Diburu 250.000 Orang, Ini Dia Spesifikasi Nokia 6

by Anthony Hermanto 89 views0

featured

Nokia kini muncul kembali sebagai Nokia 6, sebuah smartphone yang dinaungi perusahaan Finlandia bernama HMD Global setelah beberapa waktu mati suri. Diumumkan pada hari terakhir acara CES 2017, smartphone ini akan dibekali dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu android Nougat 7.0. Smartphone ini juga akan memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan para kompetitornya.

Nokia 6, Smartphone Dengan Desain Premium

Sebagai smartphone yang dilabeli premium oleh HMD, tampilan dan tubuhnya dibuat secara khusus. Tersusun dari 6000 logam alumunium yang mengalami proses anodizing terpisah sebanyak dua kali, Nokia 6 hadir dengan bentuk melengkung pada bagian ujung dengan tampilan yang elegan nan mewah. Adapun untuk berat dan ukurannya, smartphone ini memiliki berat 169 g dengan ukuran 154 x 75.8 x 8.4 mm.

Hardware dan Performa

Meskipun dilabeli sebagai smartphone premium, Nokia 6 memiliki spesifikasi yang diperuntukkan kepada pengguna mid-end. Pasalnya, meski smartphone ini dibekali dengan prosesor Octa-core, Nokia 6 hanya memiliki chipset Snapdragon 430. Tentu kalah jika dibandingkan dengan smartphone – smartphone high-end terbaru yang dibekali chipset Snapdragon 821 seperti Zenfone AR dan Google Pixel.

Display smartphon ini menggunakan layar jenis IPS LCD capacitive touchscreen dengan ukuran 5.5 inch dan telah dibekali Corning Gorilla Glass sebagai pelindung. Meski belum memiliki layar AMOLED, Nokia 6 memiliki resolusi 1080 x 1920 pixel sehingga cukup jernih jika digunakan untuk menonton video berkualitas HD.

Agar tidak kalah bersaing dengan kompetitornya, Nokia membenamkan kamera belakang yang cukup besar, yaitu 16 MP. Adapun kamera tersebut akan dilengkapi aperatur f/2.0, fitur phase detection autofocus, dan lampu dual-LED. Kamera tersebut juga mendukung perekaman video 1080p pada kecepatan frame 30. Untuk kamera belakangnya memiliki ukuran diatas smartphone mid-end pada umumnya, yaitu 8 MP sehingga akan jernih jika digunakan untuk selfie dan video call.

Menjawab kebutuhan akan memori untuk penyimpanan media dan aplikasi, HMD Global membenamkan memori internal sebesar 64 GB dan RAM 4GB. Ukuran memori internal tersebut dapat ditambah melalui microSD sebagai media eksternal dengan dukungan kapasitas maksimal sebesar 128 GB.

Untuk fitur tambahan terdapat gyroscope, proximity sensor, acceleratometer, dan fingerprint untuk keamanan. Kemungkinan smartphone ini juga akan mendukung AR, mengingat kameranya dibekali fitur phase detection.

Harga dan Ketersediaan Nokia 6

spesifikasi nokia 6
Nokia lahir kembali sebagai Nokia 6 ,smartphone premium buatan HMD yang telah dipesan lebih dari 250.000 orang

Nokia 6 sudah dapat dipesan secara pre-order pada JD.com dengan harga sekitar 3,2 juta. Sebagai produk yang pernah menjadi juara pada masanya, smartphone ini telah diorder lebih dari 250.000 calon pembeli sejak masa pre-order dibuka. Meski demikian HMD hanya mengkhususkan penjualan di negara Cina, dan belum ada kepastian kapan smartphone yang satu ini akan merambah ke negara lain

Spesifikasi Nokia 6

  • Ukuran smartphone 154 x 75.8 x 8.4 mm
  • Berat 169 g
  • Layar 5.5″inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, dengan resolusi 1080 x 1920 pixel
  • Sistem Operasi Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 505
  • Memori internal 64 GB dan 4 GB RAM, eksternal microSD, up to 256 GB
  • Kamera depan 16 MP dengan aperatur f/2.0, phase detection autofocus, dengan dual-LED flash dualtone
  • Kamera belakang 8 MP
  • Mendukung rekam video 1080p
  • Terdapat fingerprint, gyroscope, acceleratometer, dan kompas
  • Baterai non-removeable Li-Ion 3000 mAh

Dilansir dari HMD Global

Tinggalkan Komentar