Cara Memilih Powerbank yang Tepat Sebelum Membeli

by Lintang Sunu 384 views1

Saat ini, smartphone hampir dipakai oleh semua orang seperti halnya sebuah komputer saku. Teknologi smartphone memang berkembang amat pesat, namun banyak smartphone yang memiliki kapasitas baterai sangat minim, bahkan kurang dari satu hari pemakaian. Semakin canggih smartphone, semakin boros akan dayanya. Oleh karena itu, powerbank menjadi piranti yang perlu disiapkan kapan pun dibutuhkan, terutama bagi mereka yang tingkat mobilitasnya tinggi. Namun, bagaimana cara memilih powerbank yang tepat dan benar?

Sebelum masuk ke tips cara memilih powerbank yang tepat sebelum membeli, terlebih dahulu kita ketahui dulu apa itu powerbank.

Powerbank adalah perangkat portabel yang digunakan untuk mengisi gadget seperti ponsel, tablet, maupun kamera. Powerbank tersedia dengan baterai dan rangkaian khusus yang dibungkus dalam sebuah wadah.

Ketika powerbank dicolokkan ke listrik, maka daya atau energi akan tersimpan di dalamnya. Daya listrik yang tersimpan ini digunakan untuk mengisi gadget kapan pun dibutuhkan. Jadi, intinya adalah bahwa powerbank berfungsi untuk menyimpan energi dan selanjutnya digunakan untuk mengisi gadget.

Sebelum Anda memutuskan membeli powerbank, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal sebelum Anda kecewa. Berikut tips cara memilih powerbank yang tepat:

1. Kapasitas

Ketika berbicara kapasitas, sebaiknya pilih kapasitas yang lebih tinggi. Semakin besar kapasitasnya, semakin bergunalah powerbank tersebut. Kapasitas powerbank dan baterai smartphone diukur dalam mAh (milli Amper hour). Misalkan kapasitas baterai smartphone Anda 2500 mAh dan powerbank yang akan Anda beli kapasitas pengisiannya 2500 mAh. Meskipun diisi penuh, powerbank tersebut tidak akan mampu mengisi penuh baterai smartphone Anda. Ini karena adanya resistensi rangkaian dan konversi voltase. Dari 2500 mAh di powerbank Anda, total daya yang dapat digunakan sekitar 2000 mAh.

2. Portabilitas

Portabilitas adalah faktor lain ketika Anda hendak membeli powerbank. Sebaiknya pilihlah powerbank yang ringan dan mudah dibawa atau yang disebut juga portabilitas. Jika Anda membeli powerbank dengan kapasitas yang besar, sangat mungkin powerbank Anda pun akan lebih berat.

3. Kualitas

Memilih powerbank yang tepat juga berkaitan dengan kualitas. Spesifikasi bagus namun kualitas buruk juga akan berakhir sia-sia. Kualitas di sini berarti bahan yang digunakan untuk menutup rangkaian powerbank Anda dan juga desain rangkaiannya. Kualitas berarti tentang proteksi rangkaian.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa beberapa powerbank meledak? Ya, ada powerbank yang fokus pada kualitas yang murah, yang hanya fokus pada kapasitasnya tetapi tidak pada kualitas bahan dan faktor lain seperti proteksi terhadap suhu, proteksi dari korsleting arus pendek, proteksi over voltase, proteksi dari pemasangan yang tidak tepat, dan output yang melebih arus. Sebuah powerbank seharusnya mempunya kapasitas yang bagus, portabilitas, dan juga kualitas yang bagus.

4. Merk

Memiliki semua spesifikasi kunci seperti kapasitas yang bagus, portabilitas, dan juga kualitas itu belum cukup. Karena yang bermerk seperti FCC, CE, Sony, ASUS, Xioami, dan lain-lain juga penting. Hal penting lain dari Merk adalah bahwa Anda akan mendapatkan jaminan atas produk tersebut. Mereka memberikan layanan dan dukungan pelanggan, sementara sebagian yang lain adalah penjual “palsu” yang mengabaikan garansi. Sebagai contoh Sony misalnya, meskipun pendatang baru di dunia powerbank, mereka memberikan garansi one-to-one replacement jika terjadi kerusakan karena kondisi pabrik.

5. Harga

Anda telah mempertimbangkan empat faktor penting di atas kemudian Anda hendak membelinya? Tunggu dulu. Jika uang tidak masalah bagi Anda untuk mendapatkan produk high-end dengan spesifikasi tinggi, silahkan beli. Namun, kita seringkali memiliki anggaran yang berbeda. Pertimbangkan harga terlebih dahulu sebelum Anda membeli, jika harga menjadi salah satu pertimbangan.

Semua faktor penting dia tas perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih powerbank yang tepat untuk dibeli. Selain itu, beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah desain yang simpel, indikator LED yang menunjukkan persentase pengisian, jumlah output USB, dan sebagianya. Namun kembali lagi, memilih powerbank yang tepat bagi Anda bisa saja berbeda bagi yang lain. Pilihan ada di tangan Anda.

Ilustrasi: www.aliexpress.com

Tinggalkan Komentar