HTTP dan HTTPS, Pengertian serta Perbedaannya

by Lintang Sunu 121 views0

Ketika sedang browsing, Anda mungkin memperhatikan pada halaman address bar, ada website yang menggunakan HTTP pada awal alamat web, namun juga ada yang menggunakan awalan  HTTPS. Lalu apakah ada perbedaan dari keduanya? Berikut akan kami bahas apa saja perbedaan dari HTTP dan HTTPS. Namun sebelum itu, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari HTTP dan HTTPS tersebut.

Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol jaringan application layer yang mengatur sistem informasi antara client dengan server. Kemudian HTTP digunakan untuk pengambilan sumber daya yang berhubungan dengan hypertext dan untuk bisa mengaksesnya, kemudian membentuk aturan yang disebut world wide web atau www.

Cara kerja HTTP adalah ketika client melakukan request untuk mengakses sebuah alamat web, kemudian server meresponnya dengan mengolah permintaan tersebut sesuai dengan kode protokol yang diminta client.

Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah bentuk lain dari HTTP namun memiliki tambahan sistem keamanannya. Sehingga bisa dikatakan bahwa HTTPS adalah versi keamanan dari HTTP. Yang melakukan pengembangan terhadap HTTPS adalah Netscape Communication Corporation.

Sebenarnya kedua protokol tersebut didesain untuk dapat memberikan perlindungan dari eavesdroppers dan man in the middle attacks, tapi masih lebih aman HTTPS dibandingkan HTTP.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

1. Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara kerja HTTPS tidaklah terpisah dari HTTP, namun masih tetap mengacu pada HTTP melalui socket layer yang telah terenkripsi oleh SSL dan TLS sehingga HTTPS mampu menjamin perlindungan data client dengan sangat aman.

Karena HTTPS menggunakan layer enkripsi SSL, maka si penerima diwajibkan memasukkan kunci public yang sama dengan server web yang dikirimi pesan. Kunci public tersebut didapatkan dari sertifikat resmi dan sertifikat tersebut bisa dibuat dengan alat seperti Open SSL atau penyedia SSL.

Sertifikat tersebut harus ditandatangi oleh pihak yang mempunyai otoritas untuk menyatakan bahwa pemegang sertifikat SSL tersebut adalah pihak yang terpercaya. Apabila ada perbedaan antara sertifikat SSL dengan yang asli pada web browser, maka protokol HTTPS akan meresponnya dengan menolak pesan tersebut agar tidak diteruskan ke dalam server.

Pada koneksi HTTPS, server akan merespon koneksi yang pertama dengan menawarkan kepada client mengenai metode enkripsi yang disediakan. Lalu client merespon dengan memilih metode koneksi tersebut. Kemudian antara client dan server yang memiliki sertifikat tersebut melakukan pertukaran untuk bisa otentikasi identitas. Setelah itu, kedua pihak saling bertukar informasi yang terenkripsi dan memastikan bahwa keduanya memiliki sertifikat kunci public yang sama, maka koneksi bisa berhasil.

2. Port Default Berbeda

Port default untuk protokol HTTP adalah 80, sedangkan HTTPS adalah 443. Perbedaan port tersebut dipengaruhi oleh lapisan enkripsi yang ada pada HTTPS yaitu SSL dan TLS. Kedua lapisan tersebut membuat catatan data berisikan sandi-sandi yang kemudian saling ditukarkan.

3. Keamanan Data

Antara HTTP dan HTTPS, yang mampu menjamin keamanan data yang dikirim adalah protokol HTTPS. Buktinya adalah Anda dapat memperhatikan seperti website-website vital seperti internet banking, website toko online, dan website pemerintahan pasti menggunakan protocol HTTPS. Hal tersebut dikarenakan pada protokol HTTPS dapat melakukan 3 aspek penting seperti autentikasi pada server, kerahasiaan data, dan integritas data. Dan HTTPS pun mampu menjaminnya sendiri.

4. Perbedaan Kebutuhan akan SSL (Secure Socket Layer)

Agar bisa menggunakan protokol HTTPS, Anda diharuskan untuk memiliki sertifikat SSL sebagaimana yang dijelaskan pada poin 1. Sertifikat SSL tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan keamanan data yang Anda inginkan. SSL adalah sebuah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk enkripsi pada data yang ingin ditransmisikan antara server dan client.

Itulah 4 perbedaan antara protokol HTTP dan HTTPS yang telah kami sajikan kepada Anda.

Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Komentar