Cannonlake, Prosesor 10-nm 8 Core Terbaru dari Intel?

by Lintang Sunu 1,806 views0

Rasanya cukup jelas bahwa untuk membuat komputer makin cepat dengan menaikkan clock speed akan mencapai batas teratas kepraktisan. Solusi terbaru yang mungkin adalah dengan menambah inti (core) dari proses, yaitu pararelisme di mana ada serangkaian resource yang identik yang bekerja secara bersama-sama. Hal ini memunculkan berbagai masalah dan peluang, namun rumor yang ada menyatakan bahwa Intel berencana untuk mengembangkan CPU 8 core dalam Cannonlake yang ditujukan untuk pasar dekstop dan rumahan, yakni slot pasar yagn saat ini diisi oleh prosesor 4 core, dan yang terbaru 6 core.

Beberapa hari lalu ada sebuah tulisan yang sangat menarik yang diposting di LinkedIn oleh salah satu insinyur Intel menggarap CPU Cannonlake 8 inti. Ia mengatakan bahwa saat ini bersama timnya sedang mengerjakan prosesor Intel terbaru ukuran 10 nm yang memiliki interkoneksi sangat tinggi, yang disebut CCF (Converged Coherent Fabric). Ini merupakan proyek yang sangat mirip dengan prosesor AMD yang diperkenalkan ke publik, yaknigenerasi prosesor ukuran 14 nm dan 16 nm tahun depan.

Cannonlake, sebuah kode prosesor dari Intel dengan basis 10 nanometer pertama, merupakan Tick Tock Intel. Namun, karena Hukum Moore berkembang tidak secepat yang dibayangkan beberapa dekade ini, Intel mengumumkan bahwa mereka akan mengikuti irama yang sedikit berbeda. Intel akan memperkenalkan dua produk berturut-turut dengan proses manufaktur yang serupa, sehingga Tick Tock Intel ini baru sesuai.

Debut Pertama Cannonlake di Tahun 2017

Awal tahun ini, Intel mengumumkan bahwa Cannonlake telah ditunda dari rencana awal peluncurannya pada tahun 2016 ke tahun 2017. Justru, Intel akan meluncurkan line-up chip Skylake terbaru dengan nama kode Kaby Lake.

Perkembangan struktur prosesor 90 nanometer hingga 22 nanometer Courtesy: www.wccftech.com
Perkembangan struktur prosesor 90 nanometer hingga 22 nanometer
Courtesy: www.wccftech.com

“Untuk mengelola irama ini, pada paruh kedua tahun 2016, kami berencana memperkenalkan produk 14 nanometer ketiga dengan nama kode Kaby Lake, yang dibangun berdasarkan mikro arsitektur Skylake tetapi dengan peningkatan kinerja. Kemudian di paruh kedua tahun 2017, kami berharap dapat meluncurkan produk 10 nanometer pertama kami, yang kami beri nama kode Cannonlake. Kami berharap bahwa tambahan peta jalan ini akan melahirkan fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja serta membuka jalan untuk lancarnya transisi ke prosesor 10 nanometer,” tulis Brian M. Krzanich, CEO dan Direktur Intel Corp.

Apakah Cannonlake 8 Core Akan Menjadi Produk Mainstream atau Produk Desktop/Server High-End?

Ada sebagian kabar yang mengatakan bahwa Cannonlake bisa menjadi server/workstation/desktop high-end dibandingkan sekedar CPU Intel mainstream. Yang pertama adalah gagasan tentang produk kecepatan tinggi dan produk koheren, yakni satu produk yang akan jelas-jelas penting dalam mengendalikan kinerja server dan superkomputer.

Yang kedua adalah jumlah core, Intel telah memperkenalkan prosesor-prosesor mainstream dengan core CPU hingga 4 core dan grafics engine yang lebih besar selama empat tahun terakhir, dimulai dari Sandy Bridge di tahun 2011. Dan semenjak itu, Intel telah berupaya keras untuk mencapai chip yang lebih kecil, process node yang lebih maju untuk membuat grafics engine yang lebih besar dan lebih terintegrasi. Upaya ini telah membuat Intel berhasil bersaing dengan GPU low-end dari nVidia dan AMD serta solusi APU yang dimiliki AMD, di mana AMD sangat terkenal memiliki grafics engine yang terintegrasi.

Sistem 16 Core

Juga telah dimungkinkan untuk membangun sistem 16 core untuk Intel Xeon nantinya, meskipun prosesor yang mahal berarti menghariskan motherboad dan memory yagn lebih mahal pula. Mesin Intel Xeon 16 core yang tercipta nantinya akan sangat mungkin harganya sepuluh kali lipat dibandingkan dengan PC rumahan, tetapi hanya memiliki speed 3 hingga 4 kali lebih tinggi dibandingkan PC rumahan.

Dengan prosesor Intel terbaru saja yang masih 4 atau 6 core rasanya kecepatan komputer super menakjubkan, bagaimana jika hadir prosesor 8 core, bahkan 16 core?

Kita tunggu kabar selanjutnya.

Ilustrasi: redsharknews.com

Tinggalkan Komentar