Intel Akan Mengapalkan Workstation yang Dipersenjatai Xeon-Phi tahun 2016

by Lintang Sunu 380 views0

Raja prosesor dunia, Intel telah mengumumkan bahwa mereka akan segera mengapalkan piranti keras terbaru mereka, Xeon Phi, yang diberi nama kode Knights Landing di 2016 mendatang. Prosesor ini dibangun menggunakan teknologi prosesing 14 nanometer, dengan inti CPU yang berasal dari 72 Silvermonth. Meskipun desainnya berasal dari Atom, namun ada beberapa perbedaan antara core-core ini dengan chip yang digunakan intel di perangkat lunak user. Ketika Atom biasa tidak mendukung Hyper-Threading pada sisi konsumen, namun Knights Landing mendukung empat threads per core. Knights Landing juga mendukung ekstensi AVX-512.

Intel Xeon Phi
Intel Xeon Phi Processor Courtesy: www.clusterdesign.org

Xeon Phi yang baru akan berjalan pada kecepatan 1.3 GHz dan dipecah ke dalam beberapa tile. Ada dua inti (delapan threads) per tile dengan dua VPU (Vector Processing Units, atau AVX-512 unit). Masih-masing tile memiliki 1 MB L2 cache (total 36 MB cache). Tidak seperti halnya Xeon Phi generasi pertama, Knights Landing benar-benar dapat menjalankan OS dan kinerja luar biasa yang dianggap jauh lebih canggih dibandingkan dengan chip yang berasal dari P54C yang mentenagai Knights Ferry. Chip ini terdiri atas 10 memory controller, dua untuk DDR4 (total ada 6 saluran), dan delapan MCDRAM controller untuk memorY on chip sebesar 16 GB dan enam DR4-2400 (hingga 386 GB).

Modus Memori

Akses memori dapat dipetakan dengan beberapa cara, tergantung pada model apa yang paling sesuai untuk beban kerja target. Core CPU 72 dapat memperlakukan ruang MCDRAM secara keseluruhan sebagai sebuah cache raksasa, namun jika demikian, berbarti mengakses memori utama yang berakibat pada penalti yang lebih besar ketika terjadi kesalahan cache. Namun, data juga dapat dipetakan secara merata baik di DDR4 maupun MCDRAM. Yang terakhir, MCDRAM dapat dipetakan sebagai sebuah cache (dengan latensi DDR4 yang lebih tinggi) sementara MCDRAM dipetakan sebagai memori utama dengan latensi secara keseluruhan lebih kecil. Kartu terkoneksi dengan sistem melalui jalur 36 PCIe 3.0. Itu berarti ada 36 GB bandwith memori di masing-masing arah (72 GB bandwith total) dengan asumsi bahwa kesemua 36 jalur itu dapat ditujukan untuk satu co-processor.

Knights Landing

Gambaran secara keseluruhan yang dilukis oleh Intel adalah bahwa adanya sebuah sebuah sistem komputer dengan powerhouse, dengan kekuatan kuda yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Menurut Intel, paling tidak beberapa workstation Xeon Phi akan segera dikapalkan tahun depan. Intel akan menyasar para peneliti yang menginginkan bekerja dengan Xeon Phi namun tidak memiliki superkomputer untuk menguji software mereka. Degnan 3TFLOPS dari kinerja floating point ganda, Xeon Phi dapat berjalan dengan cukup aman untuk gelar “Superkomputer di atas PCB” ini. 3TFLOP mungkin tidak dapat dibandingkan dengan TOP500 modern, namun lebih dari cukup untuk mengevaluasi kasus-kasus dan optimasi pengujian.

 

Sumber: www.extremetech.com

Ilustrasi: www.anandtech.com

Tinggalkan Komentar