Kenali Tanda-Tanda Kerusakan Hard Disk Komputer Anda

by Lintang Sunu 34 views0

Hard disk sangatlah penting sebagai penunjang kebutuhan komputer Anda. Segala sistem dan data komputer Anda disimpan di sana. Baik itu data program perangkat lunak maupun data lainnya seperti foto, video, dan dokumen. Apa jadinya jikalau Hard Disk Anda rusak? Pastilah sangat merugikan dan mengganggu pekerjaan Anda. Hard Disk sangatlah penting sebagai penunjang kebutuhan komputer Anda. Segala sistem dan data komputer Anda disimpan di sana. Baik itu data program perangkat lunak maupun data lainnya seperti foto, video, dan dokumen. Apa jadinya jikalau hard disk Anda rusak? Pastilah sangat merugikan dan mengganggu pekerjaan Anda.

Untuk mengantisipasi kerusakan atau kondisi hard disk yang parah, Anda sebaiknya mengenali gejala-gejala atau tanda-tanda kerusakan hard disk Anda. Jika Anda menemukan indikasi kerusakan hard disk, tentu Anda dapat segera melakukan tindak lanjut sesegera mungkin agar dampak lebih parah bisa dihindarkan.

Berikut ini adalah tanda-tanda yang patut Anda curigai sebagai gejala awal rusaknya hard disk Anda:

1. Komputer Anda menjadi super lelet

Seperti halnya komputer yang sedang terkena virus, komputer Anda menjadi sangat lelet dalam melaksanakan perintah yang Anda berikan. Beberapa orang menanggulanginya dengan cara menginstal ulang karena mengira hal tersebut adalah virus, padahal setelah diinstal ulang, hasilnya tetap sama, komputer Anda tetap lelet. Hal ini bisa jadi hard disk Anda memang rusak.

2. Hard disk komputer cepat panas

Suhu hard disk yang mengalami panas sangat cepat walau dalam penggunaan wajar dapat berlanjut ke beberapa kondisi lain. Kondisi tersebut antara lain, komputer Anda melakukan restrart sendiri bahkan hingga berkali-kali, proses booting yang sangat lama, dan sering terjadi hang saat Anda menjalankan beberapa program. Tanda-tanda tersebut cukup kuat mengindikasikan bahwa hard disk komputer Anda bermasalah.

3. Hard disk sulit diformat

Hard disk rusak dapat dilihat saat Anda hendak melakukan format. Hard disk rusak bisa diindikasikan jika hard disk tersebut sangat sulit diformat. Berkali-kali Anda mengalami kegagalan dalam melakukan format. Kalaupun Anda berhasil melakukan format, maka kapasitas memori dalam hard disk Anda tidak berkurang sama sekali.

4. Munculnya layar biru

Ciri hard disk yang rusak selanjutnya adalah munculnya layar biru atau blue screen of death (BsoD). Penampakan tersebut muncul pada saat booting. Layar kosong berwarna biru itu pun biasanya disertai suara error. Penyebab hal ini adalah hard disk komputer Anda mengalami penurunan performa secara drastik dan terlalu dipaksakan sehingga tidak kuat melakukan kinerja secara normal.

5. Tidak bisa melakukan proses reading dan copy pada hard disk

Jika Anda sulit atau bahkan tidak bisa melakukan aktivitas reading dan copying file di hard disk Anda, maka kemungkinan besar hard disk Anda memang mengalami kerusakan. Biasanya hal tersebut ditandai dengan munculnya tanda error.

Hal ini terjadi karena cache dalam hard disk komputer Anda mengalami masalah. Selain itu, penyebab juga bisa terjadi disebabkan kabel SATA/IDE mengalami masalah.

6. File di hard disk Anda tiba-tiba corrupt

Jika file yang Anda simpan di hard disk tiba-tiba tidak bisa dibuka atau menjadi rusak padahal sebelumnya tidak, kemungkinannya bisa karena virus atau karena memang hard disk Anda mengalami kerusakan. File corrupt berarti file tersebut sudah mengalami kerusakan dan tidak bisa dibuka.

7. Adanya bad sector dalam hard disk komputer Anda

Untuk memantau ada atau tidaknya bad sector pada hard disk, Anda perlu melakukan pengecekan melalui aplikasi bawaan dari Windows. Pada Windows Explorer, klik kanan pada hard disk. Lalu klik Properties dan pilih tab Tools kemudian klik Check Now.

Centanglah pilihan Automatically Fix File System Error pada Window Checking Disk. Jika terdapat banyak error atau bad sector, maka sudah dipastikan hard disk Anda mengalami kerusakan dan harus segera ditanggulangi.

Tinggalkan Komentar