Cara Meningkatkan Kecepatan Windows 10 Tanpa Penambahan Hardware Baru

by Lintang Sunu 2,379 views0

mempercepat windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang meskipun sudah melalui banyak pengujian internal maupun eksternal (dari pengguna) sebelum resmi rilis, namun bug maupun latency, juga incompatibility masih terus coba diatasi dan ditingkatkan agar menghasilkan performance prima. Kendati demikian, sebagian pengguna sistem operasi ini menganggap bahwa Windows 10 lebih praktis dan user friendly dibandingkan versi sebelumnya, Windows 8.1.

Jika Anda baru menggunakan Windows 10, baik upgrade maupun baru, mungkin terasa “lambat” dibandingkan OS Windows versi sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir dan bergegas mengganti atau menambah hardware baru. Berikut tips dari PCWorld, 3 cara meningkatkan kecepatan Windows 10 tanpa harus menambah hardware baru.

1. Hapus semua autostarter yang tidak dibutuhkan

Di Windows 10, Anda mungkin akan terkejut ketika menemukan betapa banyaknya program yang load otomatis setiap kali Anda melakukan booting. Setiap program yang di-load itu jelas memperlambat proses booting komputer Anda, dan sebagian yang lain bisa saja terus memperlambat kinerja Windows setelah booting.

Untuk mengetahui seberapa buruk pengaruhnya terhadap kinerja dan proses booting, klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Klik tab Startup. Jika Anda tidak melihat satu tab pun di bagian atas jendela, klik More Details di pojok kiri bawah.

Tab Startup akan menunjukkan kepada Anda semua program yang loading otomatis. Ketika Anda mengamati daftar program tersebut, pikirkan program apa saja yang benar-benar Anda butuhkan untuk dijalankan sepanjang waktu. Program antivirus Anda salah satunya, sehingga jika program antivirus loading otomatis itu memang sudah benar. Abaikan. Namun beberapa program, bahkan program yang baik sekalipun, tidak benar-benar Anda butuhkan jalan sepanjang waktu. Untuk menghentikannya, klik kanan entry-nya di tab Startup dan pilih Disable.

Task Manager Windows 10  Courtesy: PC World
Task Manager Windows 10
Courtesy: PC World

Jika Anda tidak mengenali nama dari salah satu program yang loading otomatis misalnya, klik kanan program tersebut dan pilih Search Online. Itu akan membantu Anda menemukan informasi tentang program yang loading otomatis tersebut.

2. Ubah pengaturan daya baterai

Windows mungkin berasumsi bahwa Anda memilih komputer yang hemat energi dibandingkan kecepatan, khususnya jika Anda menggunakan laptop. Memang ada beberapa alasan yang bagus untuk menjalankan komputer Anda dengan modus hemat energi, tetapi tidak ketika kinerja PC Anda lambat yang akan membuat Anda setres.

Klik kanan tombol Start dan di menu yang muncul, pilih Power Options.

Di jendela Control Panel, tarik ke bawah lihat opsi Show additional Plans.

Power Setting Windows 10 Courtesy: PC World
Power Setting Windows 10
Courtesy: PC World

Kemudian pilih High Performance.

Courtesy: PC World
Courtesy: PC World

3. Hilangkan animasi yang aneh-aneh

Ada banyak kode dalam Windows yang membuat tampilan Windows 10 terlihat indah. Jika PC Anda kurang bertenaga, Anda mungkin menginginkan untuk melewatkan keindahan itu dan lebih fokus pada kecepatan.

Klik kanan Start, kemudian pilih System. Di jendela Control Panel bagian kiri, pilih Advanced system settings.

System Properties Windows 10 Courtesy: PC World
System Properties Windows 10
Courtesy: PC World

Ini akan membawa ke kotak dialog System Properties. Klik tab Advanced, kemudian tombol Settings di kotak Performance. Pilih pertama dari tiga tombol Setting di tab ini.

Selanjutnya klik tersebut akan membawa Anda ke kotak dialog lainnya. Pilih Adjust untuk mendapatkan kinerja terbaik.

Performance Setting Windows 10 Courtesy: PC World
Performance Setting Windows 10
Courtesy: PC World

Semoga membantu.

Sumber: PC World.

Ilustrasi: blog.windows.com

Tinggalkan Komentar