Gaji Magang di Google 77 Juta Rupiah Sebulan; Dapat Ilmu, Dapat Uang – Part 2

by Lintang Sunu 584 views0

Bekerja di Google adalah impian banyak orang. Sebagai perusahaan terbaik di Amerika Serikat dan bahkan mungkin dunia, menurut majalah Fortune, Google memang sangat menjanjikan. Untuk gaji staf magang saja sebulan US$5,678 atau setara 77 juta rupiah, belum bonus dan fasilitas mewah lainnnya.

Namun untuk masuk menjadi staf magang pun saingannya sangat berat. Juga proses yang lama, termasuk interview yang bisa memeras keringat dingin (Baca: Gaji Magang di Google 77 Juta Rupiah Sebulan; Dapat Ilmu, Dapat Uang – Part 1).

Setelah melalui proses interview yang begitu lama, akhirnya sampailah kandidat peserta magang ke Mountain View, California.

Tempat Tinggal, Fasilitas Kamar, dan Pulang Pergi dari Tempat Tinggal ke Kantor, Semua Ditanggung Google

Rasanya berat jika harus magang di sebuah negara yang biaya hidup sangat tinggi tanpa bekal memadai. Namun jika Anda magang di Google, perusahaan ini memberikan solusi untuk tempat tinggal dan logistik Anda. Seperti halnya Shah yang ditempatkan di perumahan korporasi berbayar milik Google di North Park, San Jose bersama dengan teman-teman magangnya.

Shah tinggal bersama tiga orang temannya sesama peserta magang, dua dari Argentina dan satu dari Ukraina. Apartemen yang mereka tinggali merupakan apartemen mewah yang dekat dengan stasiun kereta api sehingga memudahkan akses ke berbagai tempat di Silicon Valley.

Jika Anda diterima sebagai peserta magang, Anda tidak membutuhkan kendaraan apapun untuk bepergian, sebab Google mengirimkan jemputan gratis di seluruh Bay Area, termasuk San Fransisco, San Jose, Palo Alto, dan Berkeley, untuk antar jemput karyawan.

Sementara untuk pindah dari satu kantor ke kantor lain di sekitar Googleplex, tersedia sepeda di kampus Google untuk disewa jangka panjang.

Masa Orientasi Peserta Magang Google Selama Satu Setengah Minggu

Proses orientasi peserta magang berlangsung selama satu setengah minggu. Peserta magang diajari bagaimana data center bekerja, bagaimana perusahaan berfungsi, dan apa saja tujuan Google. Mereka juga berkenalan dengan para staff Google lainnya.

“Hanya dalam satu minggu pertama saja, Anda akan merasa bahwa Anda sudah menjadi karyawan Google selama setahun,” kata Shah. “Anda akan terbiasa dengan perusahaan ini dengan sangat cepat.”

Mendapatkan Gaji

Peserta magang mendapatkan bayaran lebih dari dua kali gaji karyawan purna waktu di Amerika Serikat. Menurut Glassdoor, rata-rata peserta magang Google mendapatkan gaji sebesar $5,678 per bulan atau $68,136 per tahun atau sekitar 933 juta per tahun (hampir satu milyar). Selain itu, peserta magang juga mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk apartemen, transportasi, keanggotan gym dan makan, dan juga uang makan yang besar.

“Aku tidak banyak menghamburkan uangku, kecuali di akhir pekan ketika aku liburan,” kata Shah.

Apa Kegiatan Peserta Magang di Google Setiap Harinya?

Ada banyak kegiatan juga kegiatan pengembangan tim.

Jalan-jalan ke museum, bioskop, hiking, tamasya, juga beberapa trip ke San Fransisco, semua ditangani oleh Google. Shah adalah satu-satunya peserta magang dari tim Android, bahkan pas acara ulang tahunnya yang ke-20 pun dirayakan dengan gala dinner, yang semuanya ditangani oleh Google. Amazing, kata Shah.

Tidak seperti program magang di perusahaan lain, di mana peserta magang paling hanya sebagai pesuruh buat kopi, tukang foto copy, dan kirim faks, peserta magang di Google mengerjakan produk-produk nyata yang akan digunakan oleh masyarakat dunia.

Masing-masing peserta magang ditugasi sebuah proyek dalam kelompoknya. Mereka juga diberi satu mentor yang akan mendiskusikan segala sesuatunya setiap minggu, atau sesuai kebutuhan peserta magang, dan memberikan feedback atas kemajuan yang didapatkan oleh peserta magang.

Proyek yang ditangani Shah termasuk juga mengerjakan kode Gmail lama dan merilis fitur rahasia puncak yang baru. Kenangan paling mengesankan dari magang bagi Shah adalah hari ketika dia membangun fitur Android. Dia mendapatkan begitu banyak feedback dari rekan-rekan kerjanya, dan kemudian yang menghenyakkannya: Pekerjaan yang telah ia lakukan di Google akan memberikan dampak bagi jutaan orang di seluruh dunia.

“Itu adalah kepuasan luar biasa yang saya rasakan,” kenang Shah.

Kitt Vanderwater - Insinyur Software Google, mantan magang di Google+ Courtesy: Youtube.com
Kitt Vanderwater – Insinyur Software Google, mantan magang di Google+
Courtesy: Youtube.com

Salah seorang insinyur software Google saat ini, Kitt Vanderwater, memiliki pengalaman serupa ketika dia magang di departemen Google+.

“Aku punya tanggung jawab besar,” kata Kitt.

“Aku merasa sedikit kerepotan karena aku melakukan semuanya yang belum pernah aku kerjakan sebelumnya. Akulah satu-satunya orang yang mengendalikan semua keputusan yang kami buat, aku harus membuat halaman untuk pencarian keluar, yang merupakan pengalaman pertama yagn belum pernah dilakukan siapapun di Google+ Search sebelumnya. Sehingga, pada dasarnya aku memiliki halaman ini yang mana jutaan orang akan mendarat ketika Pencarian Google+ benar-benar dirilis.”

Baca: Gaji Magang di Google 77 Juta Rupiah Sebulan; Dapat Ilmu Dapat Uang – Part 1

Baca: Gaji Magang di Google 77 Juta Rupiah Sebulan; Dapat Ilmu Dapat Uang – Part 3

Tinggalkan Komentar