Kelebihan dan Kekurangan Software MYOB yang Wajib Anda Ketahui

by Lintang Sunu 2,146 views0

Software MYOB (Manage Your Own Bussiness) adalah jenis software yang di rancang untuk membantu kegiatan manusia dalam hal akuntansi modern. Saat ini software MYOB sudah banyak digunakan di seluruh dunia untuk memudahkan aktivitas pembukuan dan akuntansi di suatu perusahaan dari level kecil, mengengah, hingga perusahaan besar.

Bagi anda yang mungkin sedang merintis suatu usaha, sangat disarankan untuk menggunakan software MYOB agar aktivitas pembukuan anda lebih mudah dan rapih serta meminimalisir adanya kesalahan yang berpotensi merugikan anda. Namun sebelum itu ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan software ini.

Nah, berikut kami rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari software MYOB tersebut.

Kelebihan dan kekurangan software MYOB

Kelebihan software MYOB
1. Membantu mengatur manajemen proyek

Jika anda sedang menangani lebih dari 1 departemen, software MYOB adalah solusi yang tepat untuk membantu aktivitas anda. MYOB memiliki sifat multi user yang dapat digunakan untuk mengolah data dari berbagai proyek yang sudah dikerjakan oleh masing-masing departemen yang anda tangani seperti departemen marketing, HRD, keuangan, dan lain-lain Setelah itu software akan mengolahnya dan membuat laporan perusahaan secara rapi.

2. Perhitungan tepat dan akurat

Proses perhitungan manual berpotensi terjadi kesalahan yang dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, MYOB hadir untuk menghindari hal ini. Dalam software MYOB, semua perhitungan sudah terjamin keakuratannya. Selain itu prosesnya juga cukup cepat dan tidak akan menghabiskan waktu anda.

3. Tidak butuh maintenance

Tidak seperti software umumnya yang membutuhkan maintenance dari developer untuk mengoptimalkan fungsinya. Pada software MYOB anda tidak perlu melakukan maintenance sampai kapan pun. Hal ini tentu dapat menghemat biaya dan waktu anda.

4. Mudah digunakan

Software MYOB memiliki navigasi dan ikon-ikon yang mudah dimengerti para penggunanya. Bahkan bagi mereka yang baru di dunia akuntansi pasti akan cepat memahami isi dari MYOB ini. Disini anda hanya perlu menginput data – data yang dibutuhkan lalu sistem akan melakukan penghitungan dengan cepat dan efisien.

Kekurangan software MYOB
1. Format neraca berbeda dengan Indonesia

Karena software ini dibuat dan dikembangkan di Australia, maka format neraca yang digunakan juga format Australia. Hal inilah biasanya yang cukup merepotkan mengingat kita sudah terbiasa dengan format neraca Indonesia.

2. Tidak support multi currency

Meskipun software ini sudah mendunia, sayangnya MYOB belum dilengkapi dengan fitur multi currency. Akibatnya jika pengguna hendak melakukan input data, mereka harus melakukan konversi manual terlebih dahulu.

3. Tidak ada fitur multi gudang

Bagi anda yang memiliki lebih dari satu gudang, mungkin agak sedikit kesulitan ketika menggunakan software MYOB karena software ini tidak atau belum mendukung fitur multi gudang atau warehouse.

4. Tidak ada bahasa Indonesia

Tidak adanya fitur bahasa Indonesia pada software ini juga sering menjadi kendala bagi pengguna yang tidak terlalu fasih berbahasa Inggris. Namun sisi positifnya, anda bisa sekaligus belajar bahasa Inggris dan mengenal istilah akuntansi dalam bahasa Inggris pada software MYOB ini.

5. Hanya bisa digunakan untuk satu perusahaan

MYOB hanya cocok digunakan untuk satu perusahaan saja. Jadi MYOB ini tidak cocok bagi anda pebisnis yang mempunyai lebih dari satu perusahaan karena software tersebut tidak bisa menangani tugas yang terlalu banyak.

Itulah kelebihan dan kekurangan software MYOB. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar