Dalam 1 Jam Drone Penyemprot Ini Mampu Menyelesaikan 10 Hektar Lahan

by Lintang Sunu 3,386 views0

Sektor pertanian semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai alat bantu pertanian seperti traktor. Dan kini satu lompatan besar dalam bidang teknologi pertanian akan semakin mempermudah usaha pertanian. Drone DJI, sebuah pesawat drone yang mampu menyemprot lahan seluas 10 hektar hanya dalam waktu 1 jam saja.

Drone penyemprot tanaman ini bernama DJI Agras MG-1, yang memang dirancang untuk menyemprot tanaman. Kemampuan drone ini diklaim oleh pabrikannya 40 kali kali lipat dibandingkan penyemprotan manual. Drone penyemprot ini mampu membawa 10 kilogram cairan yang bisa menyemprot lahan seluas 7-10 hektar dalam satu jam. Kecepatan maksimal terbang drone ini adalah 8 meter per detik. Selain itu, drone ini juga dapat menyesuaikan intensitas penyemprotan untuk memastikan semprotannya rata.

Pesawat penyemprot tanpa awak ini anti debu, anti air, dan terbuat dari bahan-bahan anti karat. Empat nosel terbuat dari keramik dan bisa diganti, masing-masing ditenagai oleh motor yang terpisah. Drone ini bisa dilipat agar mudah disimpan dan dibawa.

Drone Penyemprot Agras MG-1
Drone Penyemprot Agras MG-1

Pengguna bisa menontrol drone penyemprot ini secara manual dengan remote control atau bisa juga membiarkan drone berjalan sendiri. Jika drone berjalan sendiri, drone penyemprot DJI Agras MG-1 memindai lahan di bawahnya secara real time, yang otomatis mempertahankan ketinggian dan jaraknya dari tanaman yang disemprotnya.

Salah satu fitur yang paling mengesankan dari drone DJI MG-1 ini adalah sistem memori intelijen yang dimilikinya. Ketika drone penyemprot dibawa kembali ke tempat pengisian ulang atau diisi ulang baterainya, drone akan kembali ke posisinya yang terakhir dengan memori yang dimilikinya itu dan kembali melanjutnya penyemprotan.

Pabrikan drone penyemprot ini, DJI  (Da-Jiang Innovations Science and Technology) mengatakan bahwa pasar pertama yang akan dilirik adalah Cina dan Korea, kemudian menyusul pasar-pasar lain di seluruh dunia. Dan dengan kecanggihan teknologi dan fungsionalitasnya ini, drone penyemprot DJI Agras MG-1 akan dibanderol dengan harga kisaran $15.000 atau sekitar 200 juta rupiah.

Dengan harga sekitar 200 juta rupiah, layakkah untuk dibeli? Yang pasti akan memudahkan Anda sebagai pemilik lahan, atau petani, atau bahkan pemilik drone yang dapat disewakan.

Sumber: engineering.com

Video: Youtube

Tinggalkan Komentar