Membeli Laptop atau Desktop?

by Lintang Sunu 446 views0

Saya harus membeli laptop atau desktop?

Memilih antara laptop dan desktop bisa menjadi satu keputusan yang sulit. Permasalahannya berasal dari portabilitas atau kepraktisan. Jika Anda akan membutuhkan atau menggunakan kepraktisasn laptop, maka rasanya tepat jika Anda membeli laptop dan tentu saja lebih mahal biayanya. Namun, jika lebih banyak berfungsi seperti halnya desktop dan hanya kadang-kadang saja membutuhkan portabilitas, rasanya desktop akan menjadi pilihan yang tepat dan tentu saja harganya tidak lebih mahal dari laptop.

Jadi apa yang harus saya beli? Laptop atau desktop?

Laptop memiliki kelebihan dalam kepraktisannya. Jika Anda membawa laptop, aplikasi dan dokumen Anda akan selalu tersedia dengan cepat. Dengan kartu nirkabel, laptop Anda dapat mengakses internet ketika Anda bepergian, sehingga ruang yang tersedia bagi Anda untuk melakukan pencarian, memeriksa email Anda di internet jauh lebih luas, juga lebih produktif.

Desktop juga menawarkan kelebihan lain. Meskipun laptop harganya sudah menurun dan kinerjanya meningkat, namun sebagian besar desktop menawarkan rasio harga terhadap kinerja yang lebih tinggi. Desktop juga menawarkan sebagian kelebihan ergonomis dibandingkan laptop. Ingat bahwa selain desktop biasa, kini ada desktop mini, namun desktop seperti iMac, Inspiron One dan lain-lainnya membutuhkan tempat yang lebih luas di tempat Anda.

Laptop atau Dekstop Courtesy: www.techsmartservices.co.uk
Laptop atau Dekstop
Courtesy: www.techsmartservices.co.uk

Keputusan Anda sebaiknya didasarkan pada untuk tujuan utama apakah Anda merencanakan penggunaan komputer Anda juga dasarkan pada anggaran Anda. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

Berat, ukuran, dan portabilitas 

Laptop kini umumnya memiliki berat antara 1-5 sampai 3 kg, sementara untuk yang model ultra ringan seperti Toshiba Satellite Radius 12 hanya seberat 1,27 kg. Alternatifnya, untuk pilihan dengan orientasi penghematan dan biaya, maka bisa dipilih netbook yang memiliki kelas ultra ringan, yang fokus pada mobilitas dan seringkali berbasis Windows atau Linux.

Netbook sebagian besar dipersenjatai dengan Intel Atom atau celeron, sebuah mikroprosesor yang kurang fokus pada kinerja dan lebih fokus pada fungsi dasar dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Netbook sering dirancang dengan layar ukuran 8″ dan 10″, meski saat ini sudah mulai banyak yang berukuran 11″. Karena fitur inilah, netbook sangat cocok untuk browsing website, email, dan tugas-tugas kantor dan ditempatkan di bawah harga laptop.

MacBook Air Courtesy: www.laptopmag.com
MacBook Air
Courtesy: www.laptopmag.com

MacBook Air perlu diperhatikan karena ketipisan dan beratnya yang sangat ringan yang tersedia dalam ukuran 11″ dan 13″, tergantung pada kebutuhan kepraktisan. MacBook Air kini mengguankan prosesor Core i-Series yang memiliki kinerja lebih baik. Perangkat ini difokuskan pada kinerja dan portabilitas dibandingkan dengan anggaran. Oleh karena itu, dua jenis laptop ultra ringan ini tidak memiliki internal DVD drive dan tergantung pada media internet dan removable media untuk memindahkan informasi dan tentu saja mahal harganya.

Komputer desktop klasik Anda, termasuk monitor dan keyboard, bisa mencapai berat hingga 12 kg. Jika Anda ingin mengakses konten dari komputer Anda di rumah, kantor, jalan, maka portabilitas laptop adalah kriteria yang sangat penting. Sebagai alternatif, menggunakan USB Flash atau penyimpanan berbasis web seperti Google Drive untuk menyimpan dokumen-dokumen penting Anda yang akan memudahkan Anda mengakses di mana pun dan bekerja dengan desktop, laptop, Mac, ataupun PC manapun.

Ergononomis 

Membeli laptop atau desktop? Salah satu sisi penting selain portabilitas adalah ergonomis. Ukuran laptop dapat membuat penggunaannya kurang nyaman. Orientasi keyboard dan trackpad netbook bisa sangat beragam, akibatnya keyboard built-in pada netbook cenderung berkisar antara 92% 95% dibandingkan laptop. Ketika manufaktur melakukan pendekatan desain keyboard dan trackpadnya dengan varian lebih banyak dibandingkan yang ada pada laptop dan keyboard standar, maka sangat penting untuk mengetik pada laptop karena alasan ergonomis.

Keyboard ergonomis Courtesy: www.itthumb.com
Keyboard ergonomis
Courtesy: www.itthumb.com

Desain komputer desktop telah berusaha untuk membuat penggunya senyaman mungkin. Tampilan layarnya disesuaikan dengan mata, dan keyboard memudahkan pemposisian lengan, punggung, dan pergelangan tangan. Ini sangat penting khususnya ketika pengguna menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama.

Biaya dan reliabilitas 

Desktop PC harganya lebih murah dibandingkan dengan laptop. Meskipun harganya telah menurun, namun rentang harga antara desktop dan laptop masih jauh karena tingginya biaya display laptop, juga biaya tambahan untuk teknologi miniaturnya. Karena laptop mudah dibawa ke mana-mana, laptop lebih rentan terhadap kecelakaan dan penyalahgunaan dibandingkan desktop. Dan karena ukurannya yang lebih kecil, komponen yang lebih rumit berakibat pada biaya upgrade dan perbaikan yang lebih mahal.

biaya perawatan laptop vs desktop Courtesy:  www.laptops-repair.ca
biaya perawatan laptop vs desktop
Courtesy: www.laptops-repair.ca

Konektivitas 

Baik laptop maupun desktop sama-sama memiliki konektivitas ke internet melalui teknologi standar termasuk modem dial-up, DSL atau modem kabel, ethernet, dan jaringan nirkabel. Pengguna bisa terkoneksi dengan menggunakan kabel ethernet dengan membeli dan mensetting router nirkabel. Laptop memberikan kemampuan untuk terkoneksi secara nirkabel yang mungkin tersedia di tempat-tempat umum.

Courtesy: www.tikumm.co
Courtesy: www.tikumm.co

Pencurian 

Ukurannya yang kecil dan portabilitasnya, laptop membuatnya rentan terhadap pencurian. Anda bisa mengunci atau mengamankan laptop Anda. Perangkat keamanan seperti kunci kabel tersedia untuk laptop untuk menghindari pencurian.

Courtesy: www.advisor.com.ve
Courtesy: www.advisor.com.ve

Desktop memiliki tingkat kerentanan yang lebih rendah terhadap pencurian dibandingkan laptop. Ini karena ketidakpraktisan dan ukurannya yang berat.

Pilihan apakah akan membeli laptop atau desktop itu terserah Anda. Namun, evaluasi dan tinjau kembali kebutuhan komputerisasi Anda dan putuskan yang terbaik untuk Anda.

Ilustrasi: www.blogjeckstechcorner.com

Tinggalkan Komentar