Inilah 5 Keunggulan Printer Laser Dibanding Printer Inkjet

by Lintang Sunu 112 views0

kelebihan-printer-laser-dibanding-printer-inkjet

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat cepat, begitupun perkembangan teknologi dalam dunia percetakan. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan perangkat bernama printer laser. Printer Laser tidak menggunakan isian tinta yang disemprotkan ke kertas. Dibandingkan dengan printer inkjet, laser lebih unggul dalam berbagai hal. Namun setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dari tiap individu. Kebanyakan orang memang beralasan membeli printer Laser karena biaya operasional pencetakan yang sangat ekonomis.

Banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh perusahaan pengembang teknologi dengan mengembangkan teknologi printer secanggih-canggihnya. Ada empat jenis printer yang mungkin sering kita temui, baik dirumah,sekolah, kampus maupun kantor. Jenis-jenis printer tersebut yaitu printer dot-matrix, printer laser, printer ink-jet, thermal printer. Namun diantara keempat jenis printer tersebut, umumnya yang sering digunakan yaitu printer jenis laser dan printer jenis inkjet. Sehingga kali ini kami bermaksud mengulas beberapa keunggulan yang dimiliki printer laser dari pada printer inkjet.

Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet

1. Printer laser bisa didiamkan dalam waktu lama

Printer laser dapat disimpan dalam waktu yang lama, saat digunakan lagi maka hasil cetakannya akan tetap bagus sama seperti sebelumnya karena toner printer Laser itu pada dasarnya memang kering. Toner merupakan campuran karbon dan polymer berbentuk bubuk yang sangat halus yang digunakan sebagai pengganti tinta printer yang cair.

2. Kecepatan mencetak printer laser mencapai sekitar 20 – 25 ppm

Dengan uang sebesar harga 0.8 – 2 jutaan anda akan memperoleh printer laser yang dapat mencetak sekitar 20 – 25 per menit. Dibandingkan dengan printer inkjet hanya memiliki kecepatan 16/12 ppm, dengan harga kurang lebih 400ribuan. Printer laser dengan harga 3 juta ke atas memiliki kecepatan sekitar 30 ke atas sampai sekitar 60 ppm.

3. Fitur yang menarik

Tak usah diragukan lagi, pada dasarnya fitur printer laser jet lebih bagus dari printer inkjet serta di bagian memory dan prosessor, printer laser mempunya kemampuan lebih tinggi dari printer inkjet, dengan kemampuan itu membuat printer laser jarang sekali terjadi masalah.

4. Biaya Operasional yang lebih rendah

Walaupun dalam biaya beli lebih mahal namun dalam biaya operasional yang meliputi biaya perawatan dan penggantian cartridge, printer laser lebih murah dibanding printer inkjet, karena printer laser penggantian cartridge relatif lebih lama dibandingkan printer inkjet yang harus sering dilakukan pengisian ulang.

5. Kualitas Cetak

Untuk hasil cetakan printer baik berwarna maupun hitam putih printerlaser juga lebih unggul dibandingkan dengan printer inkjet walaupun dalam komposisi warna yang dihasilkan printer laser tidak sebagus printer inkjet.

Namun untuk pilihan mana yang lebih baik penggunaannya tergantung dari kebutuhan dan dana yang dimiiki masing-masing individu. Jika anda memiliki dana lebih untuk membeli printer laser maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan printer laser.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, printer inkjet lebih cocok digunakan untuk kebutuhan rumahan, dan untuk printer laserjet lebih cocok digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Jika kebutuhan pencetakan seperti mencetak dokumen hitam-putih dengan sedikit keperluan mencetak foto atau gambar, maka mungkin anda perlu menggunakan printer Laser /LED yang merupakan pilihan terbaik. Printer Laser juga akan bertahan lebih lama, dan juga mencetak jauh lebih cepat, serta biaya cetak per lembarnya kalau dihitung jauh lebih hemat.

Tinggalkan Komentar