Hanya Windows 10 yang Akan Didukung Komputer Masa Depan

by Lintang Sunu 571 views0

Microsoft dan mitra industrinya mulai mengambil langkah-langkah signifikan untuk memastikan agar para pengguna segera mengupgrade ke Windows 10. Semua prosesor masa depan yang dibangun oleh Intel, AMD, Qualcomm, dan yang lainnya, hanya akan mendukung Windows 10, seperti  yang dikonfirmasi oleh Microsoft dalam satu postingan blognya baru-baru ini.

Ini berarti bahwa jika Anda membeli sebuah PC dengan chip yang terupgrade, Kaby Lake dari Intel, 8996 dari Qualcomm, dan Bristol Ridge dari AMD, hanya akan jalan di Windows 10, dan Anda tidak bisa menjalankan Windows 7 maupun Windows 8.1 dengan prosesor-prosesor itu.

“Di masa yang akan datang, ketika generasi silikon baru diperkenalkan, prosesor-prosesor terbaru akan membutuhkan platform Windows terbaru yang ada pada saat itu yang didukungnya,” tulis wakil presiden eksekutif Microsoft Windows and Device Group, Terry Myerson. “Kondisi ini memudahkan kami untuk fokus pada intergrasi mendalam antara Windows dan silikon itu, sembari mempertahankan reliabilitas dan kompatibilitas maksimal dengan generasi platform dan silikon sebelumnya.”

Jika Anda memiliki sebuah PC yang menjalankan chip Skylake dari Intel, Micrososft juga menginginkan Anda untuk mengupgrade ke Windows 10 segera. Jika hal itu tidak memungkinkan, yang mungkin saja atasan Anda tidak cukup siap untuk mengupgrade kantornya, Microsoft mengatakan bahwa Microsoft akan “mengirimkan daftar perangkat Skylake yang baru” yang akan mendukung Windows 7 dan Windows 8.1, tetapi hanya sampai 17 Juli 2017.

Jika kita sampai pada tanggal itu, “Pembaruan keamanan pada Windows 7 dan Windows 8.1 yang paling penting akan diarahkan pada konfigurasi ini, dan akan diarahkan jika updatenya tidak berisiko terhadap reliabilitas dan kompatibilitas platform Windows 7/8.1 pada perangkat lainnya.”

Meenurut PC World, daftar PC dengan prosesor Skylake yang didukung di antaranya: Dell Latitude 12, Dell Latitude 13 7000 Ultrabook, Dell XPS 13, HP EliteBook Folio, HP EliteBook 1040 G3, Lenovo ThinkPad T460, Lenovo ThinkPad X1 Carbon, dan Lenovo ThinkPad P70.

Laptop yang mendukung prosesor Skylane saat ini Courtesy: www.review.gizmodo.com
Laptop yang mendukung prosesor Skylane saat ini
Courtesy: www.review.gizmodo.com

“Pendekatan ini memastikan pelanggan dapat mengupgrade ke perangkat yang baru yang akan disukai oleh atasan sembari menyiapkan upgrade ke Windows 10,” imbuh Meyrson.

Menurut pihak Microsoft, secara keseluruhan dukungan  untuk Windows 7 akan berjalan hingga 14 Januari 2020 pada silikon generasi sebelumnya. Windows 8.1 akan mendapatkan dukungan serupa hingga 10 Januari 2013.

Namun Windows 7 dirancang hampir 10 tahun lalu sebelum soket x86/x64 ada. Menjalankan sistem operasi pada PC terbaru membutuhkan “driver dan firmware perangkat untuk mengemulasi harapan-harapan Windows 7 dari pemrosesan gangguan, bus suport, dan power state, yang berbentur dengan masalah Wi-Fi, grafis, keamanan, dan banyak lagi lainnya.”

Gagasan ini adalah satu hal yang penting bagi para mitra vendor PC Microsoft. Para pabrikan PC saat ini perlu menjamin bahwa komputer mereka berjalan pada versi Windows yang ada saat ini. Memang, pelanggan masih bisa memilih apakah akan menggunakan Windows 10 atau menggunakan “hak cipta yang lebih rendah” untuk Windows 8.1. Dengan membuat perubahan ini, para pabrikan PC hanya perlu khawatir akan dukungan Windows 10.

Di sisi lain, Microsoft teruntungkan. Namun, perusahaan ini akan menjamin bahwa di masa yang akan datang Windows 10 akan cerah, karena semua pembuat PC akan mengapalkan produk-produk yang hanya berjalan pada platform tersebut. Ini merupakan satu komponen penting bagi Microsoft karena Microsoft berusaha untuk mencapai 1 milyar perangkat yang menggunakan Windows 10 di seluruh dunia. Hingga saat ini, Microsoft telah mencapai 200 juta perangkat yang menjalankan Windows 10 di seluruh dunia.

Sumber: PC World.

Ilustrasi: theverge.com

Tinggalkan Komentar