Google Pixel dan Pixel XL, Smarphone Buatan Google Penerus Nexus

by Anthony Hermanto 194 views0

Setelah resmi melakukan penarikan terhadap Smartphone Nexus series, Google resmi mengumumkan seri penggantinya, yaitu Google Pixel dan Pixel XL pada tanggal 4 Oktober 2016.

Merupakan hasil kerjasama dengan HTC sebagai vendor, Google Pixel dan Google Pixel XL dikenal juga dengan sebutan HTC Google Pixel, HTC Pixel by Google, dan Google Pixel phone. Meski demikian kedua smartphone yang baru rilis ini tidak mencantumkan brand HTC pada tubuhnya.

Perbedaan Google Pixel dan Pixel XL

4_1_2017_google_pixel_and_pixel_xl
Meski keduanya memiliki isi hardware yang sama, tetapi ukuran display keduanya berbeda.

Kedua smartphone ini memiliki hardware yang serupa. Hanya saja jika anda memiliki kebutuhan akan layar yang lebih luas, maka Pixel XL dapat menjadi pilihan anda. Google Pixel hanya memiliki ukuran layar 5 inci dengan ukuran display 1,920×1080 pixels, sedangkan google pixel XL memiliki 5.5 inci dan 2,560×1,440 pixel dengan resolusi layar yang lebih tajam.

Perbedaan kedua dapat anda temukan pada baterai kedua smartphone ini. Google Pixel standar memiliki baterai 2.770 mAh , sedangkan Google Pixel XL  memiliki baterai 3.450 mAh. Namun, untuk spesifikasi hardware, tidak terdapat banyak perbedaan, berbeda dengan Apple iphone 7 dan iphone 7 Plus yang memiliki fitur kamera.

Alasan Kenapa Kedua Smartphone ini Layak Dimiliki

4_1_2017_google_pixel_color
Google Pixel dan Pixel XL tersedia dalam tiga warna

Hal pertama yang membuat smartphone ini layak dibeli adalah spesifikasi hardwarenya. Dirancang langsung oleh Tim Google, Google Pixel dan Google Pixel XL mengusung prosesor terkini, yaitu Qualcomm Snapdragon 821. Hal ini menjadikan smartphone ini memiliki performa diatas smartphone LG V20 dan Onenote 3, meskipun jika dibandingkan dengan Apple iphone 7 Plus yang memiliki prosesor A20, kedua smartphone ini sedikit lebih lambat. Meski demikian, Google telah membekali kedua smartphone ini dengan RAM LDDR4 berukuran 4GB, sehingga penanganan multi-tasking tidak akan kalah dengan brand-brand saingannya.

Untuk fisiknya, Google Pixel dan Pixel Plus terbalut oleh material alumunium dan kaca dengan desain yang rapi dan ujung yang tumpul. Sementara untuk warna, kedua smartphone ini hadir dalam tiga pilihan warna yang dilabeli dengan nama “Quite Black, Very Silver, Really Blue”, tentunya warna tersebut menjadikan smartphone ini cukup stylish. Selain itu, Google Pixel dan Pixel Plus telah dibekali Corning Gorila Glass 4 untuk melindungi layar dari goresan dan debu.

Kedua, fitur Google Assistant dan Android Nougat yang sudah built-in. Kedua smartphone ini memiliki Android versi 7.1 sebagai sistem operasinya. Memiliki hardware lini terbaru tentu sangat dimungkinkan jika kedua smartphone ini akan menjadi smartphone pertama yang mendapatkan update apabila Google membuat sistem operasi baru setelah Nougat. Dengan hardware yang mumpuni dan Android Nougat yang terdapat pada Google Pixel dan Pixel XL, maka kedua smartphone ini tentu kompatibel dengan teknologi terbaru, yaitu VR.

Google Assistant pada Google Pixel dan Pixel Plus sangat berbeda dengan pendahulunya, yaitu Google Now, dan pesaingnya Siri(bautan Apple). Dengan algoritma terbaru, Google Assistant dapat ‘mempelajari’ kebutuhan anda dengan menyimpan query pertanyaan – pertanyaan yang anda ajukan. Selain itu pada google assistant, komunikasi terjadi dua arah sehingga anda tidak perlu menunggu terlalu lama seperti pada Google Now untuk mengajukan pertanyaan.

4_1_2017_google_pixel_camera
Kamera Google Pixel sebesar 13.2 MP, lebih tajam dari Apple iPhone7

Kedua smartphone ini memiliki ukuran kamera 12.3-megapixel untuk kamera belakang dan 8-megapixel untuk kamera depan. Ukuran kamera tersebut lebih tinggi dibanding Apple iphone 7 yang hanya menanamkan kamera 13 MP. Kamera pada Google Pixel dan Google Pixel Plus juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 4K.

Adapun fitur lain yang perlu anda lirik antara lain pada kedua smartphone ini adalah layanan pesan dan video call pertama dari google, Allo dan Duo, Fitur Night Light yang dapat anda aktifkan untuk penggunaan di malam hari, dan fingerprint scanner yang terletak pada bagian belakang smartphone yang dapat digunakan untuk keamanan.

Kekurangan Smartphone Google Pixel  & Pixel XL yang Menjadi Pertimbangan

Jika dibandingkan dengan Nexus, Google Pixel dan Pixel XL memiliki harga yang lebih mahal. Kedua smartphone ini juga tidak betul betul tahan terhadap air, hanya tahan dengan cipratan biasa. Hal ini sangat berbeda dengan Samsung Galaxy 7 dan Apple iphone 7 yang dapat menyelam selama 30 menit. Selain itu untuk Google Pixel kurang cocok jika digunakan di luar ruangan karena layarnya akan cenderung “padam”.

Harga dan Kehadirannya di Indonesia

4_1_2017_google_pixel_box
Kedua smartphone ini dapat dipesan secara pre-order untuk negara Eropa dan Amerika.

Untuk harganya, Google Pixel memiliki bandrol $649 atau sekitar 8,6 juta rupiah, sedangkan varian Google Pixel XL dibandrol dengan $749 atau sekitar 9.9 juta rupiah.

Google Pixel dan Pixel XL sudah dapat dipesan secara pre-order pada tanggal 4 Oktober 2016 untuk negara Amerika, Inggris, Jerman & Kanada. Kedua smartphone ini juga hadir di India dengan sistem pre-order sejak 13 Oktober lalu. Meskipun belum ada kepastian kapan keduanya masuk ke pasaran Indonesia, diperkirakan kedua smartphone ini akan hadir pada kuartal pertama 2017.

Sumber : Google

Tinggalkan Komentar