Pengusaha Indonesia Berupaya Melegalkan Bitcoin Sebagai Mata Uang Sah

by Lintang Sunu 419 views0

Beberapa pengusaha di Indonesia berusaha mendapatkan legalisasi untuk bitcoin sebagai mata uang sah. Hal ini dilakukan karena cryptocurrency ini dirasa efisien dan transparan dibandingkan metode pembayaran konvensional.

Bitcoin adalah salah satu bentuk mata uang digital, dibuat dan ditangani secara elektronik. Tak ada satu pun pihak yang mengendalikannya. Bitcoin tidak dalam bentuk uang kertas maupun koin, seperti halnya dollar, euro, maupun rupiah. Bitcoin diproduksi oleh manusia, dan dijalankan dari komputer di berbagai belahan dunia, dengan menggunakan software yang memecahkan masalah matematika.

Bitcoin mata uang resmi Indonesia

Hingga kini, beberapa negara telah merencanakan untuk melegalkan penggunaan bitcoin di wilayahnya. Jepang misalnya, secara resmi telah melegalkan bitcoin sebagai klasifikasi mata uang yang sah. Sementara Luxemburg telah memberikan lisensi bisnis resmi pada Bitsmap exchange. Namun hingga kini, Indonesia belum memiliki aturan resmi tentang penggunaan bitcoin.

Seperti dikutip dari Okezone.com, seorang jurnalis independen Indonesia mangatakan bahwa Indonesia seharusnya mengikuti Jepang dan mendukung penggunaan bitcoin. Artikel tersebut menyebutkan bahwa bitcoin telah disetujui sebagai mata uang resmi di Jepang. Badan Layanan Keuangan Jepang yang mengelola perputaran mata uang yen akan meregulasi bitcoin.

Kini, sebagian pengusaha di Indonesia merasa inilah saatnya memulai proses legalisasi bitcoin. Pakar Marketing Digital Anthony Leon menyatakan pandangannya mengenai cryptocurrency, mengatakan, “Bitcoin telah menjadi satu bentuk pembayaran yang diterima baik untuk barang-barang digital maupun fisik. Kendati teknologi ini tidak memiliki hubungan dengan keuangan tradisional, namun lebih efisien karena sifat teknologinya yang desentralisasi dan peer-to-peer. Negara-negara berkembang bisa mendapatkan keuntungan dengan melegalkan bitcoin, dan saya rasa cryptocurrency akan mendapatkan pengakuan sebagai mata uang global di masa yang akan datang.”

Menurut para pengusaha itu, para karyawan dan pemerintah perlu diedukasi mengenai bitcoin dan cara penggunaannya. Meskipun pelegalan bitcoin butuh waktu beberapa tahun, Indonesia diharapkan melihat pergeseran dalam legalisasi bitcoin.

Sumber: Econotimes

Tinggalkan Komentar