Mengenal Teknologi 5G, Seperti Apa dan Kapan Hadir?

by Lintang Sunu 5,432 views2

Teknologi 5G akan menjadi jaringan internet broadband tercepat di dunia. Ketika jaringan 4G di Indonesia baru tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, jaringan internet broadband 5G sudah berdengung. Kendatipun demikian, generasi jaringan mobile berikutnya ini memiliki jalan panjang sebelum menjadi kenyataan, meski berbagai pengujian dan rencana ke arah itu sudah dilakukan. Namun, semua itu masih butuh waktu bertahun-tahun untuk sampai menjadi kenyataan.

Apa itu teknologi jaringan 5G?

5G adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile kelima yang akan datang.

Saat ini, 5G tidak menunjuk ke tipe teknologi tertentu. Ketika 4G memiliki sinonim dengan LTE (Long Term Evolution), belum ada standar jaringan 5G yang disepakati bersama. Namun, beberapa teknologi pendukung sepertinya sudah mulai bermunculan.

Jika dibandingkan dengan koneksi 4G, kualitas utama dari jaringan 5G adalah kecepatannya jauh di atas 4G. Kecepatannya akan jauh lebih cepat dibandingkan jaringan yang ada saat ini.

Seberapa cepat teknologi 5G?

Dugaan tentang kecepatan jaringan 5G muncul beragam, namun beberapa pemain kelas kakap industri ini menggambarkan tentang di mana posisi 5G.

Samsung mengklaim kecepatan 5G sebesar 7,5 Gbps sementara Nokia mengklaim 10 Gbps, sedangkan tahun lalu, kecepatan 5G yang ditangani oleh University of Surrey mencapai 1 Tbps, sebuah kapasitas yang sama dengan fiber optik. Ini amat sangat menakjubkan untuk jaringan nirkabel.

Namun, semua pengujian itu dilakukan sesuai kondisi laboratorium. Yang dibutuhkan adalah perkiraan kecepatan akhir dari jaringan 5G yakni pengujian di lapangan.

Uji coba jaringan 5G oleh Huawei
Uji coba jaringan 5G oleh Huawei

Pada bulan Oktober 2015, pengujian yang dilakukan oleh Huawei dari Cina dan NTT Docomo dari Jepang menunjukkan kecepatan yang mereka tangani mencapai 3,6 Gbps menggunakan sub band 6 GHz.

Jika dibandingkan dengan kecepatan sebesar 300 Mbps yang ditawarkan oleh jaringan LTE, maka berarti 12 kali lipat kecepatannya dibandingkan dengan jaringan 4G. Gambaran final untuk kecepatan 5G bisa mencapai 10 Gbps.

Kapan jaringan 5G akan bisa dinikmati?

Sebagian besar perkiraan jatuh pada tahun 2020 sebagai awal peluncuruan teknologi jaringan 5G.

“Rasanya tepat jika industri mobile akan mengkomersilkan jaringan 5G pada tahun 2020,” kata Takehiro Nakamura dari NTT Docomo di lokasi uji coba jaringan 5G bulan Oktober 2015 lalu.

Sementara Huawei ingin mengembangkan standar 5G bisa berfungsi pada tahun 2018, meskipun tentu saja rasanya mungkin belum bisa dihadirkan pada tahun itu.

Ilustrasi: phys.org

Baca juga: Pakistan Akan Menjadi Negara Pertama di Dunia yang Meluncurkan Teknologi 5G

Comments (2)

  1. Bakal mantap nih 5G, cuma 4G mesti ditingkatin lagi buat bisa nyampe 5G. Apalagi Indosat Ooredo, 4G nya kalo di daerah yg banyak sinyalnya aja. Btw, thanks atas infonya Min…
    :O

    1. Sama-sama. Kalau kabarnya sih Pakistan sebagai negara pertama yang akan merilis 5G di tahun 2020. Indonesia semoga negara kedua ya?

      Terima kasih atas kunjungannya ya gan.

Tinggalkan Komentar