Warning: fopen(/tmp/custom-l8O0wA.tmp): failed to open stream: Disk quota exceeded in /home/openbpyr/public_html/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 117

Warning: unlink(/tmp/custom-l8O0wA.tmp): No such file or directory in /home/openbpyr/public_html/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 120
Jenis-Jenis CPU yang Ada Pada Komputer Sekarang Ini - Lintang Tech

Jenis-Jenis CPU yang Ada Pada Komputer Sekarang Ini

by Lintang Sunu 80 views0

Sebagai orang yang sering menggunakan komputer, tak lengkap rasanya kalau kita tidak mengenali berbagai macam jenis CPU pada komputer kita. Sebenarnya apa itu CPU? Bisa dikatakan CPU adalah kantor pusat yang mengatur proses eksekusi perintah. Di dalam CPU terdapat processor yang berfungsi sebagai otak dari komputer.

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yakni unit komputer yang mengolah input data yang dilakukan oleh pengguna terhadap perangkat lunak kemudian melakukan tahap procesing terhadap data tersebut untuk kemudian dieksekusi pada tahap output data.

Sebagai perangkat keras yang paling penting dalam sebuah komputer, CPU dibuat dengan berbagai spesifikasi dan kemampuan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kebijakan masingmasing produsen komputer itu sendiri. Berikut ini jenis-jenis CPU yang perlu Anda ketahui:

1. Intel Processor

Jenis CPU ini termasuk yang paling terkenal dan paling banyak diaplikasikan pada sebagian besar teknologi komputer. Produk yang diciptakan oleh perusahaan multi nasional Intel Corporation ini bahkan telah ada sejak tahun 1968.

Intel Corporation yang berasal dari Amerika Serikat ini dikenal sebagai produsen yang memiliki desain khas terhadap mikroprocessor. Salah satu produk yang paling baru dan paling canggih dari Intel adalah processor Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009

2. AMD (Advanced Micro Processor)

Advanced Micro Processor atau disebut juga AMD merupakan pesaing terberat Intel. Walaupun penjualannya masih berada satu level di bawah Intel akan tetapiprodusen processor AMD ini terus melakukan pengembangan produk dan ekspansi yang lebih gencar dengan mengadopsi arsitektur X86.

Perusahaan multi nasional asal Sunnyvale, California Amerika Serikat ini mengembangkan produk processor tidak hanya untuk server komputer tapi juga laptop, tablet, dan kartu grafis perangkat gaming.

3. ARM Processor

Produsen processor asal Cambridge, Inggris ini telah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Advance RISC Machines. Berbeda dari Intel dan AMD, ARM lebih berfokus pada processor untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

ARM processor menggunakan arsitektur processor mencapai 32 bit. Hal ini membuatnya sebagai processor yang cocok untuk perangkat ponsel pintar. Berikut ini adalah jenis ARM Processor pada vendor mobile Samsung:

• Qualcomm Snapdragon
• Texas Instrument OMAP
• Nvidia Tegra
• Samsung Hummingbird

4. Cyrix Processor

Cyrix telah berdiri sejak tahun 1988 sebagai perusahaan pengembang mikroprocessor komputer. Perusahaan yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat ini merupakan pemasok produk processor yang memiliki ketahanan performa yang cukup tinggi.

Berikut contoh produk Cryrix processor yang beredar dipasarkan :

• Cyrix FasMath
• Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC
• Cyrix 5×86
• Cyrix 6×86 (M1)
• Cyrix MII
• Cyrix MediaGX
• Cyrix MII-433GP

5. Apple Processor

Perusahaan dengan logo berupa apel yang setengah digigit ini dikenal sebagai perusahaan pembuat produk telepon pintar dan juga perangkat mobile lain seperti tablet. Akan tetapi belakangan ini perusahaan besutan Steve Jobs ini pun memproduksi dan mengembangkan processor yang dirancang untuk keperluan sumber daya dan penjualan produk digital serta perangkat lunak komputer.

Perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley, California, Amerika Serikat ini memproduksi beberapa processor seperti Macintosh, Apple ProDOS, dan lain-lain

6. IBM Processor

International Bussiness Machines Corporation (IBM) merupakan perusahaan yang memproduksi sekaligusmenjual berbagai perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1911 ini telah mengembangkan berbagai produk processor. Salah satu yang paling baru dan tercanggih saat ini adalah processor IBM POWER7.

Tinggalkan Komentar