Sematkan Windows 10 di Lumia 550, Microsoft Coba Pikat Pecinta Smartphone Windows

by Lintang Sunu 316 views0

Windows 10 belum lama dirilis untuk versi desktop. Namun, seperti pendahulunya, Windows 8, Windows 10 pun dirilis untuk versi mobile. Gadget pertama yang menyematkan Windows 10 Mobile adalah Lumia 550.  Dan bagi konsumen yang sedang mencari ponsel berbasis OS Windows 10 yang terjangkau, Lumia 550 patut dipertimbangkan.

The Redmond, raksasa software yang berkantor pusat di Washington mengatakan bawha penjualan smpartphone Lumia ini dimulai Senin 7 Desember 2015 untuk pasar Eropa, diikuti di wilayah lain di seluruh dunia beberapa minggu mendatang. Dengan dilengkapi dengan dukungan jaringan 4G LTE dan Windows 10, Lumia 550 dibanderol US$139 atau sekitar 1,8 jutaan.

Microsoft terus menjadi bagian penting di arena mobile yang didominasi oleh iPhone dari Apple dan dengan smartphone yang menjalankan sistem operasi Android dari Google. Menurut IDC, pangsa pasar untuk smartphone berbasis Windows sekitar 2 persen, dan dirasa sulit untuk meningkat tajan. Namun, Microsoft berharap akan melesat lebih jauh dengan hadirnya Windows 10. Sistem operasi ini menawarkan fitur baru khas dan tampilan dan pengalaman serupa di PC, tablet dan ponsel. Upaya ini adalah bagian terakhir perusahaan untuk meyakinkan konsumen mencoba smartphone terbarunya itu.

Microsoft Lumia 550 dengan Windows 10 Courtesy: www.izikart.co.uk
Microsoft Lumia 550 dengan Windows 10
Courtesy: www.izikart.co.uk

Lumia 550 adalah ponsel Lumia berbasis Windows 10 dari Microsoft ketiga, menyusul debutnya dengan Lumia 950 dan 950 XL, di mana keduanya dipasarkan dengan harga lebih mahal namun dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Dilengkapi dengan layar 4,7 inci resolusi 1,280×720-piksel, Lumia 550 ini dipersenjati dengan prosesor Qualcome quad-core 1,1 GHz, memori RAM 1 GB, dan penyimpanan internal 8GB. Anda dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan untuk hingga 200GB dengan menambahkan kartu microSD. Smartphone ini menyeratakan kamera 5 megapiksel di belakang dan 2 MP untuk kamera depan. Dilengkapi dengan Glance Screen, smartphone Lumia 550 dapat menampilkan tanggal, waktu, pemberitahuan serta janji kalender sementara saat pada modus siaga.

Kekurangan Lumia 550 adalah tidak memiliki dua fitur Windows 10 seperti yang ditawarkan oleh 950 dan 950 XL. Biometric recognition Windows Hello tidak didukung, sehingga Anda tidak akan dapat menggunakan pengenal wajah atau sidik jari untuk membuka telepon. Windows 10 Continuum juga dihilangkan di Lumia 550, sehingga Anda tidak dapat mengatur Microsoft Display Dock dengan monitor, mouse dan keyboard untuk menggunakan telepon sebagai pengganti desktop PC.

Ilustrasi: www.gsmarena.com

Tinggalkan Komentar