Tips Belanja Aman di Bukalapak

by Lintang Sunu 534 views0

Bukalapak adalah salah satu marketplace besar di Indonesia yang menjanjikan keamanan berbelanja online. Sebagai marketplace, Bukalapak adalah tempat melakukan jual beli bagi banyak vendor dan pembeli dari berbagai penjuru tanah air. Untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari, bahkan kebutuhan sekunder dan tersier banyak tersedia di sini, termasuk mobil dan motor. Namun, bagaimana caranya belanja aman di Bukalapak?

Selain karena kepraktisan, khsususnya bagi mereka yang tidak sempat berbelanja offline karena kesibukan misalnya, Bukalapak juga memberikan jaminan keamanan belanja. Jaminan keamanan belanja ini berarti menjamin bahwa uang Anda akan kembali jika dalam waktu tertentu barang tidak dikirim. Kendati demikian, ada celah kecurangan bahwa Anda bisa saja memesan barang A tetapi yang dikirim adalah barang B.

Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum Anda berbelanja di Bukalapak, setelah Anda menentukan barang yang hendak Anda beli.

1. Cari barang termurah untuk spesifikasi yang sama

Mencari barang termurah tanpa mengesampingkan kualitas maupun originalnya. Sebagai contoh, Anda sudah menentukan barang yang Anda beli, misalnya Sony Handycam CX-405. Lakukan pencarian menggunakan menu pencarian seperti terlihat dalam screenshot.

Belanja Aman di Bukalapak 1

Di situ muncul beberapa barang yang Anda cari, yakni Sony Handycam CX-405. Ada tiga pilihan dengan spesifikasi sama, dengan harga yang berbeda. Dan ternyata yang paling kiri harganya paling murah. Silahkan klik. Silahkan baca penjelasannya, termasuk spesifikasinya, juga apakah ada garansi atau tidak.

2. Lihat testimoni dari para pelanggan

Setelah Anda menemukan barang yang paling murah harganya, selanjutnya lihat testimoni dari para pelanggan. Anda dapat melihat testimoni di bagian kanan atas bertuliskan feedback, seperti ditunjukkan dalam screenshot di bawah ini.

Melihat feedback (testimoni) dari pelanggan
Melihat feedback (testimoni) dari pelanggan

Pastikan bahwa feedback semuanya positif, atau paling tidak 95% positif (jempol ke atas). Kadang ada negatif, tetapi biasanya karena barang yang diterima berbeda dengan yang Anda pesan. Sehingga pastikan Anda inbox terlebih dahulu sebelum Anda melakukan transaksi.

Feedback: Jempol ke atas berarti positif, jempol ke bawah berarti negatif
Feedback: Jempol ke atas berarti positif, jempol ke bawah berarti negatif

3. Lakukan pembayaran persis sesuai perintah

Ketika Anda sudah melakukan transaksi, maka akan Anda pemberitahuan langsung di layar Anda, berapa yang harus Anda bayarkan. Anda juga akan mendapatkan email juga sms ke ponsel Anda berupa perintah pembayaran. Pastikan tidak lebih dan tidak kurang, karena lebih satu rupiah pun akan menyebabkan keterlambatan atau bahkan barang Anda tidak dikirim.

Nominal pembayaran diberitahu melalui email
Nominal pembayaran diberitahu melalui email

Nominal pembayaran akan diberitahukan lewat email. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang diperintahkan. Jika Anda transfer, Anda dapat memilih rekening yang disediakan oleh Bukalapak.

Setelah Anda melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan konfirmasi dari Bukalapak bahwa pembayaran Anda sukses. Tinggal menunggu pihak Bukalapak akan memberitahu vendor atau penjualnya. Setelah diberitahu, maka vendor akan segera mengemas barang yang Anda beli.

4. Pantau barang Anda melalui menu transaksi

Setelah vendor menerima pemberitahuan dari Bukalapak, ia akan segera mengemas barang dan mengirimkannya. Lihat statusnya, apakah barang sudah dikirim atau belum, termasuk barang sudah sampai mana, juga akan diberitukan melalui email. Untuk melihat status transaksi Anda lihat di menu transaksi.

Klik menu transaksi dan akan muncul seperti pada screenshot. Pantau barang yang Anda beli. Sebagai contoh barang yang baru saja saya beli, sebuah tas, akan terlihat seperti di bawah ini.

Memantau status transaksi
Memantau status transaksi

Status transaksi dapa Anda lihat pada bagian bawah. Untuk contoh screenshot di atas transaksi sudah selesai. Barang sudah saya terima dan saya sudah memberikan feedback atau testimoni kepada penjual.

Status transaksi Anda mulai dibayar, dikirim, diterima, hingga selesai. Masing-masing tahapan yang sudah dilewati berwarna hijau.

5. Terima barang dan berikan feedback

Setelah barang sampai, silahkan konfirmasi bahwa barang sudah Anda terima. Ini wajib dilakukan untuk memastikan bahwa barang benar-benar sudah diterima.

Anda juga diminta untuk memberikan feedback. Feedback itu isinya opsional, bisa Anda isi tulisan atau tidak.

Sampai hari ini, saya sudah melakukan belanjang melalui Bukalapak sebanyak 9 kali dan semua barang saya terima dengan kondisi sangat bagus, sesuai deskripsi dan tidak ada kendala.

Belanja Aman di Bukalapak 8
Bukti transaksi belanja

Itulah beberapa tips belanja aman di Bukalapak. Selamat berlanja aman ya.

Tinggalkan Komentar