Drone Paling Aman di Dunia Diluncurkan oleh Kickstarter

by Lintang Sunu 364 views0

CES 2016 di Las Vegas 6-9 Januari 2016 akan diramaikan dengan pameran teknologi paling mutakhir, termasuk drone. Drone atau pesawat tanpa awak yang akan menjadi tren teknologi di masa yang akan datang. Teknologi ini akan menjadi teknologi multiguna bagi manusia, mulai dari hiburan, pemetaan, potret udara, untuk mata-mata (militer), bahkan untuk komersialisasi. Banyak pabrikan drone dunia berlomba-lomba menghasilkan drone terbaik mereka. Namun siapakah produsen drone paling aman di dunia?

Seperti dilaporkan oleh BBC, Fleye, satu proyek drone dari Kickstarter dianggap sebagai drone paling aman di dunia, yang dibuat dalam bentuk mesin terbang berbentuk bulat disertai kamera, tak seperti yang dibayangkan orang pada umumnya bahwa drone itu seperti pesawat quadcopter.

Dengan lempengan “pisau” yang ditutupi oleh plastik di bagian luarnya sehingga nampak seperti bulatan bola, Anda dapat menyentuhnya, mendorong ataupun menariknya tanpa khawatir terluka. Dikabarkan bahwa yang berminat menjadi tester bagi robot terbang ini, Anda cukup bayar dengan US$636 atau setara 8,7 juta rupiah.

Fleye dikendalikan melalui aplikasi iOS atau Android dengan empat mode penerbangan termasuk selfie, penorama, hover, dan manual. Dalam mode selfie, drone ini dapat merekam video full-HD 1080p (30 fps) sembari terbang di dekat Anda. Dalam mode manual, Anda dapat memprogram rute penerbangan dan drone tersebut akan terbang sendiri sesuai rute yang sudah diset tadi. Drone ini juga sangat cerdas untuk bereaksi terhadap rintangan dan menghindarinya dari kemungkinan menabraknya.

Fleye, Drone Teraman di Dunia dari Kickstarter
Fleye, Drone Teraman di Dunia dari Kickstarter

Sebagai drone paling aman di dunia, Fleye dapat meraih prestasi-prestasi ini dengan bersandarkan pada CPU dual-core ARM A9 yang ditenagai oleh Linux dengan RAM sebesar 512 MB. Drone ini juga menonjolkan dua GPU. Edisi developer khusus juga akan tersedia dengan CPU quad-core dan RAM 1 GB seharga $1.060 atau setara 14,5 juta rupiah.

Fleye menawarkan kemampuan terbang selama 10 menit dengan kecepatan maksimal 10 mil per jam karena baterai dengan daya 1500 mAh. Di dalamnya, benda bulat ini menonjolkan akselerometer 3-axis, gyrometer dan magnetometer. Sensor-sensor lain termasuk altimeter berbasis tekanan, GPS, dan sonar yang dapat melacak apapun yang di tanah dengan jarak hingga 10 kaki.

Menurut Kickstarter, bola kamera ini sudah bisa dicoba, namun jika Anda mau menunggu mulai pengapalanannya September tahun depan, harga Fleye bisa mencapai $1270 atau setara 17,4 juta rupiah.

Sumber: Kickstarter

Tinggalkan Komentar