung tanggal 22-25 Februari 2016. Akankah teknologi VR makin berkembang, atau bahkan tenggelam?

Kita tunggu hasilnya 22-24 Mei 2016 di Barcelona.

Atau mau datang langsung? Silahkan lihat jadwal MWC Barcelona 2016 di www.mobileworldcongress.com.

Sumber: CNET.COM

courtesy: cnet.com

Tinggalkan Komentar