Google Memperpanjang Karakter Judul dan Deskripsi, Signifikan bagi SERP

by Lintang Sunu 313 views0

Baru-baru ini Google telah membuat perubahan penting bagi hasil pencarian dari mesin pencarinya dengan cara memperpanjang karakter untuk judul dan deskripsi sebuah artikel. Sebelumnya, judul sebuah artikel yang dianggap bagus oleh Google adalah yang memiliki 50-60 karakter. Namun, perubahan terbaru adalah bahwa sebuah artikel akan lebih mendapatkan prioritas di SERP jika memiliki karakter antara 60-70 karakter.

Perubahan karakter judul artikel pengaruh pada SERP Google
Perubahan karakter judul artikel pengaruh pada SERP Google

Sementara untuk deskripsi meta telah ditingkatkan dengan 100 karakter per baris dan diperpanjang dari dua menjadi tiga baris. Itu merupakan peningkatan yang signifikan, dan menyajikan peluang jauh lebih besar untuk memberitahu pencari tentang halaman tersebut.

Sampai saat ini, Google juga masih menyingkat deskripsi ke dua baris bagi banyak pencarian, sehingga Anda mungkin masih melihat hasil pencarian itu muncul dengan 160 karakter. Ketika snippet tiga baris ditampilkan, maka deskripsi itu berarti memiliki 278 karakter per baris.

Perlu diingat bahwa ini bisa menjadi pengujian yang bisa saja diubah oleh Google sewaktu-waktu. Jadi, rasanya tepat jika tidak mendasarkan upaya-upaya SEO Anda ke angka-angka ini hingga diketahui secara pasti bahwa pengujian itu menjadi sebuah perubahan permanen.

Dikutip dari The SEM Post, Google juga telah mengubah lebar kolom pencarian utama. Kolom pencarian untuk hasil pencarian organik diubah dari 500 piksel menjadi 600 piksel. Jumlah ruang putih antara hasil pencarian dan fitur di sebelah kanan telah diturunkan sebesar 5 piksel, dari 65 piksel menjadi 60 piksel saja.

Perubahan lebar kolom pencarian dari 65 piksel menjadi 60 piksel
Perubahan lebar kolom pencarian dari 65 piksel menjadi 60 piksel

Ini berarti bahwa dengan perubahan lebar kolom pencarian sesungguhnya bisa membuat hasil pencarian lebih tinggi pada halaman tersebut. Banyak dari fitur yang ada dalam kolom hasil pencarian utama dikurangi tingginya, yang berarti bahwa sebagian hasil pencarian organik, bergantung pada search query, yang bisa ditingkatkan di halaman itu.

Sumber: Search Engine Journal

 

Tinggalkan Komentar