Pengin Pinter Bahasa Inggris? Aplikasi TerraTalk Cocok Untuk Anda

by Lintang Sunu 421 views1

Sebuah startup asal Jepang, TerraTalk, baru-baru ini merilis sebuah aplikasi yang membantu pembelajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Speaking (berbicara) adalah bagian paling sulit mempelajari sebuah bahasa baru. Dengan landasan inilah TerraTalk dirilis untuk aplikasi Android, dan akan segera menyusul untuk versi iOS-nya tahun ini juga. Aplikasi ini menjanjikan untuk mengkoreksi pelafalan (pronunciation) maupun tata bahasa (grammar).

Didirikan oleh Yoshikuki Kakihara, mantan insinyur Sony yang belajar di Inggris, TerraTalk dipersembahkan untuk Anda. Uniknya, meskipun pendirinya belajar di Inggris, namun TerraTalk menggunakan American English sebagai pronunciation standarnya. Pengguna aplikasi ini disediakan dua belas skenario bermain peran (roleplaying), seperti cara memesan hotel ataupun berkencan, dan diberi petunjuk untuk merespon dengan suara. Setiap pelajaran berlangsung selama sekitar 2 menit.

Ketika aplikasi bahasa lain menyertakan koreksi pelafalan di dalam fiturnya, TerraTalk membedakannya dengan menggunakan kecederasan artifisial untuk menganalisa berbagai hal seperti tata bahasa. Teknologi TerraTalk juga memberikan penilaian untuk kefasihan pengucapan dan struktur kalimat.

“Saya tidak bisa memberikan kepada Anda hal-hal yang terlalu rinci tetapi intinya adalah mengembangkan (teknologi ini) dari ujug ke ujung karena elemen-elemen bahasa tergantung satu sama lain dan kita bisa memecah bahasa ke dalam kepingan-kepingan ketika dibutuhkan. Kami tahu hal itu menghasilkan hasil yang dapat dipertanggung jawabakan saat dievaluasi,” kata Kakihara.

Saat ini, antar muka aplikasi ini memang baru ada dalam bahasa Jepang. Menurut Kakihara bahwa TerraTalk bersifat agnostik terhadap bahasa, artinya bahwa aplikasi ini bisa dengan mudah dilokalisasikan dan dipasarkan ke semua pembelajar bahasa Inggris di berbagai negara. Selain American English, startup ini juga berencana menambahkan beberapa aksen berbeda untuk mengarahkan jurang pemisah dalam pasar pembelajaran bahasa.

Antarmuka TerraTalk
Antarmuka TerraTalk

“Orang yang ingin belajar bahasa Inggris bisnis, mereka ingin sekali bisa bisa mendengarkan dan memahami bahasa Inggris dalam aksen Cina atau India dan rasanya sulit untuk dikuasai oleh guru bahasa Inggris bisnis yang memiliki aksen Cina atau India itu. Kami membuat sebuah ceruk yang terukur,” sambung Kakihira.

Bagi Anda yang ingin mencoba TerraTalk, saat ini masih gratis, namun mungkin nantinya akan dikenai biaya berlangganan bulanan.

Untuk versi Android, Anda dapat mengunduh TerraTalk di sini.

Sumber: techcrunch.com

Comments (1)

  1. Kak, kok ketika mempergunakan app ini, ada warjing ai error maksudnya apa ya?

Tinggalkan Komentar