Di Ajang CES 2016, Samsung dan LG Fokus Pada Konten Smart TV

by Lintang Sunu 350 views0

Samsung dan LG, dua pabrikan elektronik besar dunia asal Korea Selatan, akan mengalihkan perhatian mereka pada konten smart TV di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 yang dijadwalkan tanggal 6 sampai 9 Januari 2016 di Las Vegas. Tidak seperti event sebelumnya, kedua perusahaan elektronik ini fokus untuk memamerkan piranti keras Smart TV produk mereka, termasuk ukuran layar dan resolusi, di CES 2016 ini Samsung dan LG sepertinya sangat mungkin untuk mengurangi promosi piranti keras, namun lebih menonjolkan konten smart TV mereka.

Upaya baru ini datang karena kurangnya konten hiburan pada smart TV jika dibandingkan dengan smartphone, yang dianggap sebagai alasan utama untuk mengapa konsumen kurang minat ke smart TV dibandingkan smartphone.

Baru-baru, kedua manufaktur membocorkan fitur baru yang akan mereka bawa di event CES 2016 nanti. LG mengumumkan bahwa mereka akan memamerkan versi upgrade dari sistem operasi Smart TV-nya, menjadi Web OS 3.0. Web terbaru ini, yang sebelumnya adalah versi 2.0, yang dirilis tahun 2014 lalu, akan mentenagai LG smart TV yang akan dirilis tahun depan. Salah satu fitur paling menonjol dari Web OS 3.0 adalah fungsi Majic Zoom yang mengizinkan penggunanya untuk memperbesar tampilan layar hingga 5 kali.

LG Smart TV Courtesy: www.engadget.com
LG Smart TV
Courtesy: www.engadget.com

“Kami akan menyajikan pengalaman pengguna yang belum pernah ada sebelumnya dengan OS baru kami, yang menawarkan peningkatan kenyamanan, agar kami menjadi pemimpin pasar smart TV,” kata Kwon Bong-suk, kepala Divisi Bisnis Home Entertainment, LG Electronics kepada Korean Times.

Sementara, rival terberat LG -Samsung – juga telah mengumumkan konten smart TV mereka bahwa mereka merencanakan untuk menunjukkan enam game yang diperuntukkan bagi smart TV mereka di pameran CES 2016 mendatang. Pabrikan ini akan mendemonstrasikan game-game tersebut termasuk game balap Asphalt 8. Samsung juga akan bekerjasama dengan Sony untuk melaunching lebih banyak game streaming menggunakan platform PlayStation Now untuk Samsung Smart TV terbaru.

Samsung Smart TV Courtesy: www.samsung.com
Samsung Smart TV
Courtesy: www.samsung.com

“Kami juga berencana untuk memperkenalkan platfrom game PS Now dalam waktu dekat ketika ada permintaan yang cukup untuk video game,” kata salah seorang pejabat Samsung. Ia menambahkan bahwa para pengguna bisa menikmati sebanyak 400 streaming game tahun depan.

Kim Young-chan, Wakil Presiden Unit Bisnis Visual Display Samsung mengatakan, “Untuk memenuhi permintaan TV sebagai perangkat hiburan yang terus bertumbuh, Samsung Electronics akan meningkatkan kemitraan dengan perusahaan-perusahaan game dan menawarkan layanan game yang lebih beragam ke pasar.”

Dengan konten smart TV ini, Samsung dan LG sama-sama akan bersaing ketat di pasar smart TV dunia. Konten smart TV diprediksi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para user untuk lebih melirik smart TV setelah smartphone tentunya.

Ilustrasi gambar: www.digitalalmagazine.com

Tinggalkan Komentar