Pengguna Telegram, Aplikasi Messenger Terenkripsi, Mencapai 100 Juta

by Lintang Sunu 368 views0

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan (messenger) yang masih relatif baru. Dirilis 2 Agustus 2013, Telegram kini memiliki pengguna aktif sebanyak 100 juta orang di seluruh dunia dan 350 ribu pengguna baru setiap harinya.

Dalam waktu dua bulan sejak dirilis, aplikasi messenger terenkripsi ini memiliki pengguna aktif sebanyak 100 ribu pengguna. Hingga Desember 2014, ada 50 juta pengguna aktif yang menghasilkan 1 milyar pesan setiap harinya.

Pendiri Telegram, Brothers Nikolai dan Pavel Durov, awalnya merilis VK (Vkontakte) tahun 2006, mulai menggarap Telegram di awal tahun 2012 sebagai sebuah proyek penelitian karena mereka ingin menciptakan sesuatu yang benar-benar “aman dan menyenangkan pada saat yang bersamaan”. Telegram dirilis tidak lama setelah pengungkapan data-data intelijen oleh Edward Snowden berkenaan dengan NSA dan PRISM.

Pertumbuhan Telegram yang cukup aman sebagai aplikasi perpesanan ini telah disalahgunakan oleh jaringan teroris ISIS dengan menyembunyikan komunikasi antar mereka.

Telegram adalah sebuah aplikasi gratis untuk iOS, Android, Windows phone, dan juga untuk versi dekstop. Aplikasi ini memiliki fungsi “Secret Chat” (Obrolan Rahasia), yang mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan terenkripsi satu sama lain, artinya bahwa penerima yang ditujulah yang hanya akan bisa membaca pesan tersebut.

Telegram 2

Bulan September 2015, pendiri Telegram Pavel Durov mengklaim bahwa platform ini digunakan untuk mengirim 12 milyar pesan setiap harinya, dan mengkonfirmasi bahwa ISIS juga menggunakan aplikasi ini.

Durov mengklaim bahwa produknya “lebih cepat dan lebih aman” dan “pesan yang dikirim melalui Telegram tidak bisa disaadap oleh pihak ketiga.” Telegram adalah satu produk untuk pasar global, target jangka panjang bagi perusahaan Durov di AS, dan bahkan tidak mendukung versi bahasa Rusia.

Anda dapat mengunduh program aplikasi ini versi Android, silahkan klik di sini.

Untuk versi iOS, klik di sini.

Untuk versi Windows Phone, klik di sini.

Untuk versi desktop, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Tinggalkan Komentar