Pilihan Internet Super Cepat Broadband di Indonesia

by Lintang Sunu 499 views0

Kebutuhan akan layanan data melalui internet kini bukan lagi sekedar kebutuhan tersier, namun sudah hampir menjadi kebutuhan primer bagi warga negara Indonesia, terlebih lagi bagi perusahaan-perusahaan yang mau tidak mau membutuhkan teknologi layanan data ini. Sayangnya, akses data di Indonesia masih sangat lambat. Saat ini peringkat kecepatan rata-rata data internet di Indonesia sekitar 1,38 Mbps. Dengan kecepatan ini, kecepatan rata-rata internet Indonesia berada di peringkat 117 dunia di kuartal pertama tahun 2015.

Dikutip dari Dailysocial, seperti dilaporkan oleh State of the Internet Akamai, selama kuartal pertama tahun 2015, kecepatan rata-rata internet di Indonesia berkisar 2,2 Mbps. Dengan kecepatan ini, Indonesia menempati peringkat terendah di seluruh Asia Pasifik, di mana Singapura 12,9 Mbps, Malaysia 4,3 Mbps, Filipina 2,8 Mbps, Vietnam 3,2 Mbps. Sementara masih di wilayah ini, Korea masih memimpi di peringkat teratas, yakni kecepatan 23,6 Mbps, diikuti oleh Hongkong dan Jepang dengan kecepatan 16,7 dan 15,2 Mbps berturut-turut.

Dengan kecepatan 2,2 Mbps sudah cukup memadai untuk browsing informasi, namun untuk kebetuhan upload data, kirim data, live streaming, dan unduh data dengan skala besar, tentu sangat kurang. Dengan kondisi ini, beberapa penyedia layanan broadband  melihat sebagai peluang bisnis.

Paling tidak ada 4 penyedia layanan broadband di Indonesia dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Dikutip dari Techinasia, Berikut 4 internet broadband provider dengan layanan data hingga 100 Mbps di Indonesia.

1. First Media

First Media adalah provider broadband pertama di Indonesia yang menyediakan layanan kecepatan internet broadband hingga 100 Mbps. First media menggunakan teknologi fiber-coaxial hybrid, yaitu penggabungan teknologi serat kabel optik dengan satelit, menjadikan koneksi data yang stabil pada saat melakukan browsing maupun live streaming lainnya. Untuk mendapatkan layanan ini, First Media menawarkan paket 3 juta rupiah per bulan (belum termasuk PPN).

Courtesy: www.firstmedia.com

Courtesy: www.firstmedia.com

2. MNC Play Media

First Media menawarkan layanan kecepatan data internet broadband hingga 200 Mbps, bahkan hingga 2,5 Gbps, berkat teknologi yang diusungnya, yakni FTTH (Fiber to the Home). Untuk mendapatkan layanan kecepatan hingga 100 Mbps Anda cukup mengeluarkan 3 juta rupiah per bulan, belum termasuk PPN.

Courtesy: Screenshot www.mncplaymedia.com
Courtesy: Screenshot www.mncplaymedia.com

3. Telkom Speedy

Perusahaan telekomunikasi milik pemerintah ini terus berinovasi dengan layanan-layanannya, termasuk layanan broadband super cepat. Dengan teknologi DSL, Telkom menawarkan layanan internet super cepat broadband dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Untuk mendapatkan paket paket internet broadband 100 Mbps ini, Anda mengeluarkan uang sekitar Rp. 9.950.000,-.

Courtesy: Screenshot www.indihome.co.id
Courtesy: Screenshot www.indihome.co.id

4. Innovate Indonesia

Innovate Indonesia adalah salah satu alternatif yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan layanan internet broadband super cepat di Indonesia. Dengan dukungan jaringan FTTH (Fiber To The Home), video streaming, TV kabel, dan transfer data besar tidak jadi masalah. Mereka mengklaim bahwa Anda akan terkesima dengan kecepatan layanan internet super cepat broadband yang mereka tawarkan.

Untuk mendapatkan paket layanan internet super cepat broadband 100 Mbps, Anda cukup mengeluarkan Rp. 2.000.000,- per bulan. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website Innovate Indonesia.

Dari keempat layanan internet broadband super cepat di Indonesia, Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget Anda.

Ilustrasi: www.theinquirer.net

Tinggalkan Komentar