Smule Meraup Pendapatan $70 Juta di Tahun 2015

by Lintang Sunu 3,797 views0

Smule adalah salah satu bagian dari sebuah group besar perusahaan teknologi yang mengubah fokusnya hanya pada konten hiburan. Mulai dari aplikasi foto dan video seperti Instagram dan Vine, hingga platform game seperti “Roblox” dan Minecraft”, para penggunanya menghibur dirinya sendiri hingga proses pembuatan dan menaikkan kelas baru dari karya amatir yang sudah diperhalus. Bahkan saat ini, aplikasi ini merambah dunia karaoke. Berkat kerja keras mereka, Smule meraup pendapatan $70 Juta di tahun 2015.

Seperti halnya aplikasi lain, Smule mendorong penggunanya untuk membagikan kreasi mereka melalui media sosial dan media lain, sebuah metode yang membantu Smule menambah 400.000 hingga 500.000 pengguna baru setiap harinya.

Welsh, pendiri Smule, mengatakan bahwa pertumbuhan Smule benar-benar membuat dirinya terkesan. Hingga kini, startup ini menghitung lebih dari 30 juta pengguna di seluruh dunia dan terus bertambah setiap harinya. Perusahaan mendapatkan uang dari pengguna yang berlangganan untuk mendapatkan fitur lanjutan.

Sebagai contoh, Smule Sing. Aplikasi karoke online ini mengenakan biaya langganan sebesar Rp. 12.000,- per bulan atau Rp. 95.000,- per tahun kepada para pelanggan di Indonesia untuk mendapatkan fitur tambahan. Fitur tambahan tersebut di antaranya pengguna bisa menyanyi solo (tunggal) atau memulai bernyanyi duet, yang tidak dimiliki oleh pengguna biasa (tanpa berlanggan).

“Ketika perangkat teknologi untuk kreasi semakin berkembang, trend ini cenderung terus meningkat,” kata David Bakula, wakil presiden Nielsen Entertaintment. “Orang semakin membutuhkan segala sesuatu yang berkaitan dengan musik, game, dan konten-konten lain.”

“Smule mengkominasikan aspek media sosial, namun membuat orang menggali lebih jauh ke dalam seninya,” kata Todd Carrey, penulis lagu dalam album Meghan Trainor. Sejak rilis lagunya “Nintendo” pada bulan Juni 2014, lagu ciptaannya itu telah dimainkan oleh lebih dari 6,6 juta kali melalui startup Smule ini.

Sumber: blog.wsj.com

Ilustrasi: hidubbeats.com

Tinggalkan Komentar