Pengertian Cloud Server dan Kelebihan serta Kekurangannya

by Lintang Sunu 104 views0

pengertian-cloud-server-dan-kelebihan-kekurangannya

Istilah Cloud Server atau Server Awan barangkali masih terdengar asing di telinga Anda yang masih baru dalam menggunakan komputer. Namun sebenarnya, teknologi ini sudah muncul sejak tahun 2000-an. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah ada berbagai cloud server yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan penyimpanan data.

Jika Anda ingin memutuskan untuk menggunakannya, tapi Anda masih belum memahami apa yang dimaksud dengan cloud server serta bagaimana kelebihan dan kelemahannya, maka berikut ini kami paparkan ulasan mengenai pengertian cloud server beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Cloud Server

Dalam bahasa Indonesia, Cloud Server artinya adalah server yang berada di awan. Maksudnya, Cloud Server adalah server yang dapat menampung berbagai macam data atau file melalui jaringan internet dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. Cloud Server mampu menghubungkan antara perangkat komputer dengan suatu jaringan yang berbasis internet. Sehingga ketika menyimpan data, Anda tidak butuh lagi media penyimpanan fisik seperti flashdisk atau harddisk, namun cukup dengan mengupload file Anda ke dalam cloud server.

Kelebihan Cloud Server

1. Tidak Direpotkan oleh Berbagai Media Penyimpanan Fisik

Ketika ingin menyimpan data, Anda tidak perlu mengambil harddisk atau flashdisk. Dengan menggunakan cloud server, proses penyimpanan data yang Anda lakukan sangat mudah, praktis, dan cepat. Berbeda ketika Anda masih menggunakan sistem penyimpanan data melalui perangkat keras.

Perasaan terbebani membawa harddisk yang berat atau kebingungan ketika mencari flashdisk kecil yang hilang tidak akan dirasakan ketika Anda melakukan penyimpanan data dengan cloud server.

2. Uang yang Dikeluarkan Lebih Sedikit

Dengan cloud server, biaya sewa atau investasi yang Anda keluarkan jauh lebih murah dibandingkan perangkat keras seperti flashdisk dan harddisk. Hal tersebut karena kapasitas penyimpanan pada flashdisk atau harddisk sangat terbatas dan harganya juga cukup mahal.

3. Kapasitas yang tidak terbatas

Sebagian besar ukuran penyimpanan data dengan perangkat keras seperti harddisk maksimal mencapai 2 TB. Hal tersebut menunjukkan bahwa kapasitas penyimpanan data dengan perangkat keras memiliki batasan penyimpanan.

Inilah yang menjadi keunggulan dari cloud server adalah berada pada kemampuan kapasitasnya yang tidak terbatas. Jika Anda merasa butuh kapasitas yang lebih besar lagi, Anda mampu dengan mudah memperbesar storage cloud sesuai dengan apa yang Anda butuhkan tanpa perlu membeli flashdisk atau harddisk baru.

4. Kemungkinan Kecil Mengalami Kehilangan Data

Sebagai media penyimpanan data, penggunaan cloud server mampu memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan maupun kehilangan data. Sehingga, data Anda akan jauh lebih aman dan meminimalisir terjadinya data corrupt.

Kelemahan Cloud Server

1. Menyimpan Data Berukuran Besar, Jaringan Internetnya Harus Oke

Penyimpanan data pada cloud server sangat bergantung pada internet. Data Anda hanya akan berhasil tersimpan dengan baik ketika jaringan internet yang Anda gunakan mampu mengunggah data tersebut ke internet. Apalagi jika data Anda berukuran cukup besar. Jaringan internet yang Anda miliki harus kuat dan cepat. Jika Anda menggunakan kuota, maka hal ini cukup menghabiskan lebih banyak uang Anda.

2. Berpotensi Lebih Besar terjadi Pencurian Data oleh Hacker

Ketika Anda menyimpan data di cloud server, semuanya tersimpan di internet. Kelemahannya adalah terletak pada sistem keamanannya. Yang seperti kita ketahui, keamanannya hanya sebatas pada password. Jika password tersebut bisa di retas oleh hacker maka bisa jadi file yang anda simpan di curi atau di copy oleh mereka.

3. Ketika Server sedang Mengalami Traffic yang Tidak Stabil, Data akan Sulit Diakses

etika server sedang down, maka data yang Anda simpan di dalam cloud server menjadi sulit diakses. Dan proses perbaikannya pun cukup lama atau tidak diketahui secara pasti.

Nah, begitulah penjelasan mengenai pengertian dan kelebihan serta kekurangan dari cloud server. Sehingga bisa Anda gunakan sebagai pijakan dalam memilih media penyimpanan data sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Komentar