Hati-Hati, Ini Bahayanya Menggunakan Software Bajakan

by Lintang Sunu 189 views0

Seperti produk pada umumnya, setiap software dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan tertentu. Mereka juga memiliki hak cipta atas produknya tersebut. Untuk menggunakan software ini, setiap pengguna wajib membayar sejumlah uang agar mendapatkan izin pakai dan dianggap legal.

Meskipun umumnya software original sudah dilindungi dengan pengaman, nyatanya masih banyak saja hacker yang bisa membobol software dan menyebar luaskannya ke internet. Akibatnya banyak orang yang mendownload dan menggunakan versi ilegal tersebut karena gratis.

Walau pun gratis, software ilegal atau bajakan memiliki banyak kekurangan dibandingkan versi originalnya. Menggunakan software bajakan memiliki banyak resiko bahaya yang perlu diwaspadai. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan berbagai potensi bahaya akibat menggunakan software bajakan ini. Simak selengkapnya di bawah ini.

7 Bahaya Menggunakan Software Bajakan

1. Sarang virus dan malware

Tidak seperti software original, software bajakan tidak memiliki sistem keamanan untuk melindunginya. Tidak ada jaminan software bajakan bebas dari virus. Link download software bajakan yang tersedia di internet bisa menjadi sarana bagi para hacker untuk menyelipkan virusnya agar sampai ke komputer anda.

Umumnya software bajakan yang sering dihinggapi virus adalah software yang populer serta banyak dicari. Seperti software editing, dan game-game keluaran terbaru.

2. Tidak bisa diperbarui

Setiap developer pasti akan mengadakan update berkala terhadap softwarenya untuk memberi fitur baru atau sekedar memperbaiki bug. Update ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna software originalnya dan tidak akan sampai ke pengguna versi bajakan karena software mereka tidak memiliki akses server langsung dengan developer pusat.

3. Terdapat cacat atau crash

Meskipun terlihat sama persis, software bajakan umumnya memiliki banyak cacat dan crash di bagian-bagian tertentu. Contohnya seperti game, game ori memiliki fitur-fitur yang hanya bisa dimainkan pada versi originalnya, seperti bermain online dan lain-lain. Sedangkan game bajakan tidak akan bisa bermain online dan biasanya terdapat crash dimana-mana.

4. Tidak bisa dihapus

Jika anda menggunakan software dan suatu hari sudah tidak membutuhkannya, sudah pasti anda akan menghapus atau menguninstallnya agar tidak memenuhi memori. Sayangnya jika anda menggunakan software bajakan, anda tidak akan bisa menghapusnya secara permanen dari komputer anda.

Ini dikarenakan software tersebut memiliki virus atau malware yang bersarang di dalamnya. Kalau pun bisa dihapus, biasanya file-file direktori masih ada yang tertinggal di disk tempat anda menginstall sehingga akan memenuhi Hardisk.

5. Tidak aman

Menggunakan software bajakan sudah pasti tidak memiliki keamanan yang memadai. Selain tidak aman dari virus, anda juga tidak bisa melakukan komplain kepada developer jika sewaktu-waktu software tersebut merugikan anda. Tidak hanya itu, di beberapa negara bahkan ada yang mengancam para pengguna software bajakan dengan hukuman pidana.

6. Menghilangkan data

Virus yang dibawa oleh software bajakan bisa sangat membahayakan. Selain bisa merusak sistem komputer, virus ini juga sering menghapus atau merusak data yang tersimpan dalam hardisk anda. Hal ini tentu akan sangat merugikan apalagi jika data tersebut sangat penting.

7. Komputer anda diawasi dari jauh

Meskipun resiko ini tidak selalu terjadi, namun anda harus tetap waspada. Ada beberapa virus yang dirancang untuk mengendalikan atau mengawasi komputer terinfeksi dari jarak jauh. Akibatnya data-data pribadi di dalam komputer tersebut bisa diambil dan tentunya hal ini bisa membahayakan penggunanya.

Demikian 7 bahaya menggunakan software bajakan. Untuk menghindari resiko bahaya tersebut, sebaiknya gunakan software originalnya saja. Apresiasi kerja developer dengan memberikan mereka reward berupa bayaran yang memang pantas mereka dapatkan.

Tinggalkan Komentar