Lebih Tipis dan Kuat, Gorilla Glass Hadir Sebagai Kaca Mobil

by Anthony Hermanto 128 views0

Corning merupakan sebuah perusahaan terdepan di bidang teknologi material, khususnya pengolahan kaca khusus dan keramik. Produk dari perusahaan ini telah digunakaan berbagai ranah industri seperti industri peraltan elektronik, telekomunikasi, dan transportasi. Adapun salah satu produk dari Corning yang paling terkenal adalah Gorilla Glass, yang merupakan kaca yang dapat melindungi smartphone dan tablet dari goresan.

Dunia otomotif yang memiliki tingkat persaingan yang ketat selalu dihujani dengan berbagai inovasi baru. Meski demikian, inovasi untuk kaca mobil relatif lambat untuk beberapa tahun belakangan. Nah untuk menjawab tantangan tersebut, pada acara CES 2017 Januari yang diadakan di Las Vegas kemarin, Corning memperkenalkan Gorilla Glass yang diimplementasikan pada mobil elektrik yang merupakan hasil kerjasama dengan Saint Gobain. Lebih ringan, lebih kuat, dan lebih canggih secara optikal, Corning menjadi pusat perhatian para perancang kendaraan otomotif dan pengguna yang hadir pada acare tersebut.

Corning-Gorilla-Glass-Saint-Gobain
Mobil elektrik yang merupakan kerjasama Saint Gobain dan Corning telah dilengkapi kaca depan, kaca belakang, atap, dan dashboard hadir pada CES 2017

Mobil Lebih Ramah Lingkungan

Berat Gorilla Glass sepertiga lebih ringan jika dibandingkan dengan kaca biasa. Hal ini bukanlah hal yang sepele, karena meski berat mobil hanya berkurang sekitar 12 pounds, dapat memberikan peningkatan efisiensi bensin dan mengurangi pembuangan sisa karbon dioksida yang secara tidak langsung menjadikan mesin mobil menjadi lebih ramah lingkungan.

Mobil Lebih Kuat dan Ringan

Kaca mobil yang lebih ringan dan tiga kali lebih jernih dapat meningkatkan kapasitas akselerasi, handling dalam menyetir, dan pengereman mobil dengan memberikan display dan jangkauan pandang yang lebih luas. Dibandingkan kaca mobil konvensional, Gorilla Glass juga lebih kuat dua kali lipat dan dapat menahan benturan, keretakan, dan goresan – bahkan dari sebuah es batu berukuran bola kasti.

Mobil Dengan Konektivitas

Jika Anda suka bermain gadget seperti smartphone, tablet, bahkan wearable seperti gadget AR maka Gorilla Glass untuk otomotif telah mendukung fitur – fitur khusus. Dengan kepekaan Gorilla Glass terhadap sentuhan dan campuran material khusus yang membedakannya dengan versi smartphone memungkinkan bagi perancang mobil menjadikan kaca ini sebagai media display yang kompetibel dengan AR.

Tidak Murah, tetapi Efisien

Selain itu kaca mobil buatan Corning ini lebih efisien dibandingkan kaca untuk kebutuhan interior, Hal ini dikarenakan kaca Gorilla Glass dapat dibentuk menjadi lengkungan tiga dimensi dengan biaya yang lebih murah untuk menghasilkan desain yang menarik untuk dashboard dan glazing pelapis mobil. Meski nampaknya tidak dibandrol dengan harga yang murah, tentunya kaca ini akan bertahan lebih lama dari kaca biasa.

ford-1
Ford GT merupakan salah satu mobil premium pertama dengan Corning Gorilla Glass

Untuk harga Gorilla Glass untuk kendaraan otomotif, Corning belum memberikan penjelasan. Akan tetapi, sebagai salah satu pembuat kaca pelindung terbaik yang menjadi market leader di bidangnya, Corning Gorilla Glass nampaknya akan hadir untuk mobil-mobil premium seperti Ford dan BMW untuk jangka waktu dekat.

Dikutip dari : Corning

Tinggalkan Komentar