Kaos Kaki Pintar untuk Bayi, Bagaimana Fungsi dan Cara Kerjanya?

by Lintang Sunu 356 views0

Ketika mendengar ponsel pintar (smartphone), bayangan Anda sudah pasti terkoneksi dengan sebuah perangkat yang tidak hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS, tetapi juga memiliki aplikasi-aplikasi canggih yang memudahkan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari manusia. Ketika mendengar jam tangan pintar (smart watch) otomatis akan terbayang sebuah piranti jam yang canggih, yang tidak hanya menunjukkan waktu semata.

Bagaimana jika mendengar kata kaos kaki pintar untuk bayi (baby smart shocks)?

Mungkin Anda membayangkan sebuah kaos kaki yang dipakai oleh bayi untuk memonitor aktivitas bayi. Mungkin juga Anda bingung membayangkan apa fungsi dan cara kerja kaos kaki tersebut.

Sepatu kecil fleksibel, bagian dari kaos kaki pintar. Credit: cnet.com
Sepatu kecil fleksibel, bagian dari kaos kaki pintar. Credit: cnet.com

Bagaimana jika mendengar frasa monitor bayi (baby monitor)? Sangat mungkin hal pertama yang mungkin terbayangkan oleh Anda adalah sebuah perangkat model walkie talkie yang memudahkan Anda untuk mendengar bayi Anda tidur. Tetapi Owlet Baby Monitor, bersama dengan perangkat yang diciptakan – smart baby shocks (kaos kaki pintar untuk bayi), akan mendefinisikan istilah tersebut.

Base Station, bagian dari kaos kaki pintar. Credit: cnet.com
Base Station, bagian dari kaos kaki pintar. Credit: cnet.com

Owlet Baby Monitor adalah sebuah piranti dua bagian. Perangkat ini terdiri atas satu sepatu lembut kecil yang sesuai untuk kaki anak Anda dan base station yang berada di samping tempat tidur. Kedua komponen itu berkomunikasi, sehingga ketika monitor tersebut merasakan tingkat oksigen atau detak jantung yang tidak normal pada anak Anda, selanjutnya base station akan membunyikan alarm.

“Setelah menggunakan Owlet selama beberapa hari, saya menyukai konsep dan kinerjanya. Istri saya dan saya tidur lebih mkudah setelah mengetahui hal-hal penting kami termonitor,” kata David Priest, Associate Editor dari CNET.

Baby monitor (monitor bayi) dari Motorola. credit: www.babygizmo.com

“Namun, saya tidak bisa merekomendasikan Owlet ke semua orang, karena harga $250 (sekitar 3,25 juta rupiah) jauh lebih tinggi dibandingkan fiturnya. Selain itu, alat ini tidak akan menggantikan monitor yang lebih tradisional yang memberitahu anak Anda terbangun di tengah malam,” lanjut David.

Komponen Owlet dirancang dengan baik dan tahan lama. Kaos kaki ini nyaman untuk bayi dan juga cocok serta handal bahkan untuk bayi yang tidurnya tidak tenang. Kaos kaki pintar ini mengukur detak jantung dan tingkat oksien dengan pulse oximetry, sebuah teknologi digunakan di banyak rumah sakit.

Perangkat dua bagian ini cukup menarik. Base station yang sudah plug in berarti sepatu lembut yang dipakai bayi dapat diisi ulang, bukan diganti baterai seperti halnya pada baby monitor lain. Selan itu, dengan alarm yang terpisah mengizinkan Anda untuk mematikan dering ponsel Anda di malam hari, sehingga tidak perlu mencampurkan peringatan ganda dari ponsel dan kaos kaki pintar.

Baby monitor (monitor bayi) dari Motorola. credit: www.babygizmo.com

Sejauh ini, perangkat ini tidak menyertakan peringatan jika anak Anda sakit perut, atau jika anak Anda terbangun dan menangis. Alat ini juga tidak membantu Anda untuk mengamati pola tidur anak. Semua fitur ini ada di monitor lain dengan harga yang lebih rendah.

Bagaimana menurut Anda?

Sumber: CNET

Ilustrasi: www.simplysouthernmom.com

Tinggalkan Komentar