Situs Download Mp3Skull Didenda 339 Milyar Rupiah Karena Pelanggaran Hak Cipta

by Lintang Sunu 1,790 views0

Hati-hati bagi Anda yang memiliki website atau blog download lagu-lagu yang melanggar hak cipta. Baru-baru ini, Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) memenangkan gugatan atas situs download MP3, Mp3Skull. Namun sampai saat ini sulit menemukan siapa pemilik website tersebut dan dan nyaris mustahil membayar denda sebesar US$22.2 juta atau setara 339 milyar rupiah.

Pengadilan menyetujui tuntutan ganti rugi sebesar US$150,000 atau setara 2,02 milyar rupiah untuk per lagu dari total 148 lagu yang diusulkan masuk ke dalam gugatan. Namun demikian, sampai hari ini pihak yang ada di belakang mp3skull belum teridentifikasi dan tidak menjawab pengadilan. Sampai saat ini, 5 Maret 2015, situs tersebut masih online dan menawarkan unduhan ilegal untuk lusinan lagu-lagu papan atas.

Pengadilan mengizinkan RIAA untuk menuntut domain manapun yang berhubungan dengan MP3Skull. Namun rasanya tuntutan itu hanya akan menjadi seperti permainan kucing dan tikus dengan munculnya domain-domain baru di belahan lain di seluruh dunia. Sejauh ini, Mp3Skull di-redirect dari domain .yoga ke domain .mn yang ada di Mongolia. Anda juga masih bisa menemukan domain mp3skulls.info dan mp3skullss.com.

Namun, RIAA tidak terpengaruh dan menjelaskan fokusnya.

“Satu-satunya tujuan situs tersebut adalah untuk menghasilkan keuntungan dari pencurian musik tersebut. Secara maya, semua rekamanan komersial tersedia gratis untuk diunduh melalui situs tersebut dan artis-artis serta lagu paling populer ada dan siap diunduh kapan pun, karena selalu ada di papan atas puncak pencarian.”

Sumber: Celebrity Gossip Hour

Tinggalkan Komentar