Tips Cerdas saat Membeli Smartphone Murah

by Lintang Sunu 145 views0

Sekarang ini, smartphone tidak lagi termasuk dalam kategori barang mewah namun sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sampai-sampai jika ada seseorang yang tidak memiliki gadget tersebut di era saat ini, akan merasa sebagai orang yang ketinggalan jaman.

Kondisi di atas pastinya menjadi peluang empuk para vendor atau pabrikan dari berbagai merk handphone untuk berkompetisi dalam menawarkan berbagai variant produknya. Dan guna menarik minat lebih banyak konsumen, tak jarang para vendor tersebut memasarkan produk smartphonenya dengan harga yang sangat murah.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan, seperti misalnya mendapatkan smartphone kualitas buruk dan gampang rusak akibat tergiur harga murah, maka berikut ini kami bagikan tips nya buat anda yang ingin membeli smartphone murah.

Tips Cerdas Membeli Smartphone Murah

1. Cari dan Temukan Smartphone yang Pas dengan Kantong

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana, dalam membeli sesuatu pasti yang paling dipertimbangkan adalah harga. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli smartphone yang diinginkan, usahakan untuk mencari reviewnya terlebih dahulu agar memudahkan Anda mengetahui kisaran harganya. Hal tersebut bisa Anda lakukan melalui internet atau katalog-katalog gadget terbaru.

2. Pengamatan Cermat Mengenai Fitur yang Anda Perlukan

Untuk menekan biaya produksi namun tetap meningkatkan tingkat pembelian, terkadang beberapa produsen smartphone murah melakukan beberapa pengurangan dalam fitur yang disediakan. Misalnya saja dalam fitur memori internal. Di kardusnya tertulis bahwa memori internal handphone tersebut adalah 4 GB, namun hanya 2 GB saja yang bisa digunakan.

Demikian pula dalam hal konektivitasnya, seringkali ponsel tersebut tidak dilengkapi dengan koneksi WiFi, NFC atau Bluetooth 4.0. Contoh lain adalah pada bagian layar. Meski ukuran layarnya sebesar 4,7 inci, kualitas resolusinya bisa saja ditekan dengan sangat rendah hingga 800 x 480 piksel saja.

Maka, pastikan Anda memeriksa secara cermat bagaimana fitur-fitur dari ponsel pintar tersebut sebelum Anda membawanya pulang ke rumah. Jangan sampai Anda mengalami kekecewaan ketika sudah menggunakannya karena tidak sesuai dengan keinginan Anda.

3. Tidak Perlu Membanding-bandingkan dengan Merk Ternama

Apabila Anda ingin melakukan perbandingan, lakukan perbandingan tersebut pada smartphone yang berada di ‘kelas’ yang sama. Setelah itu, Anda baru bisa membandingkan spesifikasi dan fiturnya secara adil, seperti perbandingan RAM, ROM, kekuatan baterai, resolusi layar, prosesor dan kecepatan, dan kualitas kamera.

Untuk Anda yang berkeinginan membeli smartphone dengan kemampuan kantong yang terbatas, tidak disarankan untuk Anda melakukan perbandingan smartphone murah dengan ponsel yang sudah ternama, seperti Samsung Galaxy Note 6 atau iPhone 7. Karena Anda akan merasa smartphone murah yang Anda inginkan tersebut sangat kalah jauh dengan brand-brand tersebut.

4. Utamakan yang Memiliki Garansi Resmi

Sebenarnya setiap produk yang dijual pasti dilengkapi dengan garansi. Namun, meskipun demikian Anda harus mengetahui tentang garansi yang diberikan kepada Anda. Apakah garansi tersebut berasal dari toko atau garansi resminya. Pastikan bahwa garansi tersebut adalah berasal dari garansi resminya.

Selain itu, usahakan pilihlah produk ponsel yang memberikan garansi dengan jangka waktu yang cukup lama kepada Anda, meskipun harganya murah. Jangan sampai Anda dirugikan karena garansi yang diberikan pada Anda tidak sepadan.

5. Perhatikan Ketersediaan Service Centre

Sebelum membeli, pastikan dulu fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan setelah membeli smartphone tersebut, seperti suku cadang, garansi, dan tempat servis terdekat. Karena, tidak sedikit produsen ponsel pintar yang kurang menyediakan pusat pelayanan (service centre) atau bahkan tidak menyediakan sama sekali di daerah-daerah tertentu. Tentu hal tersebut akan menyulitkan Anda, bukan?

Beberapa tips cerdas diatas adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli smartphone dengan harga murah. Meskipun terlihat sederhana, namun akan sangat membantu Anda dalam memilih dan menentukan smartphone idaman anda.

Tinggalkan Komentar