Nintendo Switch, Konsol Gaming Hybrid Terbaru Besutan Nintendo

by Anthony Hermanto 46 views0

featured

Para gamers tentunya telah menunggu lama akan kehadiran konsol baru dari Nintendo yang bernama Nintendo Switch. Konsol yang dalam tahap pengembangannya dikenal sebagai Nintendo NX ini merupakan konsol yang tidak biasa. Pasalnya Nintendo Switch tidak hanya bisa menjadi konsol handheld yang dapat dimainkan secara portabel, tetapi juga dapat menjadi konsol game yang terhubung dengan TV. Agar lebih jelas tentang konsol ini, berikut akan kami ulas tentang Nintendo Switch, konsol gaming hybrid terbaru besutan Nintendo.

Konsol Gaming Berjenis Hibrid

nintendo-switch-dock
Nintendo Switch Dock di bawah TV

Nintendo Switch adalah konsol hibrid yang merupakan gabungan handheld yang dapat dimainkan secara mobile dan home console yang dapat dimainkan di depan TV.

Konsol ini akan dibekali layar LCD capacitive berukuran 6.6″ inch untuk konsol utama yang disebut “Switch Console”. Konsol tersebut memiliki beberapa slot, antara lain slot untuk Joy-Con(kontroller game untuk Nintendo Switch), audio jack ukuran 3.5 mm, dan Game Card(media catridge yang berisi game).

Anda dapat memainkan game ini sebagai home console dengan melepaskan Joy-Con dan menancapkan Switch Console pada Switch Dock, yaitu perangkat docking yang berfungsi baik sebagai charger atau menghubungkan antara TV, sumber listrik, dan Switch Console. Adapun untuk baterai Switch Console diperkirakan akan bertahan selama 2.5 – 6 jam, tergantung dari game yang dimainkan.

Untuk ketersediaan warna, Nintendo menyediakan dua pilihan yaitu Nintendo Switch dengan Joy-Con abu-abu dan Nintendo Switch dengan Joy-Con multi-color.

Kontroller Joy-Con

nintendo-switch-controller
Nintendo Switch dapat dimainkan kapanpun dan dimanapun baik sendiri, ataupun bersama teman

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Nintendo Switch dibekali dengan kontroller yang disebut dengan Joy-Con. Kedua Joy Con pada sisi kanan dan kiri Nintendo Switch ini dapat dilepas dari Console Unit. Anda dapat menggabungkan kedua Joy Con kedalam satu kontroller dengan Joy-Con Grip, atau dapat menggunakannya sebagai kontroller individual yang dapat digunakan oleh dua orang.

Untuk masing masing Joy-Con memiliki fitur unik tersendiri. Joy-Con R memiliki fitur NFC Reader, yang berfungsi menghubungkan Anda dengan fungsi Amiibo dan infrared, sedangkan Joy-Con L memiliki tombol khusus untuk merekam video dari layar dan screenshoot. Kedua kontroller tersebut akan dibekali gyroscope dan motion-sensing untuk kebutuhan AR.

Yang unik dari console yang satu ini adalah pengalaman bermain dalam satu layar, seperti yang dinyatakan oleh Nintendo. Dalam mode home console atau mobile, Anda bisa bermain secara multiplayer dalam satu screen yang sama.

Game & Fitur Online

nintendo-switch-skyrim
Luar biasa bukan jika game berat seperti Skyrim dapat dimainkan secara portabel?

Layanan online & multiplayer untuk Nintendo Switch bersifat region free, berbeda dengan game pada konsol pendahulunya Nintendo DS & 3DS yang bersifat spesifik. Sayangnya layanan online ini bersifat prabayar dan hanya menyediakan versi trial untuk beberapa bulan pertama.

Untuk gamenya Nintendo telah menampilkan beberapa game yang cenderung membutuhkan banyak pemain seperti Super Mario Odyssey, Mario Kart 8 Deluxe, Splatoon 2, NBA 2K18, dan Elder Scroll V : Skyrim.

Harga dan Ketersediaan

Nintendo telah mengumumkan keberadaan konsol ini pada bulan Oktober 2016 lalu meski belum memberikan tanggal rilis dan harga. Nah, pada Januari 2017 ini Nintendo telah menyatakan secara resmi bahwa konsol ini akan segera dirilis pada tanggal 3 bulan Maret mendatang dengan bandrol $300 saja, lebih murah dibandingkan ketika Nintendo 3DS rilis.

Bagaimana, apakah Anda tertarik memiliki Nintendo Switch, konsol gaming hybrid terbaru besutan Nintendo sebagai game konsol terbaru Anda tahun ini?

Dikutip dari : Nintendo

Tinggalkan Komentar