Cara Membangun Backlink Agar Efektif Bagi Mesin Pencari

by Lintang Sunu 330 views0

Dengan sistem algoritma baru diperkenalkan oleh Google, RankBrain, yang menggunakan artificial intelligence, maka membangun backlink berkualitas agar efektif bagi mesin pencari harus dilakukan dengan lebih berhati-hati sehingga mesin pencari (search engine) memandangnya sebagai sebuah website dengan backlink yang bagus.

Ketika seorang webmaster atau ahli SEO memulai tugasnya untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan relevan dengan websitenya, ada banyak faktor yang bisa meningkatkan atuapun menurunkan peringkat website di mesin pencari.

Berapa maksimal backlink yang diizinkan untuk sebuah website?

Sebuah backlink yang berkualitas yang mengarah ke website Anda harus ada dalam kategori yang sama dengan website Anda dan juga relevan dengan konten website Anda. Laman di mana link Anda berada harus terindeks oleh Google dan laman tersebut juga harus memiliki pagerank. Laman website di mana link Anda dipasang juga harus memiliki tidak lebih dari 30 outgoing links ke website lain.

Halaman-halaman link dengan lebih dari 30 outgoing link kurang relevan bagi mesin pencari. Dengan memposting link Anda di laman semacam ini bisa mempengaruhi peringkat mesin pencari secara negatif. Teknik-teknik hebat lain untuk mendapaktan backlink adalah dengan directory submission, memposting artikel, blog, dan juga forum.

Bagaimana cara menggunakan directory submission agar efektif bagi mesin pencari?

Untuk directory submission, pilih kategori direktori yang sesuai dan perhatikan ada berapa website lain yang terpasang di kategori yang Anda pilih untuk memposting tautan Anda. Jika Anda bisa mengelola agar berada di daftar halaman pertama atau halaman kedua, ini merupakan backlink yang berkualitas. Selain itu, lihat juga peringkat halaman di Google utnuk landing page dari link Anda. Jika landing page-nya memiliki peringkat di Google, ini juga backlink yang berkualitas.

Fokuskan artikel pada niche/ceruk Anda

Tetap fokus pada kateogri dan niche yang Anda kerjakana. Konten yang relevan sangat penting bagi mesin pencari. Tulislah artkel yang relevan dengan konten website Anda dan submit artikel tersebut ke article directory dengan kualitas tinggi. Blog merupakan cara yang sangat jitu untuk mendapatkan backlink satu arah yang berkualitas. Blog juga mendapatkan banyak trafik, yang membuat website Anda juga lebih terpampang. Posting link Anda di forum juga merupakan satu metode yang efisien untuk mendapatkan backlink secara instan.

Apa yang harus dihindari untuk mendapatkan backlink berkualitas?

Backlink yang perlu dihindari adalah website dengan peringkat nol, khususnya jika halaman web yang memiliki peringkat halaman nol. Link-link yang diposting di halaman yang menggunakan frame yang akan mencuri trafik Anda. Hindari juga link farms, yaitu website yang mengandung lebih dari 100 outgoing link yang tidak relevan. Tipe laman link ini sangat dihindari oleh mayoritas mesin pencari.

Hindari halaman website dengan mirror site yang berisikan konten sama persis dengan URL lain, juga laman yang menggunakan redirect dan URL cloacking. Jangan pernah memposting link Anda di halaman yang mengandung meta tag robot “no follow” ataupun “no index” di dalam source code-nya.  Website-website dinamis dengan tanda tanya dalam URL harus dihindari karena website-website tersebut selalu tidak terindeks oleh mesin pencari.

Hindari juga memposting link Anda di halaman yang sangat lambat saat dibuka atau yang mengandung terlalu banyak iklan atau flash banners. Cobalah untuk tidak membeli backlik dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang relatif singkat, backlink harus diakumulasi secara bertahap.

Selain itu juga hindari halaman atau direktori yang melisting hasil pencariannya dalam urutan abjad, karena database mereka akan meningkatkan link Anda bisa saja dipindah ke halaman yang tidak relevan dengan pagerank rendah.

Backlink yang berkualitas adalah salah satu faktor yang penting yang sangat diperlukan untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencari.  Dengan demikian, lakukan langkah-langkah di atas untuk mendapatkan backlink yang efektif bagi mesin pencari.

Baca juga: RankBrain, Algoritma Baru Google yang Mengubah SEO Lama?

Ilustrasi: bloggingforliving.com

Tinggalkan Komentar