Intel Merambah Dunia Drone, Tidak Hanya PC

by Lintang Sunu 500 views0

Kabar bahwa Intel merambah dunia drone sejak setahun lalu, ketika raksasa hardware yang bermarkas di Santa Clara, California ini bermitra dengan perusahaan asal Jerman, Ascending Technologies yang memproduksi drone Asctec Firefly. Astec Firefly menjadi perhatian dunia dengan kombinasi kamera RealSense dari Intel dan software auto-pilot dari Ascending. Dalam kemitraannya, Intel menginvestasikan sebagian uangnya di Ascending. Namun kini Intel benar-benar lebih serius dengan mengakuisisi perusahaan ini.

Akuisisi oleh Intel ini karena tujuan komersial dan konsumtif dalam pengembangan drone. Retail-retail besar seperti Amazon dan Walmart adalah dua perusahaan besar yang mencoba menggunakan perinti drone dalam persaingan pengiriman barang yang lebih cepat.

Asctec Firefly dari Asending Technologies dan Intel
Asctec Firefly dari Asending Technologies dan Intel

Di sisi lain, Google menyatakan bahwa perusahaan ini berencana mulai pengiriman drone pada tahun 2017, dan bulan lalu Amazon menunjukkan drone prototype baru yang diharapkan dapat mengirimkan paket-paket kecil kepada konsumennya dalam waktu kurang dari 30 menit. Walmart juga berusaha mendapatkan izin dari FAA untuk menguji drone miliknya untuk mengirimkan merchandise ke konsumen.

Kesepakatan Ascending Technology hadir ketika Intel menggerakkan prosesor PC ke teknologi baru seperti wearables, robot, dan perangkat smart-home lainnya. Drone juga bagian dari upaya ini. Pada bulan Agustus 2015, Intel menginvestasikan lebih dari $60 juta di pabrik pembuat drone Yuneec, Hongkong.

Kesungguhan intel merambah dunia drone akan menjadi sejarah penting dalam dunia teknologi ini. Drone sendiri sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk satu tujuan, komersial misalnya. Alat ini juga dapat digunakan untuk tugas-tugas riset dan profesi lainnya seperti survey, pengawasan perindustriann, dan fotografi udara.

Ilustrasi: webtechnoactu.com

Tinggalkan Komentar