Samsung Merilis SSD Kapasitas Terbesar di Dunia, 15 TB Seharga 100 Juta Rupiah

by Lintang Sunu 732 views0

Di ajang Flash Memory Summit di California, Amerika Serikat, 8-16 Agustus 2016 mendatang, Samsung membocorkan bahwa mereka akan merilis hard drive dengan kapasitas terbesar di dunia, dan yang lebih mengejutkan adalah bahwa harddrive yang Samsung rilis menggunakan chip flash NAND bukannya spinning platter. Produk dengan nama kode PM1633a ini menjejalkan hampir 16 terabyte ke dalam paket SSD 2.5 inchi. Namun demikian, jika dibandingkan dengan hard drive konvensional, SSD Flash dari Samsung ini masih lebih unggul dalam kapasitasnya dibandingkan dengan hard drive konvensional kapasitas terbesar saat ini, yakni 8 TB dari Seagate dan 10 TB dari Western Digital.

Rahasia di balik SSD Samsung 16 TB ini adalah 256 Gbit NAND flash die dari Samsung; dua kali kapasitas 128GB NAND die  yang telah dipasarkan oleh berbagai pembuat chip tahun lalu. Untuk mendapatkan kepadatan yang menakjubkan itu, Samsung berupaya menjejalkan 48 layer 3D V-NAND 3 bit per sel ke dalam satu die.

Secara historis, seperti halnya kebanyakan chip komputer, NAND flash merupakan plannar, yaitu struktur fungsioinal pada chip yang ditempatkan pada satu plane dua dimensi. Dengan cara yang sama bagaimana logic chip melesat maju, Samsung terus melangkah maju bersama 3D NAND-nya.

Hard drive SSD 16 TB (dengan kapasitas aktual 15.36 TB) harus menggunakan antara 480 sampai 500 256Gbit die yang baru. Banyak pengamat yang belum yakin bagaimana cara menyusun banyak die ini ke dalam SSD standar 2.5 inchi, tetapi mereka beranggapan bahwa sebagian die atau package disertakan di dalamnya.

Di event tahunan Flash Memory Summit, seperti dilaporkan oleh Golem.de, Samsung memamerkan sebuah server dengan 48 SSD barunya, dengan total kapasitas penyimpanan sebesar 768 TB dan kinerjanya di kisaran 2.000.000 IOPS (input/output operation per second). Sebagai perbandingan, SSD kelas konsumen yang ada di PC Anda mampu memproses sekitar 10.000 – 90.000 IOPS tergantung beban kerja PC Anda.

SSD PM1633a 16 TB dari Samsung

Selama beberapa tahun silam, ketika pabrikan NAND berpacu untuk menambah kepadatannya, HDD konvensional akhirnya terkalahkan berdasarkan hukum Moore, setidaknya akan terjadi dalam waktu yang cukup cepat. Namun bukan berarti bahwa HDD akan segera hilang karena SSD, karena paling tidak harga SSD masih akan lebih mahal dibandingkan dengan HDD konvensionial. Sebagai contoh, saat ini SSD 1 TB harganya sekitar 5 – 8 juta rupiah, sedangkan HDD 4 TB harga kisarananya 3-4 juta rupiah.

Sebagian pengamat masih belum yakin harga SSD PM16633a 16 TB, namun diramalkan bahwa SSD ini akan dibanderol seharga sekitar 95 juta – 100 juta rupiah. Fantastik! Namun, jika Anda memilikinya, berarti Anda memiliki hard drive SSD dengan kapasitas terbesar di dunia!

Sumber: www.arstechnica.co.uk

Tinggalkan Komentar